5 Smartphone Ini Miliki Fitur Face Unlock, Harganya Lebih Murah dari iPhone X Lho!

Fitur face unlock saat ini sedang happening di kalangan pecinta gadget. Perusahaan teknologi pun kian berbondong-bondong menyematkan fitur tersebut guna menarik perhatian konsumen. Fitur tersebut digunakan untuk memberi pengamanan ekstra kepada pengguna.

Face unlock sendiri merupakan fitur untuk mengaktifkan ponsel dengan cara mengenali wajah si pemilik gadget. Sama seperti fingerprint, fitur ini juga diharapkan dapat menjaga privasi pengguna ponsel.

Biasanya, smartphone yang dilengkapi dengan fitur tersebut dibanderol harga cukup mahal. Sebut saja iPhone X yang harganya mencapai Rp 18 juta, kalau kamu tambah sedikit lagi, sudah bisa beli motor bebek baru kan?

Tapi kamu jangan berkecil hati. Kalau masih pengin memiliki ponsel pintar dengan fitur memadai yang gak kalah dari iPhone X, yuk simak artikel berikut.

1. Oppo A83

Oppo A83 (Shutterstock).

Ponsel pintar ini sudah masuk ke pasar Indonesia sejak tahun lalu. Oppo A83 tidak lagi menggunakan fingerprint, tetapi beralih ke fitur pengenalan wajah atau face unlock.

Oppo menyebut bahwa ponsel pintar buatan mereka tersebut mampu memindai hingga 128 wajah berbeda. Ponsel pintar ini dibanderol harga Rp 1.899.000 dan memiliki RAM 3GB/4GB ROM 32GB, berkapasitas baterai 3180mAh. Dibekali kamera belakang 13MP dan kamera depan 8MP. Ponsel pintar ini juga memiliki layar HD+ berukuran 5,7 inci, serta prosesor berkekuatan octa-core 2.5GHz.

2. ASUS ZenFone Max Pro M1

ASUS ZenFone Max Pro M1 (Shutterstock).

Ponsel pintar lain yang juga memiliki fitur face unlock adalah ASUS ZenFone Max Pro M1. Ponsel pintar ini memiliki spesifikasi yang berbeda di setiap versinya. Ketiga versi itu terletak pada bagian RAM dan kapasitas memori internal, diantaranya RАM 3 GB, RАM 4 GB, dаn RАM 6 GB. Dаri kе vеrsi tеrsеbut sеbеnаrnyа tidаk mеmiliki bаnyаk реrbеdааn, untuk fitur face unlock sеndiri tеrsеdiа bаik раdа vеrsi RАM 3 GB, RАM 4 GB, dаn jugа vеrsi RАM 6 GB.

Untuk harga setiap versi juga tidak sama. Tapi kamu gak perlu khawatir, harga jual ASUS ZenFone Max Pro M1 dibanderol mulai dari Rp 2,2 juta sampai Rp 3,2 juta. Berbeda jauh kan dari pasaran iPhone?

3. Vivo V7

Vivo V7 (Shutterstock).

Ponsel pintar murah dengan fitur face unlock lainnya adalah Vivo V7. Diberi nama face access, fitur pemindai wajah ini diklaim aman dan tidak mudah dibobol oleh orang lain. Vivo telah melakukan riset mendalam dengan meneliti rupa wajah manusia sehingga fitur ini tidak mudah diutak-atik.

Face access akan memindai ratusan titik, kontur,dan tekstur wajah pengguna. Proses tersebut dilakukan agar ponsel tidak mudah dibobol orang lain. Selain fitur face access, V7 ini dibekali Full View Display dan kamera depan dengan standar resolusi 24 megapiksel.

Selain itu, Vivo V7 didukung chipset Qualcomm dengan CPU octa-core, RAM 4GB, ROM 32GB yang dapat diperluas hingga 256GB, dan sudah dibekali Android Nougat dengan antarmuka Funtouch 3.2. Untuk harganya, cukup Rp 3,5 juta kamu sudah bisa membawa pulang smartphone ini.

4. LG Q6

Seorang laki-laki tengah menggenggam ponsel LG (Shutterstock).

Tak mau ketinggalan oleh merek lain, LG juga mengeluarkan ponsel pintar yang mendukung fitur pengenalan wajah. Selain fitur tersebut, ponsel pintar seharga Rp 3 jutaan ini memiliki kamera belakang 13 MP yang dipadu dengan autofocus, рhаsе dеtеctiоn аutоfоcus sеrtа LЕD Flаsh.

5. OnePlus 5T

Smartphone OnePlus (Shutterstock).

Satu lagi ponsel pintar dengan akses pemindai wajah yang juga tak boleh dilewati dari OnePlus. OnePlus 5T hadir dengan desain yang lebih segar dari generasi sebelumnya. Ponsel pintar ini didukung oleh chip Snapdragon 835, grafis GPU Adreno 540, dua opsi kombinasi RAM dan memori, yakni 6 GB/64 GB dan 8 GB/128 GB. Meski sudah mengusung fitur face unlock, namun pemindai sidik jari atau fingerprint masih ada di ponsel ini. Dibanderol harga Rp 5 jutaan, OnePlus 5T memiliki layar bingkai tipis dan diklaim mampu menampilkan gambar bersih serta tajam.

Nah, gak mahal kan buat mendapatkan smartphone dengan fitur face unlock. Gak usah nunggu harga iPhone turun, cukup beli merek lain saja, toh sama saja fungsinya sebagai alat komunikasi. (Editor: Winda Destiana Putri).