5 Tokoh Kartun Ini Bisa Ngasih Pelajaran Finansial buat Anak Lho!

Pelajaran Finansial Buat Anak

“Aduuuh Icaaaa, kamu kok nonton film kartun terus sih nak. Kapan  belajarnyaa?” ujar Yani menegur anak bontotnya, Ica yang ssyik menonton film kartun di layar televisi.

Sebagai orangtua, wajar sih kalau kita bersikap seperti ibunya Ica. Melihat anak-anak asyik nonton film kartun, rasanya khawatir anak-anak gak mendapat ilmu yang bermanfaat. Betul gak?

Tapi, jangan terlalu cepat menghakimi. Coba kita juga ikut nonton dan dampingi mereka. Toh itu sudah jadi salah satu kewajiban kita kan? Terlebih lagi, ada kok nilai-nilai positif yang bisa dipetik dari tokoh-tokoh kartun. Termasuk yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan.

Sebagai orangtua cerdas, wajib tahu nih tontonan anak yang bisa memberikan edukasi finansial buat si kecil. Yuk disimak!  

1. Paman Gober (Donal Bebek)

Tahu karakter fenomenal Walt Disney, Donal Bebek? Nah, dalam cerita Donal Bebek, ada satu tokoh yang cukup legendaris, yakni Gober Bebek atau biasa dikenal dengan sebutan Paman Gober.

pelajaran finansial buat anak
Siapa yang gak mau banyak uang seperti Paman Gober? Kerja keras dong! (Paman Gober / blogspot)

Iya sih, Paman Gober memang identik dengan sifat pelitnya yang keterlaluan walau bergelimang harta. Tapi, tahu gak kalau kekayaan Paman Gober itu diperoleh bukan dengan jalan instan?

Ternyata, sedari kecil Paman Gober sudah mencoba mencari uang dengan menjadi penyemir sepatu. Singkat cerita Gober muda gak pernah menyerah dalam usahanya mengumpulkan rezeki. Hingga akhirnya dia menjadi penambang emas dan menjadi miliarder.

Gak ada salahnya meniru keuletan Paman Gober. Walau gagal berulangkali selama jadi penambang, ia selalu bangkit dan berusaha lebih keras lagi. Paman Gober juga pernah ditipu, kehabisan harta benda, hingga dipandang sebelah mata karena miskin lho! Ia bahkan pernah dikhianati oleh temannya sendiri.

Intinya, saat kita fokus, pantang menyerah, dan jujur, pasti suatu saat akan ada hasilnya.

2. Mr Krabs (Spongebob Squarepants)

Eugene H. Krabs atau yang sering dipanggil Mr. Krabs adalah pemilik restoran Krusty Krab, tempat Spongebob bekerja. Meskipun dia pelit dan mata duitan, banyak lho hal positif yang bisa ditiru oleh anak kita dari tokoh ini.

Sebagai entrepreneur, Mr. Krabs merintis bisnis restorannya dari nol. Kunci kesuksesannya adalah produk andalannya, Krabby Patties.

pelajaran finansial buat anak
Mr Krabs ternyata punya hal-hal positif yang bisa ditiru juga ya! (Mr Krabs / cartoonbucket)

Meskipun menjualnya dengan harga tinggi dan kadang menaikkan harga semena-mena, Krusty Krab gak pernah sepi pelanggan. Kenapa? Karena Krabby Patties-nya disukai semua orang, dan mereka pun rela bayar mahal buat seporsi menu tersebut.

Artinya, dalam bisnis, kualitas produk tetaplah nomor satu. Percuma punya strategi promosi yang jitu dan deretan sales yang handal. Kalau barang yang dijual jelek, sampai kapan pun gak akan pernah laku.

Mr. Krabs juga pernah dicemooh karena miskin lho. Beberapa profesi pun pernah ia geluti, salah satunya menjadi pembersih toilet di sebuah kapal perang.

Mr. Krabs mampu menunjukkan bahwa gak ada yang gak mungkin selama ada kemauan keras. Ia berhasil mengubah panti jompo menjadi restoran cepat saji yang menghasilkan keuntungan besar.

Gak hanya itu, Mr. Krabs juga pintar memanfaatkan peluang untuk mendapatkan uang. Asal tetap ingatkan anak ya untuk gak meniru sifatnya yang serakah dan culas.

3. Ned Flanders (The Simpsons)

Nah, kalau tokoh animasi yang satu ini bisa ditemukan dalam kartun populer asal Amerika Serikat, “The Simpsons”.

pelajaran finansial buat anak
Kalau suka nonton The Simpsons, coba perhatiin tokoh Ned Flanders yang ini nih! (Ned Flanders / twitter)

Mungkin banyak yang gak terlalu memperhatikan sosok bernama Ned Flanders ini. Dia adalah tetangga keluarga Simpsons yang bisa dibilang cukup santun dan dapat dijadikan teladan.

Apa yang bisa dipelajari dari karakter yang satu ini? Ned Flanders sangat pandai mengatur keuangan. Ini terbukti saat ia bekerja sebagai penjual produk-produk farmasi. Sebagian besar dari penghasilannya ditabung dengan rutin.

Hingga suatu saat Ned merasa tabungannya sudah cukup lalu ia berhenti dari pekerjaannya dan membuka bisnis sendiri, yaitu sebuah toko bernama “The Leftorium”. Toko yang berada di dalam Springfield Mall ini menjual berbagai macam kebutuhan untuk mereka yang melakukan aktivitas dengan tangan kiri alias kidal.

Hayo, berapa banyak dari kita yang sudah bisa menerapkan apa yang Ned lakukan? Bekerja lalu rutin menyisihkan sebagian besar gaji hingga bisa jadi modal untuk membuka usaha?

4. Burma (Dragon Ball)  

Tokoh fiksi yang satu ini berjenis kelamin perempuan. Yup, Burma dikisahkan sebagai putri dari seorang ilmuwan yang menciptakan Capsule Corp dalam serial anime dan manga populer “Dragon Ball”.

pelajaran finansial buat anak
Burma ini sudah cantik, kreatif juga lho! Kalau penasaran tonton saja film kartun Dragon Ball (Burma / pinterest)

Lalu, apa yang menarik dan bisa ditiru dari sosok Burma ini? Meskipun Capsule Corp didirikan oleh ayahnya, peran Burma gak kalah penting dalam kesuksesan perusahaan ini. Sebab, Burma juga merupakan insinyur dan inovator yang handal.

Dalam “Dragon Ball”, banyak penemuan Burma yang sangat bermanfaat bagi tokoh-tokoh lain dalam cerita. Mulai dari Dragon Radar yang bisa mendeteksi sinyal Dragon Ball, sampai mesin waktu yang digunakan untuk menyelamatkan dunia.

Pesan moralnya nih, kalau mau jadi pebisnis sukses, ajarkan anakmu untuk meniru karakter Burma yang gak pernah berhenti berinovasi. Karena dengan inovasilah, bisnismu bisa bertahan dalam jangka panjang.

Tanya Lifepal - Untuk Pertanyaan Keuanganmu
Apakah poin-poin omnibus law cipta kerja (ciptaker) yang perlu diketahui karyawan?Di wilayah kantor saya sering sekali dengar tentang ramai nya perbincangan omnibus law akhir-akhir ini. Penasaran aja, apa sih poin-poin penting untuk kita para karyawan?Dijawab : Rieke Caroline, SH, MKn.

5. Misae Nohara (Crayon Shin-chan)  

Siapa sih yang gak ngakak saat melihat kelakuan bocah lima tahun Shinnosuke “Shin-chan”  Nohara dalam kartun “Crayon Shin-chan”?

Dalam serial TV animasi Jepang ini, ibu Shin-chan, yaitu Misae Nohara digambarkan sering dibuat kesal oleh tingkah laku konyol Shin-chan. Tak jarang, mereka berdua menjadi tokoh utama di setiap episodenya.

Misae Nohara adalah seorang ibu rumah tangga yang harus mengurus dua anak, yaitu Shin-chan dan Himawari. Salah satu sifat yang menonjol dari Misae selain sifat pemarah adalah kegigihannya dalam menghemat pengeluaran keluarga.

Dalam cerita, Misae ini sangat up-to-date lho dengan info-info seputar diskonan. Gak hanya diskonan yang berkaitan dengan barang-barang kebutuhan pribadinya sebagai perempuan, tapi juga kebutuhan rumah tangga.

pelajaran finansial buat anak
Bisa ditiru nih kegigihan Misae Nohara dalam mendapatkan barang diskonan (Misae Nohara / tuxedounmasked)

Kegigihannya demi memperoleh barang-barang yang serba diskon atau sale besar-besaran patut diacungi jempol. Karena Misae seringkali harus berjibaku sambil tetap membawa kedua anaknya. Sifatnya yang satu ini bisa kamu jadikan contoh buat si buah hati. Tiap mau boros urusan rumah tangga, ingat Misae!

Nah, ternyata banyak nilai-nilai positif tentang keuangan yang bisa dipelajari kan dari film-film kartun? Gak selalu kok yang namanya keuangan itu hanya bisa dipelajari dari buku atau seminar-seminar formal nan membosankan.

Jadi jangan negatif dulu ya saat anak-anak kita suka nonton film kartun. Dampingi dan cari deh nilai-nilai edukasi yang bisa kita ajarkan. Ingat, yang diambil nilai-nilai positifnya aja ya. Tetap ingatkan anak untuk tinggalkan sifat-sifat buruk tokoh kartun yang disebutin di atas.

Kegiatan belajar pun pasti lebih menyenangkan lewat serial kartun favoritnya, kan?

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Terapkan 4 Kebiasaan Anak Ini Sejak Dini Agar Sukses Keuangan dan Karier]

[Baca: 7 Film Tentang Mereka yang Berulangkali Gagal Lalu Sukses]

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

[Baca: Belajar Keuangan Dari 10 Film Ini]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →