7 Keuntungan Kost Eksklusif Dibandingkan Kost Biasa

kost eksklusif

Kost eksklusif memang terkenal lebih mahal jika dibandingkan dengan kost yang biasa, namun keuntungan dan keunggulan yang kamu dapatkan juga bakal jauh lebih baik.

Menyewa kost eksklusif dinilai paling pas buat kamu yang lagi cari tempat tinggal yang dekat dengan kantor. Khususnya lagi kalau kamu mencari poin tambahan berupa kenyamanan pada segala sisi.

Jangan ambil risiko kehilangan uang tabunganmu dalam sekejap karena harus membayar tagihan rumah sakit yang sangat mahal. Manfaatkan asuransi kesehatan agar keuanganmu terjamin dan uang tabunganmu pun jadi aman!

Tapi kenapa harus menyewa tempat yang lebih mahal kalau kita bisa mendapatkan sewa tempat yang lebih murah? Lagipula, kita hanya manfaatkan untuk tidur saja kok?

Tahan dulu, mari kita cari tahu apa saja alasan yang layak dipertimbangkan untuk lebih memilih kost eksklusif berikut.

7 alasan kenapa harus memilih kost eksklusif

Di atas kertas, kalau kamu berpikir bahwa kuantitas dan kualitas layanan di kost eksklusif hampir menyerupai layanan di hotel, maka jawabannya benar.

Tentu hal ini tidak mengherankan karena kita sebagai penyewa juga dituntut dengan harga sewa bulanan yang jauh lebih mahal dibandingkan kost biasa.

Tapi di balik harga yang mahal, terdapat jaminan kenyaman dan kemudahan. Apa saja keunggulan memilih kost eksklusif?

1. Fasilitas kamar yang lebih lengkap

Kebanyakan orang butuh dan emang lebih prefer sama kost yang punya fasilitas lengkap. Alasannya, mereka gak mau direpotkan lagi buat bawa barang banyak-banyak dari kota asal atau rumah mereka.

Kalau masih harus bawa banyak barang, berarti sama aja bakalan bikin repot. Akhirnya kamu malah berpikiran untuk beli lemari pakaian baru, rak sepatu, kasur portabel, bahkan tirai jendela, dan lain-lain. 

Istilahnya, semi atau full furnished, fasilitas lengkap yang ditawarkan pada umumnya sudah mencakup kulkas, AC, dan bahkan kasur juga ada. Jadi, kasarnya nih kenyamanan di kamar sudah lengkap.

Selain itu, penyewa kost eksklusif bisa mendapatkan beberapa keunggulan berikut.

  • Ruang kamar yang luas dengan kondisi bangunan yang menawan.
  • Televisi.
  • Kamar mandi di dalam kamar kost dengan fasilitas air hangat dan dingin serta kloset duduk.
  • Akses wifi gratis 24 jam.
  • Paket gratis makan siang dan/atau makan malam.
  • Dilengkapi layanan laundry.
  • Asuransi atas kehilangan barang berharga di dalam kamar.
  • Standard layanan dan kualitas pengurus yang profesional.

Gak terbatas itu saja, ada juga kost eksklusif yang menyediakan tempat parkir yang cukup luas buat penyewa. Pasalnya, target pasar buat kost tipe ini adalah orang-orang kelas menengah yang kebanyakan punya motor dan mobil.

Dengan adanya kemajuan teknologi, kamu bisa mengakses pilihan kost di kotamu secara online. Kost eksklusif yang bonafide bisa memiliki situs tersendiri. Kamu bisa dapat informasi selengkapnya di situ.

2. Kost eksklusif biasanya lebih terawat

Label eksklusif jadi jaminan bahwa kost tersebut biasanya jauh lebih terawat dibandingkan kost biasa sebagaimana pengelolaannya yang sudah memiliki standard tertentu.

Kita sebagai penyewa sudah bayar sewa mahal-mahal, tentu pengelola kost akan berusaha semaksimal mungkin untuk membuat kita merasa nyaman, bukan?

Pengelola akan menugaskan pengurus yang bertugas untuk bersih-bersih. Gak cuma kebersihan di luar kamar, kamu bisa dapat layanan cleaning service buat kamarmu juga.

Jadi, kamu gak perlu meluangkan waktu untuk membersihkan kamar di akhir pekan. Akhirnya, kamu bisa memanfaatkan hari libur untuk jalan-jalan atau kerja sampingan untuk tambahan bayar sewa.

Faktor kebersihan dan memaksimalkan hari libur sering dianggap sepele, namun dua faktor inilah yang sangat penting buat kita yang sibuk bekerja.

Usahakan kita punya keadaan yang nyaman di kamar saat kita istirahat dan bisa refreshing juga dengan santai di akhir pekan.

3. Berada di kawasan strategis dan mudah dijangkau

Kost dengan label eksklusif umumnya dengan mudah bisa kamu temukan di kawasan yang strategis, misalnya di pinggir jalan raya, dekat dengan halte/terminal, dan tidak jauh dari pusat keramaian.

Jarang banget kost eksklusif terletak di gang-gang kecil karena dengan begitu tidak akan populer karena sulitnya akses motor ke lokasi, apalagi mobil.

Utamanya dengan memilih kost tipe ini, kamu tidak perlu cemas lagi dengan akses yang mudah dan aman. Mobil dan motormu pun aman dari risiko tergores atau dicuri.

Tapi kalau kamu mau lebih aman lagi, lebih baik memanfaatkan asuransi mobil atau asuransi motor. Dengan adanya perlindungan dari asuransi, kamu bisa dapat ganti rugi dari kerugian biaya perbaikan dan bahkan kehilangan akibat dicuri.

Buat referensi kamu nih, coba cari tahu berapa premi asuransi kendaraanmu dengan kalkulator berikut.

4. Kebanyakan kost eksklusif punya peraturan yang fleksibel

Peraturan yang wajib ditaati penyewa kost eksklusif cenderung lebih longgar. Hal ini dinilai wajar karena kamu yang sudah bayar sewa mahal, tentu gak mau diatur-atur dengan aturan yang rumit.

Misalnya, soal jam malam yang lebih fleksibel karena bisa disepakati dengan pengelola kost.

Sebagaimana adanya fakta bahwa sebagian besar penyewa adalah karyawan, kemungkinan besarnya mereka sering kerja lembur atau harus menghadiri pertemuan bisnis di malam hari.

Nah kalau sudah begini, mereka sulit menentukan jam pulang kerja. Solusinya, pengelola kost akan memberi kebebasan soal jam malam.

Namun terlepas kamu seorang karyawan atau mahasiswa, tentu peraturan soal batasan jam malam menjadi faktor yang bisa mengurangi kenyamanan, bukan? Maka dari itu, memilih tinggal di kost eksklusif bisa jadi solusinya.

5. Punya sistem pengamanan yang ketat

Meski adanya fleksibilitas soal jam malam, kost eksklusif tetap menjunjung tinggi soal pengamanan yang ketat, lho.

Biasanya pengelola sudah memasang kamera sekuriti atau CCTV pada berbagai sudut gedung kost. Fokusnya berada di area parkiran dan lorong depan kamar kost untuk memantau adanya orang-orang yang mencurigakan.

Bahkan, ada pula kost eksklusif yang melengkapi akses pintu tiap kamar dengan sistem kartu akses elektronik untuk mengantisipasi duplikasi. Aman banget deh ya kalau sudah tinggal di sini.

6. Harga sewa sudah all-inclusive

Populernya disebut dengan istilah all-in, kost eksklusif menawarkan harga sewa yang sudah mencakup semua biaya terkait, seperti:

  • Biaya internet
  • Biaya laundry
  • Biaya listrik
  • Biaya cleaning service
  • Biaya makan siang dan/atau malam
  • Biaya asuransi kehilangan

Jadi dengan begini, kamu cukup membayar sekali saja dan tidak ada tambahan lain lagi. Namun sebagai penyewa yang bertanggung jawab, kita wajib menjaga keutuhan properti kostan ya.

Kalau kita merusak karena menggunakannya secara tidak wajar, tentu ada biaya ganti rugi kepada pengelola kost.

7. Prestise

Saat membahas soal biaya sewa kost eksklusif yang mahal, apakah sebanding dengan kualitasnya? Tentu saja sebanding.

Dengan kata lain kalau kamu sudah bayar mahal, tentu layanan dan fasilitas yang didapatkan pun berkualitas terbaik juga.

Hal ini akan memberimu kebanggaan tersendiri karena sudah memilih tinggal di kost eksklusif karena hidupmu pun jadi nyaman tanpa mencemaskan soal faktor kurang nyaman, kesulitan akses, atau kemalingan.

Bukan maksudnya untuk sombong, tapi kamu pun tidak perlu sungkan saat ingin mengundang teman untuk bertandang. Mereka pasti senang untuk datang karena ingin mencicipi rasanya tinggal di kost yang mahal juga. 

Umumnya kisaran harga kost yang sudah tergolong eksklusif dengan fasilitas yang lengkap dan akses yang mudah, dimulai dari Rp2,5 juta hingga Rp4 juta sebulan. Selebihnya dari itu akan berpengaruh kepada mutu fasilitas yang lebih bagus dan lokasi yang lebih strategis.

Kalau kamu punya pertanyaan terkait perencanaan keuangan lainnya sekaligus mendapatkan berbagai tips mengelola kebutuhan finansial, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Senantiasa lindungi keuanganmu dengan asuransi

Memilih kost eksklusif sebagai hunian kita bukanlah perkara yang murah. Jangan lupa bahwa kita masih dihadapkan dengan pengeluaran yang lain.

Masih ada kebutuhan primer dan kebutuhan tambahan yang wajib dianggarkan. Belum lagi kita harus menabung dan berinvestasi untuk menjamin keamanan finansial di masa mendatang.

Nah jangan sampai anggaran keuangan kita jadi berantakan karena tiba-tiba kita sakit dan harus berobat di rumah sakit. Jangan lupa, biaya kesehatan itu tidak murah, bisa mencapai jutaan untuk sekali perawatan.

Nah solusinya adalah asuransi kesehatan. Dengan adanya perlindungan dari asuransi kesehatan, kita akan terjamin dari tagihan rumah sakit karena asuransi yang akan menanggungnya.

Dengan begitu tabungan kita aman dan investasi kita bisa berlanjut tanpa terganggu.

Selain itu asuransi kesehatan, kamu bisa lengkapi dengan asuransi jiwa. Asuransi jiwa akan memberimu santunan tunai andai kamu kehilangan penghasilan tetap, misalnya, akibat kecelakaan atau PHK.

Santunan tunai yang kamu dapat bisa digunakan untuk memenuhi pengeluaranmu atau kamu gunakan untuk modal usaha sebagai sumber penghasilan yang baru.

Yuk, temukan rekomendasi produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhanmu hanya di Lifepal.

Pertanyaan seputar kost eksklusif

Apa saja keunggulan kost ekskslusif?

Yang menjadi sebuah kost menjadi eksklusif karena didukung oleh fasilitas dan akses yang jauh lebih unggul dibandingkan kost biasa. Keunggulannya bisa berupa kelengkapan semi atau full furnished, standard layanan dan pengamanan ketat, dan akses yang mudah untuk dijangkau.

Berapa kisaran harga sewa kost eksklusif di Jakarta?

Kost yang sudah tergolong sebagai eksklusif dapat terlihat dari fasilitasnya yang lengkap. Semakin tinggi harga sewanya, bisa dipastikan fasilitasnya makin lengkap. Umumnya, harga sewa bulanan untuk kost eksklusif di Jakarta berada di kisaran Rp2,5 juta hingga Rp4 juta.

Kenapa lebih baik memilih kost eksklusif?

Jika kamu menyanggupi secara finansial, maka lebih baik untuk memilih kost eksklusif karena dengan mengutamakan kost eksklusif berarti kamu mengedepankan faktor kenyamanan dan fasilitas pendukung yang lebih lengkap.

Kamu juga bisa terjamin pada sisi kesehatan karena adanya sistem kerja cleaning service yang terjadwal dan ketaatan peraturan mengantisipasi Covid-19 sesuai instruksi Pemda, sistem pengamanan yang ketat, dan kemudahan akses yang terjangkau.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →