6 Aplikasi Buat Traveling Buat Yang Pengin City Hopping di Indonesia

Sebelum era smartphone, keliling kota-kota di Indonesia terdengar kayak ide yang ribet banget. Bukan cuma repot ngatur itinerary, tapi segala macam akomodasinya. Tapi lain dulu lain sekarang.

Dewasa ini, keliling Indonesia bahkan dunia bisa diatur dalam genggaman tangan. Mau pergi 2, 3, 8 atau 12 bulan lagi? Tinggal buka aplikasi untuk booking tiket pesawat dan kamar hotel, sambil browsing destinasi untuk menyusun rencana perjalanan.

[Baca: Modus Hemat Terbang Keliling Asia Tenggara dalam 30 Hari, Gak Nyampe Rp 2 Juta!]

Buat kamu yang punya cita-cita city hopping di Indonesia, coba simak 6 aplikasi buat traveling di smartphone ini. Jelas bakal lebih memudahkan dan bikin pengalaman travelingmu makin seru.

 1. Couchsurfing

Jika sedang malas atau pengin menekan budget buat menginap di hotel, gunakan saja aplikasi ini. Couchsurfing memungkinkan kita ‘bertemu’ dengan jutaan travel enthusiasts yang siap menyediakan tempat menginap di berbagai kota. Gratis!

aplikasi buat traveling
Couchsurfing bukan buat berselancar pakai sofa lho ya, tapi aplikasi buat bertemu teman yang bisa menyediakan tempat tinggal sementara selama liburan

Cara memakainya tergolong mudah jika kamu udah terbiasa dengan sosial media. Tinggal daftarkan e-mail dan isi data diri kamu, beres!

Setiap host yang menyediakan tempat menginap memiliki testimoni yang diberikan pengguna lain yang dilengkapi dengan rating. Jadi kamu bisa menilai karakter calon host dulu sebelum janjian.

 2. Skyscanner

Skyscanner memungkinkan kamu buat mencari tiket pesawat termurah tanpa ribet dengan fitur ‘Bulan Termurah’. Jika kamu memilih fitur ini, Skyscanner akan menampilkan di bulan apa tiket pesawat yang sedang murah-murahnya.

aplikasi buat traveling
Mau naik pesawat tapi kepentok bujet yang nggak gede-gede amat, coba cari tiket pakai Skyscanner

Selain itu, buat kamu yang pengin menekan bujet dan belum tahu mau pergi kemana, Skyscanner memiliki fitur ‘Mana Saja’. Fitur ini otomatis akan menunjukkan tujuan mana yang harga tiket pesawatnya termurah.

[Baca: Sssst… Ini Dia Trik Dapat Tiket Pesawat Termurah Buat Keliling Dunia]

 3. World Explorer – Travel Guide

Kalau bingung menentukan tujuan wisata di suatu kota, pakai saja World Explorer – Travel Guide. Aplikasi ini menyediakan semua informasi yang kamu perlukan tentang situs-situs wisata terbaik di seluruh dunia.

aplikasi buat traveling
World Explorer Travel Guide memiliki panduan wisata lengkap yang bisa membantu kamu menentukan tujuan

Nggak perlu takut kesasar, aplikasi ini udah terintegrasi dengan Google Maps kok, jadi tinggal capcus aja. Selain menyediakan navigasi, World Explorer – Travel Guide juga menyediakan informasi soal sejarah dan gambar. Jadi selain menikmati pemandangan sebuah tempat, kita juga dapat mengetahui cerita di balik atraksi tersebut.

 4. HostelWorld

Kalau jalan-jalan pas peak season dan susah nyari hotel, coba aja cari hostel dengan aplikasi HostelWorld. Hostel ini sebenernya mirip dengan losmen, tapi kebanyakan memakai tempat tidur bertingkat. Tapi jangan khawatir, kenyamanan tetap nomor satu.

aplikasi buat traveling
Kehabisan hotel gara-gara liburan pas peak season, coba deh menginap di hostel

Dengan aplikasi ini, pemesanan jadi mudah dan cepat. Kamu juga bisa menilik layanan dan lokasinya dengan Google Maps.

[Baca: Pilihan Kota di Luar Jakarta Habiskan Liburan Akhir Tahun, Berbudget Rp 2 Juta]

 5. KAI Access

Kehabisan tiket pesawat, kereta api bisa jadi pilihan cerdas yang bebas macet. Karena ini salah satu moda transportasi favorit masyarakat, biasanya tiket bakalan ludes dalam hitungan jam. Terlebih lagi saat musim liburan.

 

aplikasi buat traveling
Pakai aplikasi KAI Access jadi nggak perlu capek-capek mengantre di konter tiket (Sumber gambar: www.VirusTravelling.com)

Makanya, kamu harus nge-booking tiket jauh hari sebelum keberangkatan. Dengan aplikasi ini, nge-booking tiket udah nggak perlu lagi dengan mengantre di counter stasiun. Pembayaran bisa dengan dilakukan dengan mobile banking, ATM atau e-banking, dan bahkan di minimarket terdekat.

[Baca:Bisa Buat Bayar BPJS sampai Tiket Kereta, Apa Keuntungan Franchise Minimarket di Indonesia?]

 6. TripAdvisor

Punya aplikasi TripAdvisor di smartphone-mu ibarat punya penasihat liburan pribadi yang tahu tempat-tempat yang recommended. Kalau kamu bingung menentukan tempat makan, hotel atau tempat wisata, buka aja TripAdvisor.

 

aplikasi buat traveling

Mau cari tempat makan atau tujuan wisata tapi takut nggak sesuai harapan, cek dulu pakai TripAdvisor

Disitu kamu bisa melihat tempat-tempat oke berdasarkan rekomendasi dan rating yang diberikan oleh pengguna lain. Jadi sebelum menjajal suatu tempat, ada baiknya cek TripAdvisor dulu, gimana pengalaman pengguna lain sebelumnya di tempat itu. Review-nya murni dari orang-orang asli!

Nah, kalau semua aplikasi buat traveling tersebut sudah diunduh, siapkan bujet dan kopermu. Jangan lupa juga buat beli asuransi perjalanan. Biar pikiranmu makin tenang selama liburan.

[Baca: Jangan Ge-er Dulu, Asuransi Perjalanan Terbaik Pun Nggak Mengkover 5 Hal Ini]

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis