6 Bisnis Dropship yang Menarik Bikin Kamu Untung Banyak

bisnis dropship yang menguntungkan

Punya bisnis dropship bisa dikerjakan di mana saja dan memang menggiurkan sih. Apalagi saat kondisi pandemi corona yang gak tahu kapan akan berakhir seperti ini, pasti butuh tambahan untuk bertahan hidup.

Tapi, kadang kepikiran juga soal modalnya, iya gak sih? Gak perlu khawatir, kalau kamu gak punya modal banyak, kamu bisa lho coba-coba bisnis dropship. Bisa dijalankan di mana saja lagi dan kamu gak perlu keluar modal untuk beli stock barangnya. 

Enaknya lagi, bisnis dropship bisa dilakukan di mana saja lewat smartphonemu. Cocok untuk kamu yang kerjanya mobile dan tentunya gak menghabiskan waktu banyak. 

Kamu cuma tinggal cari calon pembeli saja yang bisa kamu dapatkan lewat postingan media sosial atau buka akun sendiri di e-commerce seperti Shopee atau Tokopedia. Biar lebih lengkap simak ya penjabaran soal bisnis dropship ini. 

Apa sih bisnis dropship?

Bisnis dropship adalah bisnis yang melibatkan orang ketiga yakni dropshipper yakni kamu sendiri sebagai mediator antara pembeli dan penjual.

Sebagai dropshiper, kamu akan menawarkan barang yang merupakan dagangan dari penjual A. Kemudian, kamu bisa mengambil keuntungan dari barang yang akan kamu jual. 

Memang, sekilas pekerjaan sebagai dropshiper ini mirip sama reseller, padahal beda, lho! Kalau reseller tentu harus menyediakan stok barang yang akan dijualnya, biasanya penjual pun akan memberikan jumlah barang minimum yang harus dibeli sebagai syarat menjadi reseller. Reseller juga harus mengirimkan barang ke alamat pembeli satu per satu.

Nah, kalau dropshipper, gak perlu membeli stock barang yang akan dijual. Dropshipper tinggal memberi tahu penjual untuk mengirimkan barang ke pembeli atas nama dropshipper. Jadi, seolah-olah yang mengirim barang tersebut adalah dropshiper. Padahal, dropshipper hanya mempromosikan dan menjembatani antara pembeli dan penjual. 

Bisnis dropship ini banyak diminati, lho! Apalagi kamu gak perlu mengeluarkan banyak modal. Cukup rajin-rajin posting saja di media sosial biar banyak orang yang membeli.

Keuntungan bisnis dropship

Kalau kamu masih ragu, kamu wajib tahu nih keuntungan kalau kamu bisnis dropship. Gak cuma modalnya yang sedikit, tapi juga bisa untung besar. 

Modal sedikit

Modal utama untuk bisnis dropship cuma smartphone dan koneksi internet saja, lho! Sisanya, kamu tinggal mempromosikan barang jualanmu di media sosial. Kalau ada yang mau beli, kamu tinggal memberi tahu penjual untuk mengirimkan barangnya pada pelangganmu.

Gampang, kan? Kamu gak perlu stok barang dagangan. Jadi, kamu tinggal menerima keuntungan dari selisih harga asli dan harga barang yang kamu jual saja. 

Fleksibel dan mudah dijalankan

Keuntungan lain berbisnis secara dropship yakni bisa dilakukan di mana saja. Saat kamu sedang naik kereta atau menunggu teman di kafe, kamu bisa tetap sambil berjualan. Kamu pun gak tergantung pada jam kantor yang kaku karena bisa dilakukan setiap saat.

Untuk ibu rumah tangga, bisnis ini cocok banget, lho! Kapan lagi bisa bisnis dengan keuntungan besar sambil mengurus anak dan mengurus rumah. Fleksibel banget, kan?

Barang yang dijual banyak

Enaknya bisnis dropship, kamu bisa menjual banyak barang, gak cuma spesifik di satu barang aja. Kamu jadi bisa menyesuaikan barang yang diminati pembeli. Misal lagi viral lipstik dengan warna nude, kamu bisa mencoba menjual lipstik nude tersebut.

Tapi, sebaiknya maksimal 2 produk utama, misal makeup dan skincare. Jadi, saat pembeli membeli skincare kamu bisa sekaligus menawarkan makeup pada mereka. 

Bisnis dropship menguntungkan 2020

Sudah mulai tertarik buat jadi dropshiper? Kamu bisa mencobanya dengan beberapa ide bisnis dropshipper yang menguntungkan di tahun 2020 ini. 

Bisnis makeup dan skincare

Bisnis makeup dan skincare pasti gak akan ada sepinya, apalagi kebutuhan makeup dan skincare untuk perempuan banyak banget. Seperti skincare yang stepnya bisa sampai step 10, begitu juga makeup, mulai dari bedak, eyeshadow, hingga lipstik.

Kamu bisa menjadi agen dropship untuk skincare atau makeup dari Korea, karena makeup dan skincare dari Korea ini pasti sangat terbatas dijual di Indonesia. Pasti keuntungan yang kamu dapatkan akan banyak.

Bisnis makanan sehat

Sekarang, gak sedikit orang yang sudah mulai melek soal kesehatan. Salah satunya ya makanan sehat. Apalagi banyak yang sekarang mencoba buat diet, jadi kamu bisa nih jadi dropshipper makanan sehat untuk teman atau followersmu yang lagi program diet.

Baju kekinian

Selain makeup dan skincare, baju juga salah satu barang wajib buat perempuan yang harus dibeli tiap bulannya. Kamu bisa nih jualan baju kekinian yang lagi hits yang dipakai sama influencer. Contohnya kayak piyama-piyama kekinian dengan model yang lucu.

Kalau kamu bisa memilih model yang lucu dan sesuai target pasar, dijamin baju jualanmu akan laris dalam hitungan jam saja, bahkan mungkin ada yang sampai waiting list

Selain baju, kamu bisa juga menjual aksesori yang disukai perempuan, seperti pin untuk hijab, kacamata, dompet, hingga tas yang modelnya unik dan lucu. 

Printilan barang kosan kekinian

Kamu pasti sering melihat di timeline sosial media  soal orang yang mendekor kamarnya ala-ala drama korea. Gak sedikit para mahasiswa atau pekerja kantoran yang ingin menyulap kamar kostnya jadi tempat yang nyaman. 

Kamu bisa menjual printilan barang kosan lucu seperti sprei dengan motif minimalis unik, meja belajar, kursi belajar, hingga lemari kekinian. Kamu bisa juga menjual pernak-pernik cantik seperti sukulen, pajangan foto, hingga lampu tumblr khas kamar ala-ala drama korea.

Produk bayi

Yang gak kalah menggemaskan adalah produk-produk bayi seperti baju, sepatu, hingga peralatan MPASI. Meskipun target pasarnya untuk ibu-ibu, tapi jangan salah, permintaan konsumen untuk produk bayi ini termasuk tinggi, lho! 

Dilansir dari niagahoster, nilai perputaran uang pada produk bayi bisa mencapai Rp 88,1 triliun, fantastik bukan? Jangan lupa untuk menawarkan barang-barang yang lucu sesuai target pasarmu, ya!

Kelengkapan rumah tangga

Salah satu produk terlaris yang kekinian yakni produk-produk rumah tangga. Apalagi untuk ibu rumah tangga baru, biasanya mereka akan tergiur untuk membeli piring-piring lucu, utensil dengan warna pastel hingga panci dengan bahan granit yang kekinian. 

Kamu bisa mencari produk-produk lucu ini dan menawarkannya di sosial mediamu. Dijamin banyak yang akan membeli. 

Tips menjadi dropshipper untuk pemula

Kalau kamu pemula dan merasa ilmunya masih kurang atau takut ditipu, kamu bisa membaca tips menjadi dropshipper untuk pemula seperti ini. 

Memilih supplier yang tepat

Untuk produk yang sudah disebutkan di atas, pasti banyak supplier yang ingin kamu pilih. Tapi, jangan asal dan harus berhati-hati, ya. Setidaknya kamu harus membaca review dari para pembeli serta mengetahui keaslian produk mereka. Jangan sampai tertarik karena mereka menawarkan harga yang murah, tapi barang yang dijual ternyata KW. Malah akan merugikan dirimu sendiri, bukan?

Kamu juga wajib menanyakan soal biaya harga yang dijual, apakah harga sudah termasuk ongkir atau ada tambahan yang lainnya serta metode pengiriman yang mereka jalankan.

Yang paling penting, kamu juga harus mengecek bagaimana mereka memberikan jaminan jika barang yang dikirim ternyata rusak. Hal ini dilakukan tentu untuk melindungi konsumen. 

Melakukan kerjasama dan menentukan harga jual

Jika sudah cocok dengan salah satu supplier, kamu bisa langsung  mengontak untuk bekerja sama. Selain itu, kamu juga bisa membicarakan kesepakatan harga, misal kamu hanya mengambil untuk Rp 3-10 ribu saja. Jangan sampai kamu merusak harga di pasaran, ya.

Menentukan brand dan mempromosikan produk

Setelah semua kerjasama sudah deal, kamu tinggal menentukan nama brand yang akan kamu jual di social media. Selain itu, kamu pun harus membuat strategi agar jualanmu dikenal orang dan laris manis. 

Kamu juga harus menentukan syarat dan ketentuan, misalnya soal pembayaran harus transfer melalui rekening apa hingga pengiriman estimasi berapa hari agar konsumen yakin dan percaya.

Tapi ingat ya, berbisnis bukan hanya tentang menghasilkan uang, tapi juga mengontrol dan menghemat pengeluaran, ini termasuk juga mengontrol resiko. Asuransi adalah salah satu solusi untuk mengontrol resiko pengeluaran berlebih, baik dari segi pengeluaran medis, properti, maupun kendaraan. Jangan sampai terlalu sibuk berbisnis sampai lupa malah bikin kantong jebol karena sakit!

Nah itu dia beberapa informasi menarik soal bisnis dropship yang kamu bisa coba. Semoga bisa untung besar, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →