5 Pengusaha UKM Ini Sukses Memulai Bisnis dari Nol, Inspiratif!

Salut! Itu satu kalimat yang paling cocok untuk para pengusaha UKM yang sukses memulai bisnis dari nol.

Untuk meraih impiannya sebagai pengusaha yang sukses, mereka membangun usaha kecil menengah (UKM) dengan penuh perjuangan.

Perjuangan terberat adalah mencari modal terlebih lagi mereka gak punya link ke orang penting yang dapat memberikan pinjaman.

Mereka akhirnya pun memberanikan diri untuk melakukan pinjaman ke bank untuk merintis usahanya dan sukses seperti saat ini.

Siapa aja mereka? Berikut ini adalah lima pengusaha UKM yang berhasil membangun kerajaan bisnisnya dari nol:

[Baca: Pengusaha UKM, Ini Ide Resolusi Buat 2018]

1. Pengusaha UKM Bob Sadino

Pengusaha UKM
Bob Sadino (caribagi)

Siapa yang gak kenal dengan mendiang Bambang Mustari Sadino atau yang dikenal dengan nama Bob Sadino.

Sebelum menjadi pengusaha sukses, Bob pernah bekerja sebagai karyawan BUMN selama sembilan tahun. Kemudian, dia memutuskan untuk keluar dan memilih menjadi pengusaha.

Awalnya Bob membuka bisnis sewa mobil. Sayangnya, dia mengalami kecelakaan mobil Mercedes-Benz yang ia sewakan. Kejadian tersebut membuatnya menjadi tidak bisa melanjutkan usahanya lagi.

Gak patah semangat, saat ia sedang bekerja sebagai buruh bangunan dengan upah harian, pria yang dikenal selalu hidup sederhana ini melihat celah bisnis lain yaitu peternakan ayam.

Beruntung, pria yang meninggal di usia 81 tahun ini mendapatkan pinjaman modal dari tetangganya yang juga tertarik dengan bisnis peternakan.

Bob memulai usahanya dengan menjual telur negeri dan memasarkan sendiri dari rumah ke rumah para ekspatriat di sekitar tempat tinggalnya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Berkat perjuangan, kerja keras dan keuletannya, Bob sukses mendirikan Kem-Chicks yang menjadi supermarket terkenal yang menjual beragam produk pertanian dan peternakan.

2. Pengusaha UKM Gibran Rakabuming

Pengusaha UKM
Gibran Rakabuming (kompas)

Meskipun saat itu, sang ayah Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi merupakan pengusaha mebel, gak membuat Gibran Rakabuming menebeng bisnis ayahnya.

Anak pertama Jokowi itu malah memilih untuk mendirikan bisnis sendiri yaitu wedding organizer dan juga katering.

Gibran memulai bisnisnya dengan mencari pinjaman dari bank karena memang Jokowi ingin anaknya mandiri. Dari tujuh proposal permohonan ke bank, hanya satu yang tembus.

Pria berusia 30 tahun itu pun kemudian mendirikan Chili Pari. Dari hanya melayani pesanan jumlah kecil, kini dia udah menangani order hingga ribuan tamu.

[Baca: 6 Bisnis Unik Anak Presiden Jokowi yang Bisa Kamu Tiru]

3. Pengusaha UKM Susi Pudjiastuti

Pengusaha UKM
Susi Pudjiastuti (sebarr)

Walaupun hanya memiliki ijazah SMP karena harus di drop out saat SMA. Ternyata hal itu gak membuat Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti ini patah semangat.

Ketimbang sekolah, menteri yang dikenal nyentrik tapi tegas ini lebih memilih untuk menjadi pengepul ikan di Pangandaran, Jawa Barat dengan menjual  perhiasannya sebagai modal.

Bisnis yang digelutinya pun semakin maju dari tahun ke tahun. Wanita berusia 53 tahun ini meminjam uang dari bank untuk membeli pesawat agar pengangkutan produk lautnya lebih mudah.

Tak lama berselang, dia mendirikan maskapai Susi Air yang melayani rute di pedalaman dengan membeli satu pesawat lagi.

[Baca: Gak Nyangka, 6 Orang Kaya dan Sukses Ini Ternyata Cuma Tamatan SMP]

4. Pengusaha UKM Sunny Kamengmau

Pengusaha UKM
Sunny Kamengmau (koincsi)

Dengan modal nekat, Sunny Kamengmau yang berasal dari Nusa Tenggara Timur berhasil menjadi pengusaha UKM sukses.

Semua bermula saat ia memutuskan untuk pergi ke Bali dan menjadi tukang sapu di sebuah hotel.

Kinerjanya yang bagus membuat dia diangkat menjadi satpam serta bertemu dengan pengusaha asal Jepang yang memintanya untuk memasok tas kulit ke negaranya.

Pelan tapi pasti, tas buatannya bermerek Robita ternyata sangat disukai oleh kalangan sosialita kelas atas di Jepang yang membuatnya sukses sampai sekarang.

5. Pengusaha UKM Reza Nurhilman

Pengusaha UKM
Reza Nurhilman (teropongbisnis)

Bermodal awal Rp 15 juta, Reza Nurhilman menggandeng produsen keripik lokal di Bandung untuk berbisnis keripik Maicih.

Dengan memasarkan melalui Twitter dan mulut ke mulut membuat keripik setan ini laris manis di pasaran. Bahkan gak sedikit orang yang ikut-ikutan membuka bisnis keripik pedas juga.

Semoga cerita dari lima pengusaha UKM ini bisa menginspirasi kamu untuk memulai usaha juga ya. Semoga bermanfaat!

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis