5 Sopir di Indonesia yang Gajinya Gede, Ada yang Sampai 2 Digit

pengemudi mobil

Profesi sopir alias pengemudi mobil profesional sejatinya bisa menghasilkan pendapatan yang besar. Namun hal itu tergantung banget sama di mana atau kepada siapa mereka bekerja.

Sopir itu sendiri dibagi menjadi dua kategori. Pertama adalah sopir pribadi, dan yang kedua adalah sopir perusahaan, dalam hal ini termasuk sopir kantor, angkutan kota, maupun sopir taksi hingga bus. Beberapa di antara mereka ada lho yang gajinya sampai dua digit.  

Pengemudi mobil profesional mana yang bisa seberuntung itu? Yuk kita simak di bawah ini.

1. Sopir Presiden RI

Pertama adalah sopir Presiden RI, yang gak lain adalah anggota Pasukan Pengaman Presiden alias Paspamres. Sopirnya pak Joko Widodo adalah Sersan Satu (Setu) Heri Firmansyah.

Seorang berpangkat Sersan Satu (Bintara) gajinya berkisar antara Rp 2.065.900 hingga Rp 3.395.000. Semua tergantung dari masa jabatan yang bersangkutan. Tapi gak mungkin bangetlah sopirnya pak Jokowi cuma mendapat upah per bulan sebesar ini.

Dari instansinya, sopir pak Jokowi juga dapat tunjangan keluarga, beras, jabatan, uang lauk-pauk, operasi pengamanan, hingga kinerja.

2. Sopir Transjakarta

Profesi sebagai sopir bus Transjakarta juga cukup menggiurkan. Belum lama ini, media memberitakan gaji yang ditawarkan PT Transjakarta buat para sopirnya.

Yang jelas, gaji tersebut melebihi UMP DKI lho. Buat bus single, ada di kisaran Rp 6 jutaan per bulan. Sedangkan buat bus gandeng bisa mencapai Rp 8 juta.

Gokil sih, udah kayak gaji supervisor di perusahaan ya. Atau mungkin malah lebih besar.

Udah gitu, seorang lulusan SMP juga bisa ngelamar jadi pengemudi di sini kok. Asalkan aja siap kerja dalam sistem shift dan punya SIM B Umum.

3. Sopir taksi online

https://www.instagram.com/p/BMslHgyD9Ck/?taken-by=gojekindonesia

Driver online juga mungkin banget dapat uang banyak. Menurut wawancara yang dilakukan MoneySmart terhadap salah satu driver online, penghasilan per bulan mereka bisa mencapai Rp 15 juta! Tapi itu dulu ya.

Sekarang, penghasilan yang bisa mereka kantongi berkisar antara Rp 6 hingga Rp 9 jutaan aja. Hal itu disebabkan karena tingginya persaingan yang terjadi di dunia driver online. Pengguna aplikasinya sama sekali gak berkurang, tapi karena pengemudinya makin banyak, jadi semakin sulit buat mendapatkan penumpang.

Ya hukum permintaan-penawaran aja sih sebetulnya.

4. Sopir Hotman Paris

Pengemudi mobil profesional dengan gaji tinggi khusus milik sopirnya pengacara kondang Hotman Paris. Menurut wawancara yang dilakukan oleh Tribunnews ke Sunarto, sopir pribadi bang Hotman, gaji yang dia terima per bulan ternyata mencapai Rp 8 juta.

Meski demikian, Sunarto mengakui bahwa gaji Rp 8 juta itu kotor. Artinya belum dipotong biaya lain-lain.

Mobil yang dipakai Sunarto itu mobil-mobil yang biasa dipakai di jalan raya ya, bukan supercar. Kalau pakai supercar sih, udah pasti Hotman Paris sendiri yang mengendarainya.

5. Sopir Raffi Ahmad

Pengemudi mobil profesional yang disewa Raffi Ahmad gajinya lebih besar lho daripada sopir Hotman Paris. Nama sopirnya Raffi adalah Bambang, atau yang suka disapa Beng-Beng.

Dalam wawancaranya di Tribunnews, Beng-Beng blak-blakan mengatakan kalau gajinya sebesar dua digit.

Beng-Beng sendiri udah bekerja dengan Raffi selama empat tahun. Dia mengaku Raffi itu orangnya sabar, termasuk waktu di jalan. Kalau mobilnya menyerempet kendaraan atau objek lain, aku Beng-Beng, Raffi dia gak pernah marah-marah.

Itulah lima pengemudi mobil profesional dengan gaji yang besar. Tertarik melamar?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →