5 Negara Paling Bahagia di Asia Tenggara, Mana yang Gajinya Paling Besar?

Daftar negara paling bahagia atau World Happiness Report 2018 belum lama ini dirilis kembali. Daftar yang dibikin Gallup World Poll mencatat urutan negara-negara paling bahagia di dunia.

Di daftar tersebut, ada beberapa negara Asia Tenggara yang masuk dalam 156 negara yang disurvei. Gallup World Poll melakukan survei dengan mengukur penghasilan, angka harapan hidup, dukungan sosial, kebebasan, kepercayaan, dan kemurahan hati.

Dari hasil survei yang dilakukan, Finlandia berada di urutan pertama sebagai negara paling bahagia di dunia. Diikuti dengan negara-negara nordik lainnya. Lalu gimana dengan posisi negara-negara Asia Tenggara?

Karena salah satu ukurannya adalah penghasilan, gak ada salahnya juga nih sekalian menjawab berapa besaran penghasilan alias gaji di negara-negara paling bahagia di Asia Tenggara. Ini dia daftarnya.

1. Singapura

Singapura (Shutterstock).

Negara yang ramai diperbincangkan gara-gara film Crazy Rich Asians ini menjadi negara di urutan pertama sebagai negara paling bahagia di Asia Tenggara. Kalau dalam World Happiness Report 2018, Singapura menempati urutan ke-34.

Dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya, Singapura lebih maju dari segi ekonomi. Ditambah lagi negara ini lebih tertata daripada negara-negara sekitarnya.

Makanya ada yang beranggapan orang-orang yang bekerja di negara yang dijuluki Negeri Singa ini bisa mendapat gaji yang besar. Faktanya, gaji rata-rata orang yang bekerja di Singapura bisa mencapai 4.051 dolar Singapura atau Rp 44 jutaan tiap bulannya.

Besar emang, tapi biaya hidup di sana juga gak kalah besar lho. Asal tahu aja. Sewa bulanan apartemen di sana bisa mencapai Rp 27 jutaan.

2. Malaysia

Malaysia (Shutterstock).

Di posisi kedua, ada Malaysia yang menjadi negara paling bahagia se-Asia Tenggara. Dalam World Happiness Report 2018, negeri jiran ini berada di urutan ke-35. Selisih satu peringkat dengan Singapura.

Negara yang sering banget jadi tujuan para TKI ini memberi gaji rata-rata 3.543 ringgit atau Rp 13 jutaan tiap bulannya. Lebih besar ya dibanding Indonesia yang belum sanggup kasih dua digit buat gaji rata-rata.

Pasti dengan gaji sebesar itu biaya hidup di sana mahal? Kenyataannya nih biaya hidup beda-beda tipis dengan di Indonesia walaupun sedikit lebih mahal.

Ambil contoh aja harga beras. Di Malaysia harga beras per kilogramnya Rp 13 ribuan, sedangkan di Indonesia sekitar Rp 12 ribuan.

3. Thailand

Thailand (Shutterstock).

Negara berikutnya yang menjadi negara paling bahagia di Asia Tenggara adalah Thailand. Negara yang dijuluki Negeri Gajah Putih ini gak cuma pariwisatanya yang terkenal, tapi juga barang-barang yang diproduksinya.

Soal gaji, besaran yang didapat dengan bekerja di Thailand rata-rata bisa mencapai 19.912 baht atau Rp 9 jutaan. Indonesia masih kalah besar dibandingkan dengan Thailand.

Meski gaji rata-rata di Indonesia gak sebesar di Thailand, biaya hidup di Thailand lebih mahal dibanding Indonesia.

4. Filipina

Filipina (Shutterstock).

Selanjutnya, ada Filipina yang menjadi negara paling bahagia di urutan nomor empat se-Asia Tenggara. Belum lama ini negara ini dilaporkan punya pertumbuhan ekonomi yang baik. Dalam World Happiness Report 2018, Filipina berada di peringkat ke-71 negara paling bahagia di dunia.

Di Filipina orang-orang yang bekerja tiap bulannya menerima gaji rata-rata 15.192 peso atau Rp 4,2 jutaan. Nominal segitu bisa dibilang masih kalah tipis dengan nominal gaji rata-rata di Indonesia.

Sementara biaya hidup di Filipina sedikit lebih murah dibandingkan Indonesia. Walaupun di beberapa komponen ada yang lebih mahal, semisal biaya makan paling murah yang menghabiskan sekitar Rp 40 ribuan.

5. Vietnam

Vietnam (Shutterstock).

Selain dikenal sebagai negara dengan mata uang yang lemah terhadap dolar, Vietnam juga menjadi negara paling bahagia nomor lima se-Asia Tenggara. Kalau sedunia, posisi Vietnam berada di urutan ke-95 dalam daftar negara paling bahagia di dunia.

Bicara penghasilan, gaji bulanan rata-rata di Negeri Paman Ho ini sekitar 9.025.252 dong atau Rp 5,7 jutaan. Kalau dibandingkan dengan Indonesia, biaya hidup di Vietnam rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan Indonesia.

Udah tahu kan sekarang negara-negara Asia Tenggara mana aja yang menjadi negara paling bahagia? Walaupun Indonesia gak masuk lima besar, seenggaknya biaya hidup di Indonesia masih lebih murah dibanding lima negara yang disebut di atas tadi.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kamu yang berencana bekerja di salah satu negara yang disebutkan di atas.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →