5 Pengeluaran di Bulan Puasa yang Bisa Kamu Irit

Selama bulan puasa, gak sedikit orang yang mengeluh kalau pengeluarannya lebih banyak dibanding hari-hari biasa.

Pasalnya, saat bulan Ramadhan banyak sekali jajanan buka puasa yang sangat menggugah selera. Belum lama ajakan buka bersama dari teman TK sampai kerja.

Padahal selama bulan Ramadhan ada lho beberapa pengeluaran yang bisa kamu hemat. Jadi, ibadah sembari menabung.

Lalu, apa aja pengeluaran yang bisa dihemat selama bulan puasa? Berikut lima di antaranya:

1. Makan siang

bulan-puasa
Makan siang (chilis)

Pengeluaran pertama yang tentu saja dapat kamu hemat selama bulan puasa adalah makan siang. Pasalnya, selama puasa kamu pasti gak mengeluarkan uang untuk makan siang. Ya, jelaslah kan emang lagi puasa.

Nah, kalau setiap hari kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 15 ribu untuk makan siang. Berarti selama bulan Ramadhan kamu bisa menghemat bujet sekitar Rp 300 ribuan lho.

Lumayan banget bukan, duitnya jadi bisa kamu gunakan untuk kasih angpao ke keponakan saat Lebaran.

2. Camilan

bulan-puasa
Camilan (okezone)

Hayo siapa yang duitnya sering habis buat beli camilan doang? Nah, bulan Ramadhan bisa kamu manfaatin nih buat menghemat duit sekaligus menurunkan berat badan.

Pasalnya, keinginan nyemil kadang timbul di antara jam sarapan dan makan siang hari serta sore hari. Berarti selama bulan puasa, kamu bisa mengalokasikan uang camilanmu untuk di tabung.

Misalnya dalam satu hari biasanya kamu mengeluarkan uang Rp 20 ribu untuk beli camilan. Berarti dalam satu bulan kamu biasanya mengeluarkan uang sebesar Rp 400 ribuan. Lumayan banget kan?

3. Hiburan/liburan

bulan-puasa
Hiburan/liburan (liputan6)

Pengeluaran lainnya yang bisa kamu hemat selama bulan Ramadhan yaitu hiburan atau liburan. Lho emang selama bulan puasa gak boleh liburan?

Ya, boleh-boleh aja sih. Tapi umumnya banyak orang yang memilih untuk fokus beribadah selama bulan Ramadhan.

Selain itu, waktu akhir pekan kamu juga sudah habis terisi dengan jadwal buka puasa bersama bareng keluarga maupun teman-teman.

Gak cuma itu, selama bulan Ramadhan juga tidak akan ada konser musik. Jadi, kamu gak perlu khawatir harus mengeluarkan uang mendadak untuk membeli tiket konser kesukaanmu.

4. Rokok dan kopi

bulan-puasa
Rokok dan kopi (ora)

Kalau bukan bulan puasa, kamu setiap harinya harus merogoh kocek minimal Rp 50 ribu untuk membeli kopi kesukaanmu di coffee shop.

Belum lagi pengeluaran buat beli rokok sebesar Rp 20 ribu setiap harinya. Berarti tanpa kamu sadari, setiap hari kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 70 ribu.

Jika di total dalam satu bulan, berarti uang yang kamu keluarkan untuk membeli kopi dan rokok doang adalah sekitar Rp 1,5 juta. Jumlah uang yang sangat lumayan banget bukan?

Nah, selama bulan puasa ini. Kamu bisa menabung uang untuk beli rokok dan kopi untuk membeli sesuatu yang lebih bermanfaat lagi. Selain sehat, kantong aman. Pasti senang kan?

5. Nongkrong

bulan-puasa
Nongkrong (thefork)

Nongkrong merupakan salah satu biang kerok yang bisa bikin kantong jebol lho, apalagi sekalinya nongkrong di tempat yang fancy. Duh, siap-siap aja deh gigit jari.

Nah, selama bulan Ramadhan kamu bisa manfaatin untuk menekan hobi nongkrong kamu itu lho. Pasalnya, beberapa restoran atau kafe biasanya udah ramai dipenuhi orang-orang yang pengin buka puasa terlebih lagi di akhir pekan.

Duit pun akan lebih aman karena intensitasmu nongkrong berjam-jam di kafe pun juga berkurang.

Nah, itu dia lima pengeluaran yang bisa kamu hemat selama bulan Ramadhan. So, siapa bilang bulan puasa gak bisa hemat? Yang penting, kamu dapat mengelola uang dengan tepat.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →