Berawal Dari Bisnis Kecil-Kecilan, 5 Anak Muda Indonesia Ini Jadi Tajir

Salah satu pengusaha muda Indonesia Valentina Meiliyana. (Instagram/@valentinameiliyana)

Gak sedikit pengusaha muda Indonesia kaya raya yang memulai karier bisnisnya dari usaha kecil-kecilan. Bahkan, ada juga salah satu di antara mereka yang memulai bisnis dengan modal nol Rupiah.

Bayangkan saja, dengan strategi finansial yang baik, bermodalkan nol rupiah pun bisa menghasilkan kekayaan yang melimpah. Karena itu, mulai buat perencanaan keuangan, misal menetapkan anggaran investasi dan mendaftar diri dalam polis asuransi kesehatan sejak usia muda.

Perlu digaris bawahi bahwa kisa sukses mengajari kita bahwa sukses memang gak pernah ada yang instan. Sebagian dari mereka bahkan pernah merasakan bangkrut, tapi mereka justru tetap sabar dan gak kapok dalam berbisnis. Dengan ketekunan, usaha mereka pun bisa balik modal dan sukses.

Kalau judulnya saja pengusaha muda Indonesia, otomatis usianya belum kepala empat. Ya masih tergolong generasi milenial alias kelahiran awal 1980an hingga pertengahan 1990an.

Penasaran dengan siapa saja mereka? Yuk mari kita kenalan dengan mereka semua.

Baca Juga: Siapakah Bebi Silvana, Wanita Cantik yang Jadi Istri Ketiga Opick?

1. Ali Muharam

Pengusaha muda Indonesia Ali Muharam. (Instagram/@ngehe_id)
Pengusaha muda Indonesia Ali Muharam. (Instagram/@ngehe_id)

Ali Muharam adalah pengusaha muda Indonesia yang bergerak di bidang makanan. Mungkin kamu familiar sama produk camilan buatan beliau yaitu, Makaroni Ngehe.

Sebelum tampil sebagai pengusaha yang sukses, pemuda asal Tasikmalaya ini hanyalah seorang office boy lulusan SMA yang bekerja di Bogor. Dia juga sempat kerja di sebuah kantin bank di Jakarta dengan gaji pas-pasan.

Siapa sangka, kata Ngehe dalam Makaroni Ngehe ternyata menggambarkan kisah hidup Ali yang cukup keras dalam urusan banting tulang.

Cikal bakal Makaroni Ngehe berawal dari uang Rp 20 juta yang dia pinjam dari temannya. Pada saat itu, Ali yang baru pinjam duit gak kepikiran mau bisnis apa. Namun pada akhirnya, dia membuka usaha makanan dengan gerobak di Kebon Jeruk.

Ali bekerja multitasking. Dia harus masak, melayani konsumen, hingga menata tokonya sendiri. Singkat cerita, omzet penjualannya pun meningkat selama delapan bulan. Dan berkat gaya hidupnya yang sederhana, dia bisa nabung hingga akhirnya membesarkan usahanya.

Siapa sangka, dari jualan makaroni dia sempat merasakan omzet Rp 3 miliar.

Baca Juga: Ladies! Ini 5 Zodiak Pria yang Bertanggung Jawab Soal Keuangan

2. Yasa Singgih

Pengusaha muda Indonesia Yasa Singgih. (Instagram/@yasasinggih)
Pengusaha muda Indonesia Yasa Singgih. (Instagram/@yasasinggih)

Kamu familiar dengan brand Men’s Republic? Jangan salah lho, brand ini didirikan oleh seorang pengusaha muda Indonesia yang sudah masuk Forbes Under 30 di tahun 2016.

Dialah Yasa Singgih, seorang pria yang sudah bisnis sejak dia duduk di bangku SMP, lebih tepatnya saat ayahnya dioperasi karena penyakitnya.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Berawal dari menjadi MC panggilan, Yasa akhirnya terjun ke bisnis pakaian dengan sistem titip jual tanpa modal. Dia pun sukses melakukan bisnis yang satu ini, hebat ya!

Lantas dia mencoba peruntungan lain dengan terjun ke bisnis kedai kopi dan mengalami kegagalan.

Setelah menutup usahanya di 2013 dan fokus pada ujian nasional, Yasa pun berbisnis sepatu. Dia menggandeng produsen sepatu di Kota Kembang hingga akhirnya, konsep bisnis ini pun membuahkan keuntungan yang besar.

Saat ini, Men’s Republic gak cuma laris di Indonesia. Sepatu Men’s Republic juga laris di negeri jiran Malaysia, Filipina, lalu Taiwan, Hong Kong, Makau, hingga Nigeria!

3. Hamzah Izzulhaq

Pria kelahiran 1993 silam ini tercatat sebagai Direktur Utama PT Hamasa Indonesia, perusahaan beromzet ratusan juta per bulan. Perusahaan ini bergerak di bidang pembuatan sofa bed.

Minat Hamzah Izzulhaq buat buka usaha udah tampak sejak dia duduk di bangku SMA. Usaha pertamanya adalah distributor buku pelajaran. Dari usaha tersebut, dia berhasil meraup Rp 950 ribu selama enam bulan.

Sejatinya, pengusaha muda Indonesia ini dulunya punya usaha bimbel alias bimbingan belajar. Usaha itu sudah berkembang dengan baik, namun pada akhirnya dia pun menemukan potensi laba besar dalam penjualan sofa bed.

Dalam urusan bisnis, Hamzah mengaku bahwa dirinya banyak belajar dari Bob Sadino dan Walt Disney.

Hamzah paham bahwa sebelum merasakan kesuksesan, seseorang pasti menemui kegagalan dulu. Namun, kegagalan tersebut gak lantas diratapi lalu membuatnya kapok. Pengusaha-pengusaha yang udah sukses itu justru belajar dari kegagalan dan bangkit lagi setelahnya.

4. Medina Zein

Pengusaha muda Indonesia Medina Zein. (Instagram/@medinazein)
Pengusaha muda Indonesia Medina Zein. (Instagram/@medinazein)

Mungkin, orang-orang dan para netizen mengenal beliau karena dia adalah adik ipar Ayu Azhari. Akan tetapi, dia sejatinya adalah seorang pengusaha muda Indonesia yang benar-benar sukses.

Medina sudah memulai usaha saat masih duduk di bangku SMP. Dia mengawali usahanya dengan menjadi seorang reseller produk.

Setelah berhasil mengumpulkan modal usaha, dia mendirikan usaha baru yaitu produk kecantikan dengan merek yang dia buat sendiri.

Bermula di tahun 2011, bisnis skincare Medina ini dimulai dengan hanya menggandeng tiga karyawan. Penjualannya pun masih hanya berkonsep online shop. Medina gak segan-segan menggelontorkan dana hingga Rp 400 juta buat promosi di Instagram.

Namun, kini omzet penjualan online skincare Medina tersebut digadang-gadang sudah lebih dari 3 miliar per bulan. Itu sebabnya, dia pun sanggup membangun kerajaan bisnisnya dengan mendirikan beberapa sektor usaha lain. Sebut saja seperti hijab, travel, dan lainnya.

5. Valentina Meiliyana

Pengusaha muda Indonesia Valentina Meiliyana. (Instagram/@valentinameiliyana)
Pengusaha muda Indonesia Valentina Meiliyana. (Instagram/@valentinameiliyana)

Pengusaha muda Indonesia kelahiran 1995 ini dulunya cuma pedagang online yang jual extension rambut warna-warni, sandal gabus, dan tas di Kaskus. Tapi siapa sangka, akhirnya dia membuka usaha sepatu custom yang sanggup menghasilkan omzet puluhan juta Rupiah per bulan.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Valentina bahkan sempat jadi perancang sepatu koleksi Eunika Joso di Jakarta Fashion Week 2011. Dia juga mendapatkan pesanan sepatu khusus dari girl band Cherry Belle.

Tapi, dalam membangkitkan usahanya, Valentina juga pernah merasakan jatuh bangun. Di umur 18 tahun, Valentina mengalami kerugian bisa mencapai 100 juta. Dan hal itu pun membuatnya mengalami stres tingkat tinggi.

Sejak membuat sepatu, Valentina selalu berupaya untuk bisa membuat sepatu yang nyaman buat para cewek, supaya kakinya gak lecet. Oleh karena itu, dalam urusan berburu bahan, Valentina gak main-main. Dia pun rela jalan ke pelosok Indonesia untuk mencari bahan berkualitas.

Itulah lima pengusaha muda Indonesia yang memulai usahanya dari bisnis kecil-kecilan. Terbukti kan, bahwa bisnis kecil itu memang gak bisa dipandang remeh.

Gak sedikit orang yang banyak belajar dari bisnis kecil sebelum akhirnya menciptakan gurita bisnis. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →