5 Peluang Bisnis yang Menguntungkan saat Momen Natal dan Tahun Baru

peluang bisnis saat natal dan tahun baru

Umumnya masyarakat menghabiskan banyak uang ketika momen Natal dan Tahun Baru datang. Tapi kamu bisa mengubah kebiasaan tersebut dengan memanfaatkan peluang bisnis yang gak kalah menggiurkan.

Akhir tahun menjadi saat yang paling tepat untuk mendapatkan uang tambahan dari usaha yang bisa kita rintis. Kenapa? Karena, pada momen tersebut, mayoritas masyarakat menghabiskan banyak uangnya untuk berbelanja. Dengan kata lain, tingkat konsumerisme meningkat. 

Hal itu udah gak bisa dipungkiri lagi karena sebagian besar pegawai mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) ataupun bonus akhir tahun dari perusahaan. Dengan adanya uang tambahan pastinya banyak kebutuhan maupun keinginan ini itu yang pengin dibeli.

Nah bila jeli melihat peluang tersebut, kamu patut mencoba beberapa peluang bisnis berikut ini yang cocok banget dengan momen Natal dan Tahun Baru. Yuk kita lihat usaha apa aja yang bisa dicoba!

Baca juga: Ini Lho Peluang Bisnis yang Cocok dengan Kepribadian Generasi Milenial

1. Peluang bisnis jualan kue natal

peluang bisnis saat natal dan tahun baru
Kue natal. (Shutterstock)

Usaha pertama yang bisa kamu jual saat momen Nataru (Natal dan Tahun Baru) adalah berjualan kue Natal. Kegiatan ini ternyata gak cuma bisa kamu lakukan pas Idul Fitri lho.

Terdapat beberapa kue yang sedikit banyak menggambarkan suasana Natal di Tanah Air seperti Klappertaart, pie susu, cheesecake dan brownies. Kamu juga bisa berjualan kue kering seperti kastengel, puteri salju dan nastar.

Walaupun pembelinya gak sebanyak Lebaran, tapi ide bisnis ini bisa cukup menguntungkan jika kamu pintar mempromosikannya dari mulut ke mulut atau lewat sosmed.

Baca juga: 4 Peluang Bisnis Eceng Gondok Bikin Rekening Gendut, Omzetnya Rp 120 Juta Lho!

2. Perlengkapan Natal

peluang bisnis saat natal dan tahun baru
Pernak-pernik natal. (Shutterstock)

Peluang bisnis kedua  yang bisa kamu coba adalah menjual perlengkapan Natal seperti topi, syal, pohon cemara plastik dan bungkusan kado. Banyak perusahaan yang turut memeriahkan Natal dengan mengadakan pesta tukar kado di antara karyawan.

Untungnya lagi kalau kamu berjualan perlengkapan Natal gak perlu takut barang-barangnya terbuang sia-sia seperti makanan. Barang jualan kamu bisa tetap disimpan untuk tahun depan sehingga bisa menekan kerugian.

Baca juga: Toko Kelontong hingga Jastip, Ini Peluang Bisnis Menguntungkan bagi Pemula

3. Jualan parsel

peluang bisnis saat natal dan tahun baru
Bisnis parcel. (Shutterstock)

Selanjutnya, ada peluang bisnis berjualan parsel. Parsel cocok banget ditawarkan kepada umat Kristiani yang suka membagikan hadiah ke tetangga ataupun kerabat. Kalau pengin lebih cuan lagi kamu bisa menawarkan ke level perusahaan supaya kuantitasnya lebih besar.

Selain menawarkan langsung, kamu juga bisa berjualan parsel lewat media sosial ataupun marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak. Kamu bisa berjualan parsel seperti ini juga di saat Lebaran.

4. Terompet

peluang bisnis saat natal dan tahun baru
Terompet. (Shutterstock)

Keempat, di momen Nataru ini kamu bisa berjualan terompet yang pasti banyak diburu oleh masyarakat menjelang Tahun Baru. Walaupun saingannya banyak tetapi kamu tetap bisa mengambil untung.

Salah satu caranya dengan menjual terompet berdesain unik dan anti-mainstream. Kalo pengin lebih laku lagi, kamu juga bisa memasarkannya di internet seperti parsel.

5. Katering makanan

peluang bisnis saat natal dan tahun baru
Katering. (Shutterstock)

Peluang bisnis berjualan makanan atau katering juga bisa kamu lakukan pada malam tahun baru. Beberapa hotel serta keluarga besar biasanya mengundang banyak saudara ataupun kerabat untuk datang ke rumahnya untuk merayakan Tahun Baru.

Daripada repot-repot memasak sendiri, sebagian orang memilih untuk menggunakan jasa katering supaya lebih efisien. Selain itu, pilihan makanannya juga lebih banyak dibandingkan memasak sendiri.

Nah itulah 5 peluang bisnis yang bisa kamu coba saat momen Natal dan Tahun Baru mendatang. Dari kelima usaha tersebut mana nih yang kira-kira kamu pilih? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →