Rekomendasi Mobil Keluarga Murah Terbaik di Indonesia

mobil bekas

Mobil keluarga murah adalah salah satu jenis mobil yang paling banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Biasanya, mobil jenis ini yang banyak dilirik adalah tipe Multi Purpose Vehicle (MPV) yaitu kendaraan serbaguna yang biasanya terdiri atas 7 seat.

Contoh mobil yang bertebaran di Indonesia seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Toyota Kijang Innova.

Apa yang menjadi keunggulan mobil-mobil jenis ini sehingga banyak dimiliki masyarakat?

Rata-rata mobil MPV ini harganya cenderung terjangkau dan tidak membutuhkan biaya tinggi untuk servis dan suku cadang (spare part). Selain itu, kabinnya cenderung luas, sehingga nyaman untuk membawa anggota keluarga.

Kamu yang tertarik membeli mobil keluarga murah dan terbaik perlu membaca ulasan lengkap ini. Ada yang harganya mulai Rp100 jutaan dan pilihan yang bekas dan murah!

Rekomendasi mobil keluarga murah mulai Rp100 jutaan

Apakah ada mobil keluarga murah dan terbaik yang dibanderol Rp100 jutaan dan baru? Yup, ternyata masih ada. Jika dulu Avanza dan Xenia masuk kelompok ini, sekarang sudah enggak lagi, karena harga dua “mobil kembar beda induk” tersebut sudah masuk kategori mobil keluarga Rp200 jutaan.

Nah, berikut rekomendasi sembilan mobil yang dibanderol Rp100 jutaan dinukil Vines. Bukan cuma MPV, ada juga tipe Sport Utility Vehicle (SUV) yang lebih tangguh untuk berbagai medan.

1. Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra punya kapasitas yang sama dengan Toyota Calya. Secara mobil ini memang “kembaran” seperti Avanza dan Xenia. Enggak salah kalau kendaraan ini masuk rekomendasi mobil keluarga murah terbaik yang boleh banget kamu pertimbangkan.

Mobil yang dibesut Astra dan berlabel MPV LCGC (low cost green car) ini memiliki kapasitas hingga tujuh penumpang. Namun, daya tarik terbesarnya ada pada harga.

Sigra merupakan mobil berkapasitas tujuh orang dengan harga paling murah yaitu mulai Rp119,5 juta.

2. Datsun GO+

Datsun GO+ menduduki peringkat kedua sebagai mobil keluarga murah terbaik. Mobil yang juga masuk kategori LCGC ini bisa mengangkut tujuh orang dewasa, walaupun sempit di bagian belakang.

Mobil ini dibekali mesin 1,2 L. Tenaganya memang lumayan untuk mobil yang dibanderol mulai Rp120,27 juta tersebut.

Pertimbangannya adalah fitur keselamatan seperti airbag yang minim!

3. Renault TRIBER

Rekomendasi mobil keluarga terbaik ini bisa jadi alternatif bagi kamu yang bosan dengan “model standar”. Renault TRIBER mencoba memberikan model di luar pakem MPV di Indonesia.

Bisa dibilang, Renault TRIBER menggabungkan DNA antara SUV dan MPV. Bodi tetap panjang, tapi tampangnya gagah.

Nah, jika kamu ingin punya mobil keluarga yang enggak pasaran, Renault TRIBER pilihannya. Dengan mesin 3-silinder 999 CC, mobil ini dibanderol mulai Rp133 juta.

4. Renault KWID

Masih dari Renault ada hatchback KWID yang bisa jadi pilihan. Meski kapasitas maksimal orang dewasa cuma lima orang, tetap saja mobil kelas LCGC ini punya tampilan yang enggak pasaran!

Kabarnya, banyak yang jatuh hati pada mobil yang satu ini karena dibekali teknologi terbaik, mesin 1,0 liter. Untuk harganya sendiri, mobil ini dibanderol mulai dari Rp134 juta.

