5 Menu Sahur yang Wajib Disantap Biar Gak Lemas Saat Puasa

Menu sahur, seperti yang kamu tahu, penting banget buat memberikan energi pada tubuh biar lancar menunaikan ibadah puasa.

Sayangnya gak sedikit orang yang mengabaikan menu sahur dengan berbagai alasan, seperti masih ngantuk atau lelah.

Tubuh menjadi lemas di siang hari. Ujung-ujungnya berpengaruh dengan produktivitasmu di tempat kerja.

Kalau seperti itu terus bukan cuma produktivitas kerja yang menurun, tapi bisa-bisa kamu kena tegur atasan. Duh, gak enak banget kan kalau gitu.

Karena itu, mulai sekarang pastikan kamu menyantap menu sahur yang tepat ya, biar tubuh gak lemas dan menganggu produktivitasmu.

Apa aja menu santap sahur yang tepat itu? Berikut lima di antaranya:

1. Karbohidrat

menu-sahur
Karbohidrat (hellosehat)

Karbohidrat adalah menu paling utama yang harus kamu konsumsi saat sahur. Pasalnya, karbohidrat merupakan sumber energi yang dapat memberikan tenaga pada tubuh dan bahkan bisa bikin mood lebih baik.

Buat yang gak mengonsumsi nasi putih, kamu bisa menggantinya dengan nasi merah maupun kentang.

Tapi, disarankan biar gak mengonsumsinya terlalu banyak karena bisa bikin kamu jadi cepat mengantuk. Karena itu, makanlah dengan porsi yang pas.

2. Protein

menu-sahur
Protein (vixendaily)

Selain karbohidrat, protein juga jadi menu sahur yang gak boleh ketinggalan buat disantap. Protein juga penting sebagai cadangan energi saat berpuasa.

Kamu bisa mengonsumsi jumlah protein lebih banyak biar perut terasa lebih kenyang dan energi dapat bertahan lebih lama.

Sebaliknya, kekurangan protein bisa bikin tubuh kamu terasa lemas dan lesu.

Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi adalah telur, dada ayam, ikan tuna, dan udang.

3. Buah dan sayur

menu sahur
Buah dan sayur (urdunews)

Buah dan sayur juga gak boleh ketinggalan masuk ke dalam menu sahurmu.

Pasalnya kelompok makanan nabati ini kaya serat yang bakal bikin perutmu jadi kenyang lebih lama. Gak cuma itu aja, sayur dan buah juga mengandung banyak air serta mineral.

Makan banyak buah dan sayur bikin tubuh gak bakal kekurangan cairan.

4. Lemak

menu-sahur
Lemak (khasiat)

“Duh, kok konsumsi lemak? Yang ada malah tambah gemuk.” Hmm.. jangan antipati dulu ya pada lemak. Gak semua lemak itu bisa bikin tubuh jadi gemuk kok.

Udah tau belum kamu, kalau lemak sehat itu malah diperlukan buat mendukung pelepasan energi dari makanan yang dikonsumsi saat sahur. Selain itu, lemak juga memberi rasa kenyang lebih lama.

Nah, kamu bisa mengonsumsi lemak sehat yang berasal dari susu, kacang-kacangan, dan yogurt. Tapi pastikan dulu kalau kondisi lambungmu sehat ya.

5. Vitamin dan mineral

menu-sahur
Vitamin dan mineral (news-medical)

Vitamin dan mineral juga gak kalah penting buat kamu konsumsi saat sahur. Hal itu bertujuan biar kamu gak mengalami dehidrasi dan lemas.

Kalau dehidrasi, yang ada kamu kerjanya cuma tidur-tiduran doang di kantor.

Beberapa rekomendasi yang bisa kamu coba adalah jus buah segar atau air kelapa murni buat menggantikan cairan elektrolit yang hilang selama berpuasa.

Nah, itu dia lima jenis menu sahur yang harus kamu konsumsi, terutama buat kamu yang bekerja. Jangan sampai kinerjamu memburuk cuma karena kamu merasa lemas karena berpuasa. Selamat mencoba!

Tags:

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis