6 Fakta Guztav Magnar Wiztoe, Orang Muda Terkaya di Dunia Ke-3

orang muda terkaya di dunia

Bicara soal siapa orang muda terkaya di dunia versi Forbes, bakal keluar tiga nama dan salah satunya adalah Guztav Magnar Wiztoe awal Norwegia. Pria berusia 25 tahun ini menduduki posisi ketiga orang muda terkaya di seluruh dunia.

Guztav sebetulnya berada di bawah orang muda terkaya nomor satu dan dua, kakak beradik Alexandra dan Katharina Andersen yang juga berasal dari Norwegia.

Tapi kisah orang muda terkaya di dunia nomor satu dan dua ini gak gitu seru buat dibahas. Soalnya, mereka cuma dapat warisan dari orangtuanya yang merupakan orang terkaya di negaranya. Dan sampai detik ini, gak ada informasi seputar bisnis apa yang dijalankan kedua kakak beradik itu.

So, balik lagi ke Guztav  Magnar Wiztoe nih.

Pada kesempatan kali ini kita bakal kupas tuntas siapa dia, gimana bisa dia jadi kaya, dan apa terobosan yang bakal dia lakukan ke depan. Intinya nih, walau lahir kaya, pria yang badannya penuh tato ini gak terlena sama duit. Dia bisa jadi inspirasi buat kamu atau para anak muda.

Langsung aja, berikut fakta Wiztoe yang harus kamu ketahui.

1. Udah tajir ketika berusia 19 tahun

Gustav Magnar Wiztoe jadi kaya juga berkat ayahnnya, Guztav Wiztoe. Pada tahun 2013, lebih tepatnya saat Magnar Wiztoe berusia 19 tahun, dia menerima hadiah berupa saham perusahaan ayahnya yang didirikan pada 1991 silam, SalMar.

Keputusan sang ayah ternyata bikin putranya jadi salah satu orang muda terkaya di dunia. Tapi hal itu bukan tanpa pertimbangan lho. Magnar Wiztoe diberikan jabatan khusus di perusahaan tersebut. So, bisa dibilang di usia 19 tahun itu dia udah kerja di kantor dan belajar mengelola perusahaan besar milik sang ayah.

2. Kekayaannya Rp 40 triliun

Pada 24 April 2018, Forbes mencatat bahwa total kekayaan Wiztoe ada di angka US$ 9,1 alias Rp 40 triliunan! Gak heran kalau Wiztoe selalu tampil glamor dan flamboyan.

Kalau kamu kepoin akun Instagram orang muda terkaya di dunia nomor tiga ini, kamu pasti berpikir kalau dia adalah model atau penyanyi. Dia suka pesta, jalan-jalan, dan punya gaya hidup berkelas. Wiztoe juga sering kedapatan berfoto dengan penyanyi-penyanyi papan atas.

Hal ini jelas berbanding terbalik sama founder Facebook Mark Zuckerberg. Walaupun juga masih muda dan kaya, Zuck malah gak tampil glamor.

3. Kaya karena ikan Salmon

Di poin pertama disebutkan bahwa Wiztoe diberikan saham perusahaan ayahnya yaitu SalMar. Apa sih sebenarnya usaha yang digeluti SalMar?

SalMar adalah perusahaan perikanan terbesar di dunia yang produk andalannya adalah ikan Salmon. Sampai sekarang, perusahaan itu emang masih dipimpin ayahnya. Tapi Wiztoe menguasai 53 persen saham SalMar lho. Itu artinya dia bakal jadi pengelola perusahaan di masa depan.

Dan asal kamu tahu nih, bisnis perikanan adalah bisnis yang paling moncer di Norwegia. Pada tahun 2016, SalMar berhasil memproduksi nyaris 130 ribu ton daging salmon. Pada tahun 2017, SalMar membangun tempat budidaya salmon off shore alias lepas pantai pertama di dunia.

4. Jadi investor di perusahaan startup dan real estate

Forbes juga melaporkan bahwa pria yang kekayaannya baru aja terkerek dari US$ 1,9 ke US$ 2,9 triliun ini adalah seorang investor di bidang teknologi dan real estate. Forbes sendiri gak menyebutkan di mana investasi Wiztoe.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Namun menurut Business Insider, Wiztoe memiliki investasi pada Gobi, aplikasi sejenis Snapchat versi Norwegia. Selain Gobi, ada pula Keybutler yang kini berafiliasi dengan Airbnb.

5. Walau diwarisi kekayaan, dia gak lahir kaya

Orang ini sebetulnya gak lahir kaya lho. Kemapanan itu benar-benar diraih oleh berkat kerja keras sang ayah.

Kalau dipikir-pikir nih, pada 1993 saat Wiztoe lahir, perusahaan SalMar masih berumur dua tahun. Apakah perusahaan itu udah mencetak laba besar atau belum, gak ada yang tahu.

Namun SindoNews yang merangkum kisah hidup Wiztoe memberitakan bahwa ayah Wiztoe pernah jadi mekanik sebelum punya bisnis. Kalau ayahnya mekanik, perjuangan bisnisnya pasti mati-matian.

6. Gak narsis di media

Bisa dibilang, Gustav Magnar Wiztoe adalah orang yang minim pemberitaan di media. Walaupun terlihat narsis di Instagram, dia ga pernah kedapatan berbicara pada media dalam wawancara khusus dan sebagainya.

Bedalah ya sama anak muda kaya di Indonesia. Mereka cenderung sering diberitakan dan diwawancarai oleh media.

Sah-sah aja sih sebenarnya buat gak terlalu sering nongol di media. Mungkin dia emang sibuk mengrus bisnis dan gak ada waktu lagi buat kerjakan yang lain.

So, itu tadi enam fakta tentang orang muda terkaya di dunia urutan ketiga. Kelihatannya enak ya dapat warisan dan jadi salah satu orang terkaya. Tapi Wiztoe tampaknya pengin mematahkan komentar negatif publik soal hasil kekayaannya yang didapat dari ayahnya aja. Makanya, dia mencoba bikin gebrakan di dunia digital.

Dan yang terakhir, jangan salah lho, pajak kekayaan di Norwegia juga gak sedikit. Setiap orang yang dinyatakan kaya bakal dibebani pajak tambahan satu persen dari total kekayaan.

Sebagai penutup, orang muda terkaya di dunia punya cerita uniknya masing-masing. Kadang mereka bikin buku buat menginspirasi orang lain.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →