Ada yang Sampai Rp500 Juta, Ini Gaji Chef Terkenal di Indonesia

chef terkenal di indonesia

Mungkin banyak yang bertanya-tanya berapa pendapatan chef terkenal di Indonesia. Gaji chef sendiri terbilang cukup besar meskipun akan berbeda tergantung kelas hotel atau restoran tempat mereka bekerja. Tentunya, semakin berbintang dan bagus tempatnya, akan makin besar pula gaji chef. Angkanya berkisar di Rp2 jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Beda lagi kalau penghasilan chef yang bekerja di hotel berbintang dan merupakan lulusan luar negeri. Dalam sebulan, mereka bisa meraup Rp10 juta hingga Rp25 juta per bulan. Angka ini belum termasuk insentif dan uang lembur.

Lalu, bagaimana dengan penghasilan chef terkenal di Indonesia yang berkiprah di Youtube dan sharing ilmu masak ke netizen. Ternyata, penghasilan mereka pun bisa meningkat drastis!

Berdasarkan informasi di Social Blade, penghasilan para celebrity chef Indonesia ini gak main-main lho. Wajar saja, konten mereka memang sangat membantu netizen yang lagi getol-getolnya belajar masak, atau iseng nyari referensi resep masakan.

Akan tetapi, gak semua chef kondang ini bisa sukses di Youtube lho. Malah ada yang sebaliknya!

Ingin tahu berapa penghasilan para chef ngetop ini dari Youtube? Mari simak ulasannya yuk.

1.  Lucky Andreono

Lucky adalah jebolan Masterchef 2011 yang tampil sebagai jawara. Dia pun merupakan founder dari Lucky Grilled Ribs. 

Menurut informasi di Wikipedia, chef terkenal di Indonesia ini kabarnya sudah suka masak sejak masih duduk di bangku SD. 

Sayangnya, di Youtube Lucky memang kurang bersinar. Akun Youtube pribadi yang dibuat tahun 2012 ini, sekarang memiliki 1.310 subscriber dengan rata-rata viewers 37,628 views.  

Dari Youtube, gaji chef Lucky Andreono tidak terlalu banyak, bahkan kurang dari Rp1 juta.

2. Desi Trinawati

Perempuan asal Bangka ini adalah jawara MasterChef Indonesia Season dua. Selain aktif sebagai presenter sekaligus chef di salah satu acara di DAAI TV, Desi menduduki kursi direktur di salah satu hotel lho.

Bicara soal Youtube, sayang sekali nih, Desi memang kurang rajin posting. Subscriber-nya hanya 7240 saja. 

Menurut Social Blade, dalam setahun penghasilan Desi berkisar $2  –  $26. Namun bisa jadi Desi memang kurang fokus di dunia maya karena kesibukannya sebagai chefpreneur.

3. Ririn Marinka

Perempuan bernama lengkap Maria Irene Susanto yang lahir pada 22 Maret, 38 tahun silam memang salah satu lulusan Completed Grand Diploma of French Cuisine & Pattiseire Le Cordon Bleu Sydney, Australia.

Chef terkenal di Indonesia ini sempat menjadi juri di MasterChef Indonesia.

Ada yang Sampai Rp500 Juta, Ini Gaji Chef Terkenal di Indonesia
Ada yang Sampai Rp500 Juta, Ini Gaji Chef Terkenal di Indonesia

Selain jadi entrepreneur, Chef Marinka sendiri juga cukup aktif di Youtube. Berbekal 220 ribu subscriber, gaji chef Ririn Marinka mencapai US$165 per bulan atau Rp2 jutaan per bulan. 

4. Arnold Poernomo

Pria yang akrab disapa Chef Arnold ini juga tenar karena menjadi juri di MasterChef, menggantikan chef Juna Rorimpandey. Arnold juga berpartner dengan putra Presiden Joko Widodo (Kaesang dan Gibran) dalam mendirikan resto Mangkokku.

Berbekal hobi masak sejak kecil, lambat laun pria asal Surabaya kelahiran 1988 ini pun sukses dengan hobinya.

Akun Youtube Chef Arnold juga sudah memiliki 2,5 juta lebih subscriber di tahun 2021. Tentu saja, penghasilan sebaga chef Youtuber pun sangat fantastis yakni mencapai US$ 35.100 atau Rp500 jutaan dalam sebulan. 

5. William Gozali

Pemenang MasterChef 3 yang juga menyabet gelar The Next MasterChef Indonesia ini, memang sering menyajikan tutorial masak hidangan dari yang mudah hingga ribet.

Tapi bisa dibilang, tutorial masak WillGoz ini memang terbilang cukup jelas. Pasalnya, video yang dia sajikan dalam channel-nya WillGoz Kitchen ini memang detail step by step-nya.

Bicara soal akun Youtube, chef yang selalu tampil nyentrik ini memiliki 1,4 juta subscriber di tahun 2021. Gaji chef WillGoz dari Youtube pun tak main-main, bisa mencapai US$ 24.300 atau Rp350 juta per bulan! 

6. Rudy Choirudin

Siapa yang gak kenal sama chef legendaris Indonesia ini. Sejak tahun 1990-an, om Rudy sudah terkenal dengan demo masaknya di televisi yang selalu jadi inspirasi ibu-ibu.

Hingga kini, nama Rudy juga sangat dikenal masyarakat mesti dirinya gak pernah jadi juri di MasterChef. 

Selama ini, Rudy selalu tampil di dua akun Youtube. Pertama adalah Rasa Sayange yang juga ditayangkan di MNC TV pukul 08.00 dan Rudy Dan Sahabat yang tayang di RCTI setiap hari Minggu pukup 07.30.

Sayangnya, gak ada informasi soal siapa yang mengelola akun itu di Youtube. Apakah dari stasiun televisi atau Rudy secara pribadi.

Namun kalau bicara monetisasi Youtube, akun Rudy Dan Sahabat TV bisa menghasilkan uang sebesar US$ 2.400 atau Rp 33 jutaan. Sementara itu Rasa Sayange TV, bisa sampai US$ 3 ribu atau Rp 42 juta. Semuanya berdasarkan informasi pada 11 Desember 2019.

Intinya, siapapun yang memegang akun Youtube ini, cuannya pasti gede karena keberadaan om Rudy Choirudin. 

Itulah deretan gaji chef terkenal di Indonesia lewat Youtube. Rata-rata dari mereka tentunya gak punya banyak postingan, tapi berhubung videonya adalah “tutorial” maka penonton pun sering memutar ulang video mereka.

Ada yang Sampai Rp500 Juta, Ini Gaji Chef Terkenal di Indonesia
Ada yang Sampai Rp500 Juta, Ini Gaji Chef Terkenal di Indonesia

Yang patut kamu ketahui juga, gak semua dari mereka juga sukses di Youtube lho. Kalau kamu punya pertanyaan terkait perencanaan keuangan lainnya sekaligus mendapatkan berbagai tips mengelola kebutuhan finansial, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Pertanyaan seputar gaji chef terkenal di Indonesia