Udah Tahu Belum, 5 Merek Bisnis Ini Ternyata Punya Pemain Bola Beken Lho

pemain-bola

Pemain bola internasional memang punya gaji selangit. Tapi bukan berarti mereka mau berleha-leha menggantungkan hidup pada profesi itu saja.

Banyak di antara pemain itu yang memiliki bisnis sendiri. Beberapa bahkan mendapat penghasilan yang besar dari bisnis tersebut sampai-sampai menyaingi gajinya sebagai pemain bola.

Bisnis mereka beragam, dari yang berhubungan dengan aktivitas mereka di lapangan rumput sampai yang sama sekali tak punya hubungan dengan si kulit bundar. Berikut ini adalah merek bisnis yang dimiliki pemain sepak bola beken dunia:

1. Bodega Iniesta

Mantan pemain top Barcelona dan tim nasional Spanyol, Andres Iniesta, memiliki bisnis berupa kebun dan pengolahan minuman anggur alias wine. Kebun itu bernama Bodega Iniesta.

Bisnis ini gak hanya dijalankan oleh dia seorang. Keluarganya ikut berbisnis di sini. Ayahnya adalah pendiri bisnis ini. Namun nama Iniesta turut melambungkan usaha keluarga tersebut.

Ayah Iniesta mengawali bisnis wine ini dengan lahan kebun hanya 10 hektare. Ketika Iniesta menjalin kontrak dengan Barcelona saat umurnya 16 tahun, sebagian besar duit kontrak itu ia belikan 300 hektare lahan untuk memperluas usaha itu.

Kebun Bodega Iniesta antara lain menghasilkan wine merek Corazón Loco dan Finca el Carril. Kebun ini dimasukkan situs AirBnB, lho. Jadi tamu boleh menginap di salah satu properti Iniesta sembari menikmati wine langsung dari kebunnya.

2. CR7

View this post on Instagram

👌⚽️

A post shared by Cristiano Ronaldo (@cristiano) on

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

 

Siapa yang tak kenal dengan Cristiano Ronaldo? Pemain Portugal yang telah resmi berseragam Juventus ini punya banyak lini bisnis. Salah satunya adalah CR7.

CR7 adalah bisnis Ronaldo di bidang fashion, parfum, dan hotel. CR7 menjadi merek celana dalam hingga selimut. Sudah ada butik khusus CR7 di beberapa kota besar di Eropa, antara lain Madrid.

Ronaldo juga punya bisnis hotel bernama Pestana CR7 di Lisboa dan Funchal, Portugal. Hotel ini berbintang lima. Dia sengaja mendirikan hotel ini di kota kecil Funchal karena itulah kota kelahirannya.

3. GF Biochemicals

Bisnis ini berbeda dengan yang lain. Sebab, ada misi sosial-kemanusiaan juga yang dibawanya. Adalah GF Biochemicals, bisnis milik Mathieu Flamini, bekas pemain Arsenal dan tim nasional Prancis.

GF Biochemicals merupakan perusahaan kimia yang punya fokus pada keberlanjutan dunia. Perusahaan ini serius mengembangkan levulinic acid, zat kimia yang berpotensi menggantikan peran minyak di seluruh dunia, termasuk untuk bahan bakar kendaraan.

Bahan bakar seperti bensin dan solar didapatkan dari alam, yang lama-lama bisa habis. Kehadiran bahan bakar buatan pengganti akan sangat membantu kehidupan manusia pada masa depan.

4. A-Z

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

 

Seakan-akan tak mau kalah oleh pesaingnya, Cristiano Ronaldo, pemain Swedia, Zlatan Ibrahimovic, juga meluncurkan bisnis di bidang fashion olahraga. A-Z namanya.

Lini bisnis ini baru diluncurkan pada 2016. Zlatan pun tak mau terlalu ambisius dalam menjalankan bisnis ini meski nama besarnya akan sangat menjual.

Dia justru mengimbau penggemarnya membeli secukupnya saja. Hingga saat ini setidaknya sudah ada 11 negara yang disambangi A-Z, antara lain Swedia, Inggris, Italia, Jerman, Prancis, Austria, dan Finlandia.

5. GG Hospitality Management Company

pemain-bola
Gary Neville dan Ryan Giggs di Cafe Football, salah satu produk GG Hospitality (thenational.ae)

Bisnis yang satu ini adalah bisnis keroyokan alias dikelola beramai-ramai. Bisnis di bidang hospitality, antara lain hotel dan restoran, ini dimiliki oleh eks pemain top Manchester United, di antaranya Ryan Giggs, Gary Neville, dan Paul Scholes.

Kebanyakan bisnis ini berjalan di Kota Manchester, Inggris. Giggs sendiri punya bisnis pribadi berupa restoran bernama Georges di Worsley, Inggris.

Bisnis keroyokan ini unik karena dijalankan bukan oleh keluarga yang terikat darah. Mereka terikat oleh seragam yang pernah mereka kenakan bersama.

Penghasilan yang besar sebagai pemain bola ternyata tak membuat orang-orang tersebut banyak bersantai. Mereka tahu bahwa tak selamanya bisa hidup dari kerja di lapangan hijau.

Ketika sudah pensiun, mereka sudah harus punya pegangan baru, seperti Giggs dan kawan-kawan. Kita yang penghasilannya belum sebesar mereka patut belajar dari para pemain top ini.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →