Bujet Rp 20 Ribuan, Ini 5 Menu Sehat Buat Penderita Darah Tinggi

makanan penurun darah tinggi

Menu makanan penurun darah tinggi itu murah lho. Kamu bisa bikin sendiri di rumah dengan bujet minim.

Selain murah, makanan-makanan ini sehat dan enak, dan tentu aja bisa disantap semua orang. Bukan berarti cuma bisa dimakan penderita penyakit darah tinggi lho ya meski judul artikelnya gitu.

Tanpa berlama-lama lagi, inilah resep makanan penurun darah tinggi yang bisa kamu buat dengan bujet Rp 20 ribuan aja. Dengan catatan, itu gak termasuk gula, garam, minyak, lada, air, kecap, dan merica ya. Bahan baku itu kan biasanya udah pasti ada di dapur.

Yuk simak resep-resepnya.

1. Sayur bayam jagung

makanan penurun darah tinggi
Sayur bayam jagung (Christine Chatarina/Flickr)

Sayur bayam adalah makanan penurun darah tinggi yang wajib kamu santap. Ada dua nutrisi penting yang ada di dalamnya: serat dan kalium. Kedua nutrisi itu emang mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Berikut bahan baku bikin sayur bayam plus jagung.

– Bayam tiga ikat = Rp 3 ribu
– Jagung setengah kilogram = Rp 2.500
– Bawang putih 250 gram = Rp 5.500
– Bawang merah tiga siung = Rp 5 ribu
– Beras merah 100 gram = Rp 5 ribu
– Air
– Garam
– Gula

Total: Rp 21 ribu

Cara bikinnya:

– Pipil jagung dengan pisau biar cepat
– Cuci daun bayam hingga bersih dan potong tangkainya
– Geprek bawang merah dan bawang putih sebagai bumbu penyedap
– Rebus jagung yang udah dipipil dengan air secukupnya
– Setelah lima menit, masukkan bumbunya. Tunggu tiga menit
– Masukkan tangkai bayam yang kamu potong, beri garam, dan gula secukupnya
– Tes dulu rasanya, bila udah sedap baru deh masukkan daun bayamnya
– Masak hingga matang dan sajikan

2. Makanan penurun darah tinggi Sup Seledri Kentang

makanan penurun darah tinggi
Seledri (Pixabay)

Seledri juga merupakan salah satu makanan penurun darah tinggi. Biasanya sih digunakan buat pelengkap bakso atau sup.

Berikut bahan baku bikin sup seledri kentang.

– Satu ikat kecil seledri = Rp 5 ribu
– Dua biji besar kentang = Rp 4 ribu
– 500 militer air
– 250 gram bawang putih = Rp 5.500
– Seperempat sendok teh garam halus
– Satu sendok teh gula

Total: Rp 14.500

Cara bikin:

– Iris tipis bawang putih dan rebus dengan air
– Sembari menunggu air mendidih, kamu bisa mengupas kentang dan mengirisnya sesuai selera
– Ketika air mendidih, masukkan kentang dan tunggu kurang lebih 10 menit
– Setelah kentangnya empuk, iris seledri sesuai selera. Rebus bersama kentang sebentar
– Tambahkan gula dan garam secukupnya
– Angkat dan tiriskan

3. Sayur Labu Siam

Menu makanan penurun darah tinggi ketiga adalah sayur labu siam atau bisa juga disebut sayur jepan. Labu siam kaya kalium, itulah sebabnya kenapa makanan ini bisa menurunkan darah tinggi.

Yuk intip bahan baku bikin sayur labu di bawah ini.

– Satu buah buah labu siam = Rp 4 ribu
– Dua siung bawang putih = Rp 2.500
– Tiga siung bawang merah = Rp 5 ribu
– Tiga helai daun bawang = Rp 2.500
– Satu sachet saori saus tiram = Rp 2.500
– Air

Total: Rp 16.500

Cara bikin:

– Potong labu siam hingga berbentuk panjang-panjang
– Iris bawang merah dan daun bawang, geprek bawang putih buat dijadikan bumbu
– Tumis semua bawang, masukkan sayur labu siam
– Tambahkan air dan saori secukupnya. Aduk rata masak hingga matang
– Koreksi rasa. Jika udah pas, angkat dan hidangkan

4. Nasi Goreng Mengkudu

makanan penurun darah tinggi
Nasi Goreng Mengkudu (Fransiska Sylvia Indarto/Flickr)

Kalau nasi goreng kambing, otomatis gak disarankan buat penderita darah tinggi. Lantas gimana dengan nasi goreng mengkudu? Mengkudu ini emang sering disebut-sebut sebagai obat hipertensi. Gak salah dong kalau dijadikan nasgor.

Berikut daftar bahan bakunya.

– Sepiring nasi = Rp 4 ribu
– Satu telur = Rp 2 ribu
– Tujuh helai daun mengkudu = Rp 1.000
– Dua siung bawang putih = Rp 2.500
– Tiga siung bawang merah = Rp 5 ribu
– Cabe merah 67 gram = Rp 4.375
– Terasi secukupnya = Rp 4 ribu

Total: Rp 22.875

Cara bikin:

– Iris daun mengkudu
– Blender semua bawang dan cabai merah buat bumbu
– Tumis bumbu sampai harum
– Masukan daun mengkudu, telur, terasi, dan nasi
– Masak hingga tercampur rata
– Tes rasa. Jika udah oke, sajikan

5. Ceker Ayam Masak Manis

makanan penurun darah tinggi
Ceker ayam (Ritual Makan/Flickr)

Zat kolagen di bagian kaki ayam bisa menurunkan hipertensi. Itu sebabnya kenapa ceker ayam bisa jadi salah satu menu makanan penurun darah tinggi.

Berikut bahan baku buat bikin menu ini.

– 250 kaki ayam = Rp 5 ribu (tergantung dari jumlah yang dibutuhkan)
– Tiga siung bawang merah = Rp 5 ribu
– Satu siung bawang putih = Rp 1.500
– Setengah sendok teh Merica bubuk
– Dua biji kemiri = Rp 2 ribu
– Satu ruas jahe = Rp 2.500
– Pala bubuk = Rp 6 ribu
– Kecap secukupnya
– Gula secukupnya
– Garam secukupnya

Total Rp 22 ribu

Cara bikin:

– Rebus atau presto ceker yg udah dicuci bersih
– Sambil menunggu ceker empuk, iris semua bumbunya
– Uleg kemiri dan jahe
– Tumis semua bahan baku buat bumbu hingga harum
– Setelah itu masukkan ceker yang udah empuk tadi ke dalam bumbu yang ditumis
– Tambahkan kecap, gula, dan garam
– Tunggu sampai sedikit mengental
– Angkat dan sajikan

Menu makanan penurun darah tinggi gak sampai Rp 25 ribu

Lima menu di atas benar-benar murah. Gak ada yang bahan bakunya sampai Rp 25 ribu. Dengan catatan, kamu beli bahan bakunya di pasar. Kalau di swalayan, terkadang harganya lebih mahal sedikit.

Catatan lain, makanan penurun darah tinggi ini cuma buat satu porsi. Kalau buat dimakan sama keluarga tentu butuh bahan yang lebih banyak. Paling gak kamu harus siapkan Rp 50 ribu.

Selamat mencoba!