5. Wuling Formo

Mobil asal Cina ini memang lagi naik daun. Enggak salah banyak keluarga Indonesia mulai memilih Wuling sebagai mobil keluarga terbaik. Taksi online saat ini juga menggunakan Wuling sebagai pilihan untuk mencari nafkah.

Wuling Formo bisa dibilang gede banget! Kapasitasnya hingga delapan orang, dan mesinnya S-TEC II dengan konfigurasi 4-silinder. Tidak heran kalau masyarakat mau bayar Rp140,8 juta buat bawa pulang mobil keluarga murah berkapasitas 1,2 L ini.

6. Toyota Calya

Jika kembarannya Sigra berada di peringkat pertama, Calya ada di peringkat enam, nih! Kok bisa ya mobil kembar harga beda puluhan juta?

Pasalnya, Calya diluncurkan oleh Toyota yang memang lebih eksklusif secara nama dibandingkan Sigra milik Daihatsu.

Jika tertarik dengan mobil bermuatan tujuh orang dewasa ini, kamu bisa membawa pulang dengan harga termurahnya Rp147 jutaan. Meski lebih mahal dari Sigra, si Calya ini sudah dibekali mesin 1,2 L dengan 3NR In-line 4-silinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i, 1.197 cc.

7. Wuling Confero

Wuling masuk lagi dalam jajaran mobil keluarga murah terbaik Rp100 jutaan dengan Confero. Saat beberapa pabrikan Jepang enggan untuk menjual MPV rasa LCGC, Wuling rela menempelkan price tag mulai Rp150,8 juta untuk MPV ini.

Dari sektor dapur pacu, mobil berkapasitas tujuh orang yang lahir pada 2017 ini menggunakan mesin 1,5 liter, DOHC, dengan teknologi D-VVT yang diklaim mampu menyemprot 107 hp dan torsi puncak sebesar 142 Nm.

8. Suzuki APV

Si bongsor dari Suzuki ini memang enggak ada matinya! Walau tampilannya kaku dan terkesan kembung, tapi APV jadi salah satu pilihan terbaik di kelas mobil keluarga murah Rp100 jutaan.

Muat banyak hingga 8 penumpang, APV punya enam model yang dibanderol mulai Rp158 jutaan. Dapur pacunya cukup oke untuk harga tersebut. Dalam lembar spesifikasinya, Suzuki APV Arena tercatat mampu menghembuskan 94,5 hp dan torsi 126 Nm dari mesin G15A berkubikasi 1,5 liter, 4-silinder inline, 16 katup.

9. Datsun CROSS

Pada kategori mobil keluarga murah Rp100 jutaan terakhir ada Datsun CROSS. Mobil berpenumpang lima orang ini punya tampilan bak SUV kelas menengah.

Dibanderol Rp161 jutaan, Datsun CROSS dibekali mesin 3-silinder kapasitas 1,2 liter yang tentunya hemat BBM.

Rekomendasi mobil keluarga murah mulai Rp200 jutaan

Berikut ini rekomendasi mobil keluarga murah terbaik kategori Rp200 jutaan yang memang cenderung monoton. Pada kelas ini masih ada Xenia, Avanza, Ertiga, dan Mobilio. Wuling, Isuzu, dan Mitsubishi juga main di kelas MPV harga ini.

Penasaran apa saja jenis mobil yang bisa kamu bandingkan untuk mobil keluarga murah harga Rp200 jutaan? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Daihatsu Xenia

Rekomendasi mobil keluarga murah dan terbaik pertama di harga ini tentunya Daihatsu Xenia. Harga Daihatsu Xenia mulai Rp194,25 juta atau mendekati Rp200 juta.

Xenia memang salah satu mobil yang disebut “sejuta umat”. Kendaraan MPV berkapasitas tujuh orang dewasa ini punya pilihan mesin 1,3 L dan 1,5 L. Tentunya harganya berbeda-beda tergantung kapasitas mesin dan transmisi yang kamu pilih.

2. Toyota Avanza

Setelah Xenia, di peringkat kedua rekomendasi mobil keluarga murah adalah Toyota Avanza. Mobil MPV yang satu ini memang telah dipercaya masyarakat Indonesia sebagai salah satu mobil keluarga terbaik.

Punya julukan sama dengan Xenia, “mobil sejuta umat”, Avanza tetap laris dipasaran. Dibanderol mulai Rp200,2 juta untuk OTR Jakarta, mobil ini dibekali mesin 1,5 L. Ada banyak pilihan tipe untuk Avanza yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

3. Honda Mobilio

Pasar MPV dengan harga terjangkau juga dilirik Honda. Lewat Honda Mobilio, MPV yang dibanderol Rp203,4 juta ini cukup laris di pasaran.

Enggak cuma karena modelnya yang stylish abis, Mobilio punya performa luar biasa dengan mesin 1,5L 4-silinder segaris, 16 katup + DBW. Jantung mekanik ini mampu melepas 118 PS dan torsi 145 Nm.

4. Suzuki Ertiga

Jika di kelas Rp100 jutaan ada Suzuki APV, di kelas ini juga ada Suzuki dengan Ertiga-nya. Ertiga juga banyak dipilih masyarakat Indonesia, karena pernah meraih Car of the Year dari berbagai penghargaan.

Model terbaru dari Suzuki Ertiga dibanderol mulai Rp 205 juta hingga Rp 249 juta. Dengan membayar harga ini, pemilik Suzuki Ertiga akan mendapatkan cukup banyak kelebihan dari mobil tersebut yaitu tampilan kokoh serta mesin 1,5L dengan output 105 hp dan torsi 138 Nm.

5. Nissan Livina

Nissan memang udah cabut pabrik perakitannya dari Indonesia. Namun, publik Tanah Air masih cinta sama brand asal Jepang yang satu ini. Khususnya untuk mobil Nissan Livina.

Kenapa? Model yang satu ini adalah salah satu mobil MPV murah dengan kualitas super. Sebut saja, harganya mulai Rp208 jutaan sudah memberikan tampilan mewah, eksterior tangguh, dan mesin 1,5L yang mampu menghasilkan 104 hp dan torsi 141 Nm.

6. Mitsubishi Xpander

Xpander adalah pesaing terkuat untuk “si kembar” Xenia dan Avanza. Tampilannya yang gagah perkasa membuat mobil ini dianugerahi Car of The Year 2018.

Mitsubishi Xpander pun disebut-sebut sebagai rival kuatnya Toyota Rush. Mobil keluarga murah terbaik yang satu ini harganya dibanderol mulai dari Rp217,8 juta.

Kamu yang mau beli mobil ini bakal dapat banyak keunggulan dari sebuah unit mobil MPV di kelas harga Rp200 jutaan. Di antaranya, bodi ala SUV, wajah depan tinggi, dan mesin kubikasi 1,5L berbekal teknologi MIVEC DOHC 16 Katup. Luar biasa, kan?

7. Wuling Cortez

Mobil asal Cina ini juga main di kelas mobil keluarga murah harga Rp200 jutaan. Mengusung Cortez yang dibanderol mulai Rp219,8 juta, Wuling memberikan fitur dan performa kendaraan roda empat yang aduhai.

Apa sih keunggulan si Cortez ini ketimbang adiknya, Confero? Cortez memiliki dimensi yang lebih luas yang dapat menampung hingga delapan penumpang dewasa.

Ruang di area interior ini juga diisi dengan fitur hiburan yang komplit dari Head Unit Armrest Box sampai Power Window, Cortez disiapkan Wuling untuk bersaing dengan mobil-mobil ternama di segmentasi ini. Untuk performanya sendiri, mobil MPV ini juga sangat apik dengan dua varian mesin yang tersedia.

Mesinnya juga tersedia dalam pilihan 1,5 dan 1,8 L. Kedua mesin yang digendong oleh Cortez diklaim pabrikannya punya putaran dan output yang kuat. Tercatat, mesin 1.800 cc pada mobil ini mampu melepas 129 hp dan torsi 174 Nm.

8. Isuzu Panther

Terakhir ada Isuzu Panther di kelas mobil keluarga murah Rp200 jutaan. Panther dari dulu memang populer dengan ketangguhannya. Diproduksi kali pertama pada 1991, MPV tertua di Indonesia ini masih jadi pilihan keluarga.

Dibanderol mulai Rp258,5 juta, Isuzu Panther menawarkan eksterior yang modern tapi juga masih dengan citarasa khasnya. Desain Isuzu Panther yang boxy masih dipertahankan pada mobil yang juga dikenal sebagai Chevrolet Tavera ini.

Kesan adventure juga tersemat lekat pada mobil yang hanya tersedia dengan opsi mesin Diesel dan sistem transmisi manual. Mobil keluarga murah yang ini masih merupakan salah satu MPV yang sangat hemat.

Dibekali dengan mesin berlabel Turbo, konon mampu mendorong mobil seberat hampir 2 ton ini melaju cepat berkat kekuatan 80 hp dan torsi mencapai 192 Nm yang dimilikinya.

Berapa premi asuransi mobil keluarga?

Punya mobil keluarga murah enggak masalah. Terpenting kamu proteksi dengan asuransi mobil agar lebih nyaman berkendara. Dengan asuransi mobil, kamu terhindar dari risiko kerugian finansial akibat hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara.

Jangan takut premi bakal mahal. Kamu bisa cari tahu estimasi premi asuransi mobil keluarga murah dengan Kalkulator Lifepal berikut ini.

Mobil keluarga bekas murah

Apa sih yang harus dipikirkan ketika mau beli mobil keluarga bekas murah? Pertama adalah merek mobilnya, kedua harganya, dan terakhir apalagi kalau bukan soal biaya perawatannya. 

Mobil-mobil yang biaya perawatannya murah, sering kali punya harga jual yang cukup tinggi. Jelas saja, banyak orang yang mencari mobil itu lantaran enggak bikin kantong jebol. Kebanyakan mobil tersebut ada pada kategori mobil bekas 1.500 cc alias low multi purpose vehicle (LMPV)

Begitu pun sebaliknya, yang harga jualnya anjlok mungkin menggoda dari segi tampilan. Tapi kalau biaya spare part-nya kelewat mahal ya sama aja bohong bukan?

So, tanpa berlama-lama lagi, inilah lima mobil dengan biaya perawatan murah.

1. Toyota Avanza

Mobil sejuta umat ini tentu bakal ditempatkan di posisi pertama. Selain karena populasinya yang cukup banyak, harga jual mobil bekas Toyota Avanza juga bertahan, mengingat biaya perawatannya yang murah.

2. Daihatsu Xenia

Posisi kedua ditempati oleh saudara kembarnya Avanza, yaitu Daihatsu Xenia. Harga sparepart dari Xenia juga tergolong murah kok, palingan beda-beda dikit sama Avanza terutama di harga van belt-nya saja.

3. Suzuki Ertiga

Posisi ketiga tampaknya bukan berasal dari keluarga Toyota maupun Daihatsu, melainkan dari Suzuki dengan varian Ertiga. Mobil keluarga yang satu ini tampaknya juga patut kamu lirik jika kamu ingin mencari mobil bekas. Sebab, performanya tangguh dan harga spare part-nya murah.

4. Daihatsu Luxio

Daihatsu Luxio juga bisa jadi pilihan lho. Selain mobilnya lega, perawatannya juga gak mahal. Udah gitu sejak 2009 Luxio sudah hadir versi matic-nya. Kalau Granmax kan buat niaga, nah Luxio ini lebih pas buat keluarga.

5. Honda Mobilio

Honda memang harga jualnya bertahan, dan terkenal juga dengan harga sparepart-nya yang lumayan mahal. Tapi buat Mobilio, masih tergolong murah kok.

Jadi apa pun pilihanmu nanti, jangan sampai deh biaya perbaikan mobil justru membebani pengeluaran. Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena pastinya akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan bisa dapat ganti rugi juga andai mengalami kehilangan akibat pencurian.

Tanya jawab seputar manfaat asuransi mobil