5 Tips Hemat di Bulan Puasa Buat Anak Kosan, Gak Ribet!

Gak sedikit orang yang beranggapan kalau selama bulan puasa pengeluaran akan lebih banyak dibanding hari-hari biasa.

Pasalnya, kamu akan lebih sering mengunjungi restoran untuk berbuka puasa bersama teman-teman. Ya, bulan puasa memang menjadi salah satu waktu yang tepat untuk silaturahmi.

Makanya banyak orang yang mengaku bokek selama bulan puasa, terlebih lagi untuk anak kosan yang segala sesuatunya harus dilakukan sendiri, mulai dari sahur hingga berbuka puasa.

Karena itu, pentingnya kamu dapat mengelola keuangan dengan baik terutama di bulan puasa agar tidak menimbulkan keborosan yang dapat berdampak buruk ke depannya.

Ya, meski diakui mengelola keuangan untuk anak kosan memang bukan hal yang mudah, terkadang ada saja kebutuhan dadakan yang membuatmu mau gak mau harus mengeluarkan uang.

Meski susah tapi bukan berarti gak bisa lho, justru kamu bisa dengan mudah berhemat selama bulan puasa tanpa harus merasa tersiksa.

Nah, berikut ini adalah lima tips simpel hemat selama bulan puasa untuk anak kosan. Simak yuk selengkapnya berikut ini.

1. Buka puasa adalah makan malam biasa

bulan-puasa
bukan puasa adalah makan malam biasa (mommiesdaily)

Salah satu faktor yang membuat banyak orang boros selama bulan puasa adalah kebiasaan membeli makanan yang berlebihan karena lapar mata.

Sebenarnya hal itu wajar aja sih, karena kamu harus menahan rasa lapar selama berjam-jam sehingga rasanya ingin melahap semua makanan lezat.

Tapi hal itu tidak dibenarkan juga lho atau dijadikan alasan untuk membeli makanan secara berlebihan alias kalap.

Tahu-tahu di pertengahan bulan duit sudah menipis karena kebiasaanmu membeli makanan berlebihan. Karena itu, coba tanamkan pada dirimu kalau buka puasa adalah seperti makan malam biasa.

Selain itu, pilihlah menu makanan yang tak terlalu mahal dan aman di kantong. Jadi, gak cuma berat badan yang aman, dompetmu pun juga demikian.

2. Membuat menu

bulan-puasa
Membuat menu (allabouttutorial)

Selain membuat buka puasa seperti makan malam biasa. Tips hemat selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat menu makanan selama bulan puasa.

Pasalnya, godaan di bulan puasa adalah membeli makanan karena lapar mata dan hal itu dapat membuat anggaran atau pengeluaranmu jadi meledak

Meskipun terbilang wajar, tapi jika dibiarkan terus menerus yang ada bakal bikin kamu miskin di tanggal tua.

Karena itu, untuk mengakalinya kamu disarankan untuk membuat menu makanan apa aja yang dapat membuatmu kenyang untuk sahur dan juga berbuka puasa.

Yang nantinya akan memudahkanmu untuk mengetahui biaya pengeluaran selama bulan puasa. Cara ini juga untuk menghindari kamu membuang-buang makanan.

3. Memasak

bulan-puasa
Memasak (nytimes)

Kalau di kosan mu terdapat dapur, gak ada salahnya memanfaatkannya untuk membuat makanan berbuka dan juga sahur.

Kamu juga perlu memasak makanan yang berlebihan, cukup yang sederhana dan mengenyangkan aja, yang penting perut terpuaskan.

Memasak tentu saja merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghemat uangmu setiap hari. Dibanding kamu harus membeli makan untuk sahur dan buka. Dengan memasak tentu saja akan lebih irit kan.

Gak bisa masak juga bukan menjadi alasan lho, pasalnya kini sudah banyak sekali tersedia resep makanan di internet. Jadi, kamu bisa menyonteknya dari situ kan?

4. Berburu takjil gratis

bulan-puasa
Berburu takjil gratis (inovasee)

Berburu takjil gratis juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran selama bulan puasa.

Sembari ngabuburit, kamu bisa berburu takjil gratis yang biasanya ditawarkan di masjid-masjid atau di jalan raya.

Gak ada salahnya kok berburu takjil gratis, justru seru dan menyenangkan karena kapan lagi kamu bisa dapat makanan gratis kalau bukan bulan puasa.

Selain itu, duitmu juga aman kan. Jadi gak perlu keluar duit lagi buat beli takjil setiap hari selama bulan puasa.

5. Kurangi ngabuburit

bulan-puasa
Kurangi ngabuburit (thewedding)

Ngabuburit bareng teman-teman tentu udah jadi hal yang selama bulan puasa. Meski menyenangkan, tapi tahukah kamu kegiatan berkumpul atau jalan-jalan menjelang waktu buka itu ternyata dapat membuat keuanganmu jadi boros lho.

Hal ini dikarenakan rasa lapar yang sedang melanda membuat kamu terasa kalap melihat jajanan, makanan dan minuman yang terpajang.

Itulah yang membuat kamu jadi pengin membeli semuanya hanya untuk memuaskan keinginan semata. Padahal belum tentu dihabiskan juga.

Karena itu, untuk menghemat pengeluaranmu sebaiknya kurangi beberapa ajakan teman-teman untuk ngabuburit ya.

Sesekali sih gak masalah, tapi kalau setiap hari. Duh, siap-siap aja kamu meringis melihat isi dompet.

Nah, itu dia lima tips hemat selama bulan puasa yang bisa dilakukan oleh anak kosan. Memang sah-sah aja sih gembira menyambut bulan puasa, tapi kamu juga gak bisa menjadikan itu sebagai alasan untuk menghabiskan uangmu dengan membeli makanan berlebihan. Selamat berpuasa ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →