Alasan Management Trainee Jadi Incaran Fresh Graduate

management trainee

Buat kamu para fresh graduate pasti mengetahui lowongan pekerjaan bernama Management Trainee atau yang sering disebut dengan MT. Beberapa tahun belakangan ini memang banyak perusahaan dalam negeri maupun internasional yang membuka posisi Management Trainee.

MT adalah sebuah jalur akselerasi bagi para pencari kerja yang pengin jenjang karirnya cepat naik dalam periode beberapa tahun aja. Setiap perusahaan memiliki nama program serta kebijakannya masing-masing yang berbeda. Selama mengikuti program ini kita akan dilatih untuk menjadi tenaga kerja yang ahli mengerjakan suatu hal.

Untuk mencari pekerjaan yang tepat, umumnya kamu akan diputar di beberapa departemen guna mengetahui pola kerja seperti apa yang cocok dengan kemampuan. Namun, yang paling sering dicari adalah bagian marketing atau sales, sebab kursi itu merupakan ujung tombak dari sebuah perusahaan untuk mencari keuntungan.

Selain menjalani profesi Management Trainee, kamu bisa mencoba profesi-profesi lain dengan gaji yang cukup menggiurkan dan waktu kerja lebih fleksibel, beberapa contoh di antaranya berbisnis online, dan menjadi agen asuransi. Bahkan, beberapa bisa menghasilkan pendapatan sampai Rp30 juta per bulan!

Jika kamu masih mau menjajal peruntungan sebagai Management Trainee, berikut ini alasan yang membuat MT menjadi incaran banyak fresh graduate:

1. Gajinya terbilang tinggi

Untuk posisi Management Trainee ini seorang fresh graduate akan mendapatkan gaji yang tergolong tinggi dibandingkan posisi lainnya. Rata-rata gaji posisi ini di sebuah perusahaan berada di kisaran Rp5 juta sampai Rp10 juta per bulan.

Angka tersebut belum termasuk tunjangan yang diberikan selama proses pelatihan berlangsung. Jumah tersebut berpotensi naik jika kamu berhasil lulus dari program itu lho, demikian seperti dikutip dari Glints.

Tips Lifepal! Banyak perusahaan mencantumkan nilai gaji berupa Gaji Kotor yang masih harus dipotong pajak. Nah, untuk mengetahui dengan cepat berapa jumlah Gaji Bersih kamu setelah dihitung pajak dan take home pay bulanan, kamu bisa menghitungnya langsung dengan Kalkulator Gaji Bersih dari Lifepal!

2. Tunjangan yang memadai

Bukan cuma gaji yang tinggi, berbagai tunjangan bagi para fresh graduate juga menanti di depan mata.

Bukan tunjangan hari raya yang biasa diberikan, bila kamu mendapatkan penugasan diluar kota selama beberapa bulan bakal dapat tunjangan tempat tinggal serta uang makan yang sangat cukup.

3. Jenjang karier lebih pasti

Kalau kamu bekerja tanpa melalui program Management Trainee gak ada yang bisa memastikan bahwa kamu akan naik jabatan dengan pasti dalam periode waktu tertentu. Sebaliknya, di MT kamu akan disiapkan tempat khusus bila berhasil lolos program tersebut.

Bisa menjadi asisten manajer atau bahkan menjadi manajer sekalipun jika prestasi yang kamu raih mampu memuaskan para manajemen perusahaan. Menarik bukan menjadi manajer di usia muda?

4. Berbeda dengan magang

Walaupun sama-sama belajar, tapi yang membedakan antara Management Trainee dan magang adalah di sini kamu memiliki status layaknya karyawan tetap. Jadi kamu gak perlu terlalu khawatir mengenai masa depan.

Setelah melalui masa belajar yang umumnya sekitar 1 sampai 2 tahun, kamu akan diberikan sebuah kontrak untuk memperpanjang masa bakti bekerja. Jadi pilihannya ada di tangan kamu.

5. Bekerja sesuai minat

Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, MT akan memberikan kesempatan bagi kamu untuk mencoba berbagai macam departemen yang dirasa cocok sesuai minat dan bakat. Jadi setiap beberapa bulan kamu akan dievaluasi kinerjanya dan bisa melihat di departemen apa yang paling produktif bekerja.

Gak ada lagi deh nanti alasan resign karena pekerjaannya gak sesuai sama apa yang diinginkan sama kamu.  

6. Mengasah kepemimpinan

Di kursi pekerjaan formal, kamu hanya akan mengerjakan apa yang menjadi tugas kamu aja. Jadi bisa dikatakan soft skill seperti kemampuan kepemimpinan akan kurang terasah dengan baik.

Nah di posisi Management Trainee kamu akan dilatih gak cuma dari sisi kemampuan sesuai job desk aja, tapi juga kemampuan kepemimpinan dalam mengatur bawahan.  Poin bonus ini akan kamu rasakan manfaatnya dalam beberapa tahun ke depan ketika udah punya pengalaman dan akan diberikan kepercayaan untuk memimpin sebuah tim.

Itulah 6 alasan seorang fresh graduate mengincar posisi Management Trainee di sebuah perusahaan. Bukan sekadar gaji yang gede bisa didapatkan, tapi juga jenjang karier sampai kemampuan kepemimpinan bakal terjamin dengan baik. 

Buat kamu yang masih belum paham dan mau tahu lebih lanjut seputar Management Trainee, dapat tanyakan langsung ke ahli melalui Tanya Lifepal. Para ahli kami siap menjawab pertanyaan sekaligus mencarikan solusi.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →