Ada yang Rugi Rp 196 Triliun, Ini 5 Orang Terkaya Sejagat yang Bocuan Tahun Lalu

orang terkaya

orang terkaya

Gak semua orang terkaya di dunia mengalami kenaikan dalam nilai kekayaan mereka di tahun 2020 ini. Kondisi pasar yang gak menentu dan beberapa faktor lainnya ternyata membuat mereka rugi hingga triliunan Rupiah.

Biar kata rugi, mereka sama sekali gak terdepak dari statusnya sebagai seorang miliuner. 

Forbes telah mencatat deretan entrepreneur terkaya sejagat yang hartanya terkuras di tahun 2019. Mau tahu siapa saja? Yuk simak ulasannya.

Baca juga: Ini 10 Orang Terkaya Sejagat yang Memimpin Bisnis Fashion

1. Yan Zhi – minus Rp 41 triliunan

orang terkaya
Yan Zhi. (investhk.gov.hk)

Orang terkaya di China urutan ke 153 ini adalah pendiri dari Zall Mart Commerce Group yang melantai di bursa Hong Kong. 

Bisnis pertama yang dia dirikan adalah sebuah pusat perbelanjaan alias mall. Namun akhirnya dia pun mendirikan e-commerce, hingga perusahaan logistik untuk menunjang bisnisnya.

Pada Agustus 2019, laba perusahaan miliknya menurun sebesar 74 persen! Pihak perusahaan menyatakan bahwa penurunan ini disebabkan karena adanya tekanan dari perekonomian domestik di negaranya. 

Saat ini, total kekayaan miliuner dari Negeri Panda ini disinyalir berada di angka US$ 2,2 miliar atau Rp 30 triliunan. Sementara itu, kerugian yang dialami Yan Zhi sendiri adalah US$ 3 miliar atau Rp 41 triliun.

Baca juga: Salah Satunya dari Indonesia, Ini 8 Orang Paling Dermawan di Dunia yang Menyumbang Hartanya

2. Travis Kalanick – minus Rp 43 triliun

orang terkaya
Travis Kalanick. (Instagram/@traviskal)

Sang pendiri aplikasi Uber ini juga mengalami kerugian yang mencapai US$ 3,1 miliar atau Rp 43 triliun. Padahal, proses IPO dari Uber pada bulan Mei sempat disambut antusiasme dari banyak orang.

Tapi nyatanya, harga saham Uber anjlok 30 persen. Sementara itu, orang terkaya di dunia urutan ke-239 ini telah menjual saham perusahaan transportasi online yang dia dirikan di bulan November dan Desember 2019, dan mendapat dana segar sebesar US$ 2,5 miliar atau Rp 34 triliun. 

Kalanick dikabarkan masih memegang 8,6 persen saham Uber. Saat ini, total kekayaan pria ini adalah Rp 39 triliun.

Kalanick sendiri sudah gak menjabat sebagai CEO sejak 2017 akibat serangkaian skandal. Meski demikian, dia masih jadi pemegang saham dan duduk di salah satu kursi direksi. 

Baca juga: Berharta Rp 1,6 T! Orang Terkaya di Dunia Ternyata Malas Ganti Celana

3. Subhash Chandra – minus Rp 47 triliun

orang terkaya
Subhash Chandra. (Instagram/@subhashchandra)

Chandra adalah orang terkaya di India urutan ke-19. Tapi predikat itu disandangnya pada tahun 2015 ya, bukan sekarang. Pria ini merupakan seorang taipan media, dan perusahaan yang dia dirikan adalah Essel Group.

Tahun 2019 bukanlah tahun yang baik bagi Chandra. Tepat pada Januari 2019, Essel Group dikabarkan terlibat dalam sebuah skandal penyelewengan dana, namun laporan itu dibantah langsung oleh perusahaan ini.

Namun sejak itulah harga saham Zee Entertainment Enterprises yang berada di bawah Essel Group terjun bebas hingga 41 persen. Gak cuma itu, saham Dish TV India yang juga merupakan anak usaha Essel pun mengalami koreksi hingga 65 persen di waktu yang sama. Alhasil kekayaan Chandra pun minus Rp 47 triliunan. 

Essel Group mengambil langkah dengan menjual 11 persen saham Zee Entertainment Enterprises ke Invesco Oppenheimer Developing Markets Fund pada Juli 2019.

Usut punya usut, Forbes melaporkan bahwa total kekayaan Chandra saat ini adalah US$ 660 juta atau Rp 9 triliun. Itu artinya, total nilainya sudah berada di bawah US$ 1 miliar. 

4. Jeff Bezos – minus Rp 131 triliun

orang terkaya
Jeff Bezos. (Instagram/@jeffbezos)

Meski hartanya berkurang US$ 13,1 miliar atau Rp 131 triliun, Jeff Bezos tentu masih jadi orang terkaya di sejagat. Jelas saja, wong hartanya masih ada US$ 109,7 miliar atau Rp 1.528 triliun!

Apa sih yang bikin Bezos ini tekor di tahun 2019? 

Salah satunya adalah perceraiannya dengan MacKenzie yang akhirnya membuat Bezos terpaksa mentransfer 25 persen saham Amazon, sebagai harta gono-gini, untuk sang mantan istri. Saat ini, Mackenzie pun memegang saham perusahaan e-commerce raksasa itu dengan valuasi US$ 36 miliar atau setara dengan Rp 501 triliun!

5. Azim Premji – minus Rp 196 triliun

orang terkaya
Azim Premji. (Wikimedia commons)

Nah kalau yang ini adalah orang terkaya di Negeri Bollywood urutan ke-2 yang akhirnya merosot ke urutan 17. Dia merupakan salah satu entrepreneur di bidang teknologi yang mendirikan Wipro, sebuah platform outsourcing.

Apa yang lantas menyebabkan kekayaan Premzi ini menurun drastis? 

Ternyata hal itu disebabkan karena donasi sebesar US$ 7,2 miliar atau setara dengan Rp 100 triliun! Wah mulia banget! Namun dari setahun ini, kekayaan Premji justru dikabarkan merosot US$ 14,1 miliar atau Rp 196 triliun. Wajar saja, uang donasi itu juga didapat dari penjualan saham masif dari Wipro dan beberapa perusahaan miliknya. 

Gokil juga ya, kalau ada 100 orang aja yang kayak om Premji di Indonesia, mungkin Indonesia bisa makin makmur. Biar kata sudah kehilangan uang sebesar itu, total kekayaan Premji sendiri masih US$ 7,2 miliar atau Rp 100 triliunan.

Itulah deretan orang terkaya di dunia yang hartanya terkuras di tahun 2019. Biar kata terkuras tetap saja tajir melintir ya. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis