Ini 5 Tips Bisnis Makanan Ala Chef Marinka, Yuk Contek!

bisnis makanan

Kamu tertarik menjalankan bisnis makanan? Kalau iya, kamu wajib belajar dulu nih sama seorang chef kondang lulusan Le Cordon Bleu, Australia. Siapa lagi kalau bukan Maria Irene Susanto alias chef Marinka.

Bicara soal bisnis, perempuan 37 tahun ini cukup berhasil dalam mengelola restoran makanan sehat di Fatmawati, Jakarta Selatan. Patut diacungi jempol deh.

Restoran yang didirikan pada 2015 itu menyajikan konsep menu gluten free yang sehat banget tapi rasanya tetap ena. Gitu pula dengan tampilannya yang menggugah selera.

Langsung aja deh, ini sedikit tips langsung dari Chef Marinka yang bisa kamu terapkan waktu memulai bisnis makanan.

[Baca: Menghasilkan Uang dari Hobi Masak? Coba Ide Bisnis & Profesi Ini]

1. Kenali produk dan kualitas makananmu

bisnis makanan
Duh senyumanmu itu lho chef. Saya jadi gak konsen mau masak (Liputan 6)

Sebelum mendirikan resto, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah megenali produk dan kualitas makanan buatanmu. Kamu harus punya identitas terlebih dulu, mau bikin menu seperti apa, dan gimana kualitasnya.

Dalam wawancara yang dilakukan Detik, chef Marinka mengatakan kalau poin ini adalah yang pertama yang harus kamu pikirin sebelum bisnis.

Sebetulnya sih terlepas dari bisnis makanan atau bisnis lainnya, paham produk itu hukumnya wajib. Masa iya sebagai pemilik usaha kamu gak tahu dan gak kenal sama produk sendiri? Logis sih, tapi gak jarang yang menerapkan ini.

Kalau kamu gak melakukan ini, yang ada bisnismu gak bakal bertahan lama deh. Soalnya, jangankan mengembangkan usaha, urusan menentukan profil calon pelanggan aja pasti susah.

2. Bandingkan usahamu dengan kompetitor

bisnis makanan
Cantik, sexy, sehat, jago masak, sukses pula. Apa sih rahasianya chef? (Tribunnews)

Setelah tahu produk dan kualitas makananmu itu seperti apa, maka langkah selanjutnya adalah melakukan riset kompetitor. Cari tahu, seperti apa bisnis makanan yang dijalankan oleh pelaku-pelaku usaha di sekitarmu.

Soal membandingkan ini cukup luas ya. Selain menunya, kamu juga harus membandingkan harga. Nih kata chef:

“Perlu banget research kompetitor (cari tahu soal pesaing) kita siapa, harganya berapa, dan kelebihan kita dari mereka itu apa, terus kita harus benar-benar buat (menu makanan) sampai itu perfect (sempurna) banget baru dijual.”

Kalau sampai gak tahu seperti apa kompetitor usaha, maka besar kemungkinan kita malah bikin restoran yang gak ada bedanya sama yang lain. Atau yang lebih buruk lagi adalah mendirikan restoran yang kualitas makanan dan harganya jauh di bawah mereka.

So, gak salah kok buat mampir-mampir ke restoran atau kedai milik kompetitor. Coba nongkrong, pelajari menu-menu mereka, ngobrol sama waiters-nya, dan cari tahu promo-promo apa yang mereka lancarkan.

Ketika kamu berada di sana, coba deh posisikan dirimu sebagai pelanggan. Catat segala aspek yang kamu temukan, kelebihan maupun kekurangannya. Lalu jadikan itu sebagai acuan buat menciptakan menu di restoranmu.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

3. Berikan tester! Jangan pelit

bisnis makanan
Denger-denger Chef Marinka ini baru putus loh. Hayo siapa yang mau daftar? (Okezone)

Tips ketiga dari Chef Marinka adalah memberikan tester ke beberapa orang. Ingat lho, tester itu harus ada karena di situl kita bisa mengukur gimana kualitas produk makanan kita.

Jika orang-orang yang mencicipi bilang kalau makanan ini gak enak, gak usah baper apalagi ngeles. Coba racik ulang, sempurnakan hingga mereka bilang kalau makanan buatanmu enak.

Sejatinya, tester juga bisa jadi bentuk promosi yang efektif lho. Seandainya makanan yang sifatnya tester itu disukai, maka besar kemungkinan mereka yang udah nyobain jadi berminat buat memesan. Luyaman kan belum buka udah dapat order?

Chef Marinka aja ngerekomendasiin hal ini, masa iya kamu masih kekeuh gak pengin ngasih tester ke orang lain. Nih kata dia:

“Nggak boleh ngasal jualan aja, tapi kita juga harus puas, dan kita harus kasih ke beberapa orang tester dulu. Soalnya banyak yang menurut kita enak belum tentu mereka bilang enak.”

4. Pakai media sosial

bisnis makanan
Selain keren, Chef Marinka pun sangat menginspirasi banyak orang! (Kapanlagi)

Kalau udah banyak yang bilang makanan buatanmu enak, maka segera buat media sosial buat mempromosikan bisnis makanan yang kamu jalankan. Jangan tunggu lama lagi lho.

[Baca: 7 Kesalahan di Medsos yang Bikin Bisnis Online Kamu Gak Laku]

Selain bisa jadi identitas, di media sosial kamu bisa beriklan dengan bujet yang murah. Tentu jauh lebih murah ketimbang menggunakan media massa.

“Sampai universal semuanya bilang oh ya okelah ini enak, baru kita produksi. Sekarang online juga penting banget maksudnya kayak punya sosial media itu ngebantu banget buat jualan.”

5. Jangan latah ikutan bisnis makanan

bisnis makanan
Jadi gimana nih caranya berguru sama Chef Marinka? (Tribunnews)

Sebenarnya sih kamu sah-sah aja bisnis kuliner yang seperti apa, mau menunya apa, atau lokasinya di mana. Tapi chef pernah bilang kalau dirinya gak tertarik berbinis kue kekinian ala artis, meskipun keuntungannya cukup menggiurkan.

[Baca: Yuk Ikutan Merasakan Manisnya Bisnis Kue yang Bikin Artis-Artis pada Heboh!]

Kenapa gitu? Karena chef sadar kalau itu musiman banget dan durasinya pendek. Kalau kamu masuk ke sana, makanan ini udah gak tren. Rugi deh yang ada.

Sebaliknya, chef bilang kalau sebaiknya kalau mau bikin tempat makan adalah yang bakal jadi tren di masa depan. Itu juga salah satu alasan chef Marinka mendirikan Mars. Soalnya dia udah prediksi kalau makanan sehat itu bakal jadi tren di masa depan.

Tuh, dengar kata Chef. Mendirikan bisnis makanan khususnya restoran ya harus unik dong. Kalau niru terus apa bedanya sama toko sebelah?

Itulah lima tips dari Chef Marinka buat kamu yang pengin mendirikan usaha berupa restoran dan sejenisnya. Ketika kamu udah menerapkan hal ini, apa aja menunya pasti laris deh.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Tapi ingat juga kata om Bob Sadino ya. Bisnis itu, termasuk bisnis makanan, gak langsung jadi lho. Semua ada proses. So, kudu sabar ya.

[Baca: 9 Nasihat Bob Sadino Biar Bisnis Modal Kecil Untung Besar]

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →