5 Pilihan Deposito dengan Suku Bunga Terbaik di 2018

Transaksi perbankan. (Tempo/Dinul Mubarok)

Deposito masih jadi instrumen investasi yang diminati masyarakat. Selain suku bunganya lebih besar dari tabungan biasa, risiko investasi deposito sangat kecil sehingga investor tak perlu cemas uang lenyap atau tak berkembang. Risiko tersebut jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis investasi lain seperti saham dan obligasi.

Meski demikian, sebanding dengan risiko yang diterima, keuntungannya pun tak setinggi reksadana, saham, maupun obligasi. Namun, bukan berarti investasi di deposito jadi tak menguntungkan. Salah satu tips untuk mendapatkan untung deposito yang tinggi tentu dengan memilih deposito yang menawarkan suku bunga tertinggi.

Nah, untuk memudahkanmu memilih, MoneySmart udah punya daftarnya nih.  Berikut 5 deposito dengan suku bunga tertinggi pada tahun 2018.

1. Deposito Panin Bank

 

View this post on Instagram

 

A post shared by PaninBank (@paninbank.official) on Apr 10, 2018 at 3:07am PDT

Panin Bank tercatat sebagai bank ke-7 terbesar di Indonesia. Sebagai salah satu bank yang berfokus pada produk jasa konsumen dan komersial, Panin menawarkan deposito dengan

bunga yang cukup kompetitif.  Deposito Panin bersifat cukup likuid karena pilihan jangka waktu simpanan yang variatif, mulai dari 7 hari, 14 hari, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan.

Pencairan deposito dapat dilakukan pada masa tempo yang telah ditentukan. Namun, kamu pun bisa menggunakan fitur Automatic Roll Over atau perpanjang otomatis.

Suku bunga yang ditawarkan Deposito Panin mulai dari 4 persen (untuk jangka waktu 7 hari) hingga 6,5 persen untuk jangka waktu 12 bulan. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan bunga maksimum hingga 7 persen jika dana yang disimpan lebih dari Rp 2 miliar.

2. Danamon Deposito Online

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Danamon (@mydanamon) on Jun 25, 2018 at 5:14am PDT

Deposito Online dari Bank Danamon sedang menawarkan program khusus pemberian bunga hingga 6,5 persen nih. Program ini berlaku bagi seluruh nasabah yang menempatkan dana di deposito IDR (rupiah) melalui Danamon Online Banking atau D-Bank.

Pilihan jangka waktu yang diberikan mulai dari 3, 6, atau 12 bulan. Untuk mulai membuka rekening deposito, siapkan dana yang ingin disimpan minimal sebesar Rp 8 juta. Tertarik? Harus gercep nih karena promo ini berlaku hanya sampai 31 Oktober 2018.

3. Jenius Maxi Saver

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Jenius Connect (@jeniusconnect) on Aug 31, 2018 at 1:25am PDT

Bagi kamu yang baru kenal Jenius, gak perlu cemas. Jenius merupakan aplikasi perbankan yang diluncurkan oleh PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk (BTPN). Jadi, soal keamanan tak perlu diragukan lagi. Nah, Jenius memiliki salah satu fitur simpanan deposito bernama Maxi Saver.

Asyiknya, fitur ini memungkinkan kamu mengatur dan membuka deposito sesuai kebutuhan langsung dari smartphone.  Untuk membuka Maxi Saver, kamu perlu menyiapkan dana minimal Rp 10 juta. Tanpa ada batasan maksimal deposito Maxi Saver yang ingin dibuka. Saat ini Maxi Saver menawarkan bunga hingga 6,5 persen per tahun.

4.  Deposito BTN

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bank Tabungan Negara (@bankbtn) on Jul 10, 2018 at 8:39pm PDT

Bank Tabungan Negara alias BTN adalah bank BUMN yang juga tawarkan suku bunga kompetitif. Salah satu produknya adalah Deposito BTN Ritel Rupiah. Program deposito ini memberikan kesempatan untuk para investor dengan modal minim. Sebab mininum penempatannya mulai dari Rp 1 juta aja.

Bunga yang ditawarkan mulai dari 5 persen untuk jangka waktu satu bulan hingga 5,75 persen untuk penempatan dana di atas Rp 2 miliar dan selama 12 bulan.

5. BNI Deposito

 

View this post on Instagram

 

A post shared by bnikkbancar46 (@bnikkbancar46) on Jan 25, 2018 at 8:13pm PST

Terakhir adalah program tabungan dari bank BNI, BNI Deposito. Dengan modal Rp 10 juta untuk setoran awal pembukaan rekening, kamu bisa mendapatkan bunga hingga 5,25 persen (jangka waktu 1 tahun). Sementara jika dana kurang dari Rp 5 miliar, bunga maksimum yang didapat adalah sebesar 5 persen.

Deposito Panin Bank menawarkan bunga tertinggi hingga 7 persen. Selanjutnya diikuti oleh Danamon Deposito Online dan Jenius Maxi Saver. Meski begitu, perlu diingat bahwa sekalipun suku bunga merupakan pertimbangan penting memilih deposito, namun hal tersebut bukanlah satu-satunya faktor yang perlu diperhatikan.

Kamu perlu membuat rencana dan tujuan keuangan untuk memilih jangka waktu yang dibutuhkan. Tanpa perencanaan yang tepat bisa-bisa kamu terpaksa mengambil dana deposito sebelum jatuh tempo. Jika begini, bunga yang didapat bisa terpangkas oleh pinalti atau biaya administrasi lainnya.

Satu hal lagi, semakin besar dana simpanan, semakin besar pula bunga yang didapat. Namun, perlu diingat bahwa Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hanya menjamin simpanan dengan saldo maksimal Rp 2 miliar dan suku bunga maksimal 6,5 persen.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →