10 Tabungan Bank BRI Beri Banyak Manfaat Menguntungkan

keuntungan menabung di bank bri

Salah satu keuntungan menabung di Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) adalah salah satu bank di Indonesia yang memiliki kantor cabang terluas bahkan hingga ke pelosok desa.

Karena itu, beragam produk disediakan Bank BRI untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Indonesia, termasuk diantaranya produk tabungan, investasi, dan bahkan sampai asuransi.

Nah, buat kamu yang ingin menabung di Bank BRI tapi bisa bingung memilih jenis tabungan yang mana. Berikut adalah 10 jenis tabungan Bank BRI yang dapat menyesuaikan keperluan para nasabah. 

Eits, simak dulu ya informasi mengenai Bank BRI beserta keuntungan dan kekurangan kalau kamu nabung di bank ini!

Mengapa harus Bank BRI?

Ada banyak keuntungan menabung di Bank BRI. Namun, sebelum mengetahui apa saja keuntungan menabung di Bank BRI, yuk ketahui dulu alasan mengapa harus Bank BRI!

Kamu pasti tahu dong kalau Bank BRI adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Dulu, bank ini didirikan di Purwokerto oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja pada tanggal 16 Desember 1895.

Bank BRI tidak main-main menjaga reputasi perusahaan demi memberikan pelayanan terbaik bagi nasabahnya, seperti salah satu misinya yang mengutamakan pelayanan kepada segmen mikro kecil, dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.

Nah, Bank BRI bisa nih kamu jadikan sebagai tempat menabung karena integritas, profesional, kepercayaan, inovasi, dan pelayanannya yang mumpuni.

Keuntungan dan kekurangan menabung di Bank BRI

Sebelum memutuskan buat nabung di BRI, kamu wajib banget ketahui keuntungan apa yang bakal kamu peroleh. Apa saja sih keuntungannya?

  • Mempunyai jangkauan yang luas

Bank BRI punya akses transaksi bagi masyarakat di berbagai negara. Banyak tawaran tabungan yang dilengkapi fitur-fitur online yang mudah.

  • Menjangkau beragam nasabah

Bank ini memastikan masyarakat dari berbagai lokasi bisa membuka rekening, baik di unit kerja BRI terdekat atau melalui aplikasi BRImo. 

Jika kamu salah satu yang suka bepergian, Bank BRI menawarkan kemudahan transaksi di jaringan ATM BRI, ATM Link, Jaringan Prima, ATM Bersama, Cirrus, dan Maestro. Pokoknya produk yang hadir disesuaikan dengan gaya hidup nasabahnya.

  • Memiliki fitur e-banking yang berkualitas

Kamu bakal dimanjakan dengan fitur e-banking yang berkualitas dan mendukung kenyamanan saat bertransaksi.

  • Mengirim uang secara rutin dan otomatis

Kamu punya cicilan atau angsuran? Tenang saja, produk tabungan BRI punya fasilitas transaksi online yang bisa dipakai untuk mengirim uang secara rutin dan otomatis sesuai keinginanmu.

  • Memberikan perlindungan dari risiko kecelakaan diri

Kalau kamu punya rekening tabungan BRI BritAma dengan saldo setidaknya Rp500 ribu, kamu berhak mendapatkan jaminan perlindungan kecelakaan diri dengan nilai manfaat 250% dari saldo saat ini atau hingga Rp150 juta.

Eits, biar gak bingung, simak juga ya kekurangannya, sebenarnya kekurangannya ini tidak hanya di Bank BRI aja tapi menyeluruh ke bank-bank lainnya. Pastiin kamu udah mempertimbangkan segala sisinya sebelum kamu memutuskan menabung.

Keuntungan lain

  • Tidak gratis

Kamu tahu kan kalau nabung di bank berarti kamu sama saja menitipkan uang tapi di sebuah lembaga resmi yang dipercaya. Tentu saat kamu mau menabung di bank tidaklah gratis. Dari membuka rekening sampai penutupan rekening dikenakan biaya.

  • Tabungan sulit berkembang

Berbeda dengan investasi, kalau kamu menabung di bank, uang tidak akan bertambah. Untuk yang kamu dapatkan tiap bulan tidaklah seberapa. Satu hal yang bisa memberikan keuntungan adalah ketika kamu menabung dengan jumlah besar hingga ratusan juta.

  • Ada limit transaksi

Walaupun kamu dibebaskan bertransaksi di manapun dan kapanpun, ternyata ada saldo minimal yang harus tersedia di rekeningmu. Begitu juga dengan limit penarikan tunai di ATM mempunyai batas maksimal, jadi gak bisa menarik uang dengan jumlah besar yang kamu inginkan.

  • Kantor cabang penuh antrean

Pernahkah kamu melihat kantor cabang BRI penuh sesak dengan antrean? Nah, inilah salah satu yang harus kamu perhatikan saat punya keperluan ke kantor cabang. Kamu wajib datang lebih awal biar gak desak-desakan.

Jenis-jenis tabungan Bank BRI

1. Tabungan BritAma

BritAma merupakan salah satu jenis tabungan Bank BRI yang banyak dipilih orang. Pasalnya, tabungan ini didukung dengan fasilitas e-banking dan sistem real time online sehingga nasabah dapat melakukan transaksi kapanpun dan di manapun.

Selain itu, BritAma juga memberikan fasilitas lain yaitu asuransi kecelakaan diri.

Jadi, setiap nasabah yang memiliki saldo minimum Rp500 ribu, maka dia akan mendapatkan jaminan asuransi kecelakaan diri (personal accident) maksimal sebesar 250 persen dari saldo terakhir atau maksimum Rp150 juta.

Untuk membuka tabungan BritAma, kamu harus melakukan setoran awal sebesar Rp250 ribu untuk kartu classic dan Rp500 ribu untuk yang gold.

Sementara itu, untuk biaya administrasi bulanannya sebesar Rp12 ribu dan biaya saldo minimum yang mengendap sebesar Rp50 ribu.

2. Tabungan BritAma Muda

Tabungan BritAma Muda (haiday)

Tabungan BritAma Muda memiliki desain kartu debit elegan berlogo Master Card yang memang khusus diperuntukkan buat anak muda.

Gak cuma itu, jenis tabungan ini juga memberikan asuransi kecelakaan untuk nasabah perorangan yang memiliki saldo akhir Rp500 ribu, berupa:

  • Asuransi kecelakaan diri secara gratis.
  • Mendapat pertanggungan asuransi kecelakaan sebesar 250 persen dari saldo akhir atau maksimal sebesar Rp150 juta.
  • Nasabah yang meninggal dunia karena kecelakaan akan mendapatkan manfaat tambahan yaitu:
    • Santunan pendidikan, 200 persen dari saldo akhir atau maksimal Rp10 juta.
    • Santunan pendapatan, 100 persen dari saldo akhir atau maksimal Rp12 juta.
    • Santunan duka sebesar Rp1,5 juta.

Nasabah tabungan BritAma Muda juga akan diikutsertakan pada program undian Untung Beliung BritAma serta program hadiah menarik lainnya.

3. Tabungan BritAma Valas

BritAma Valas merupakan tabungan dalam bentuk mata uang asing yang menawarkan kemudahan melakukan transaksi serta nilai tukar yang kompetitif.

Jenis tabungan ini tersedia dengan lima jenis mata uang yaitu AUD, SGD, CNY, EUR, AED, HKD, GBP, JPY, dan SAR.

Untuk membuka tabungan BritAma Valas, kamu harus memberikan setoran awal sebesar, AUD 50, SGD 65, CNY 350,EUR 50, AED 175, HKD 350, GBP 50, JPY 5000 dan SAR 300.

Tabungan ini juga memberikan asuransi kecelakaan gratis berupa pertanggungan sebesar 250 persen dari saldo akhir atau maksimum sebesar Rp150 juta untuk nasabah yang memiliki saldo minimum Rp500 di rekeningnya.

4. Tabungan BRI Simpedes

Tabungan BRI Simpedes (azam)

Tabungan Simpedes adalah simpanan masyarakat yang berbentuk tabungan. Untuk penyetorannya pun dapat dilakukan kapanpun serta jumlah pengambilan yang tidak dibatasi selama saldo mencukupi.

Untuk membuka tabungan Simpedes pun gak sulit kok, kamu hanya memerlukan KTP untuk perorangan.

Sedangkan untuk perusahaan, kamu perlu melengkapi beberapa dokumen seperti:

  • AD-ART (Anggaran Dasar-Anggaran Rumah Tangga)
  • Akte Pendirian
  • Akte Perubahan Terakhir
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Dokumen Identitas Pengurus

Setoran awal yang harus kamu keluarkan untuk membuka tabungan Simpedes yaitu sebesar Rp100 ribu untuk jenis kartu private label atau hanya dapat digunakan pada merchant yang bekerjasama dengan BRI).

Biaya administrasi bulanannya sebesar Rp5.500 dengan dana mengendap yaitu Rp50 ribu.

5. Tabungan Haji BRI

Tabungan Haji BRI (infoperbankan)

Buat kamu yang ingin menunaikan ibadah Haji, kamu bisa nih membuka jenis tabungan BRI yang satu ini.

Selain bebas biaya administrasi, tabungan Haji BRI juga memberikan asuransi jiwa serta kecelakaan diri dengan nilai pertanggungan sebesar 120 persen dari saldo rekening Tabungan Haji.

Gak usah ragu lagi, yuk buka Tabungan Haji BRI dengan mengeluarkan biaya setoran awal sebesar Rp50 ribu dan bebas biaya bulanan administrasi.

6. Tabungan BRI Junio

Tabungan BRI Junio merupakan salah satu jenis tabungan yang memang dikhususkan untuk anak-anak agar mereka terbiasa menabung.

Namun, untuk membuka tabungan BRI Junio ini para orangtua harus sudah memiliki tabungan di BRI.

Jenis tabungan ini juga memberikan asuransi kecelakaan diri sebesar 250 persen dari saldo akhir atau maksimal Rp150 juta dengan nominal saldo Rp500 ribu.

7. Tabungan BritAma X

Tabungan selanjutnya yang dimiliki adalah BritAma. Kalau kamu mau buka tabungan ini, penuhi dulu ya syarat-syaratnya, yaitu:

  • Berusia 17 sampai dengan 35 tahun
  • Identitas diri
  • WNI : Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbasis NIK dan NPWP
  • WNA : Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS atau surat keterangan pendukung
  • Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
  • Melakukan setoran awal sebesar Rp100 ribu

Aksesibilitas kartu tabungan ini tersebar di jaringan BRI, ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro, dan MasterCard baik di dalam maupun di luar negeri. Selain itu, kamu bakal mendapatkan gratis tanggungan asuransi kecelakaan sampai Rp150 juta.

Tenang aja, BritAma didukung fasilitas e-banking lho yaitu mobile banking, internet banking, dan sms notifikasi. Gak cuma sampai di situ, transaksi real time online ada di lebih dari 10.000 unit kerja BRI dan 23.000 ATM BRI di seluruh Indonesia. Wah, luas banget, ya!

8. Tabungan BritAma Bisnis

Tabungan ini sangat bagus untuk mendukung bisnis kamu dengan memberikan keleluasaan lebih dalam bertransaksi, kejelasan dalam pencatatan transaksi dan hubungan yang lebih baik untuk menunjang transaksi kebutuhan bisnismu.

Kalau kamu mau buka tabungan yang satu ini, biaya administrasinya gratis lho. Lumayan, kan? Oh iya, pencatatan transaksi di buku tabungan lebih detail, jadi kamu gak usah bingung.

Sama seperti BritAma X, aksesibilitas kartu tabungan ini tersebar di jaringan BRI, ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro, dan MasterCard baik di dalam maupun di luar negeri. Oh iya, di layanan internet banking, limit RTGSnya mencapai Rp1 miliar, dan overbooking hingga Rp5 miliar.

Ini syarat yang harus kamu penuhi untuk membuka rekening tabungan BritAma Bisnis:

  • Setoran awal Rp100 ribu
  • Identitas diri
  • WNI : Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) berbasis NIK dan NPWP
  • WNA : Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS atau surat keterangan pendukung
  • Mengisi formulir pembukaan rekening

9. Tabungan BritAma Rencana

Mau tabungan yang dilengkapi dengan fasilitas perlindungan asuransi jiwa? Nah, tabungan Rencana ini jawabannya.

Ada dua jenis tabungan ini yaitu Rencana Plan A dan Rencana Plan B. keduanya mempunyai keuntungan dan persyaratan masing-masing.

Keuntungan mempunyai tabungan di kedua jenis tersebut  adalah suku bunga lebih tinggi, setoran bulanan minimum Rp100 ribu dan maksimum Rp5 juta, kamu bebas menentukan jangka waktu tabungan, asuransi jiwa mencapai Rp1 miliar, tidak perlu medical check-up, gratis biaya administrasi, dan laporan mutasi rekening koran via e-mail. Ini persyaratannya:

  • Berusia minimal 17 tahun dan maksimum 64 tahun
  • Memiliki rekening Tabungan BRI BritAma/BritAma Bisnis/Giro
  • Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
  • Identitas diri
  • WNI : Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) berbasis NIK dan NPWP
  • WNA : Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS atau surat keterangan pendukung.

10. Tabungan BRI TKI

Tabungan BRI TKI sangat mempermudah TKI untuk penyaluran dan penampungan gaji. Uniknya, setoran awal tabungan ini hanya Rp10 ribu dan tenggat waktu tabungan bersifat pasif.

Syarat membuka rekening ini gampang banget cukup mengisi formulir dan melampirkan identitas diri berupa salinan KTP/SIM/Paspor disertai surat rekomendasi dari PPTKIS.

Tips menabung di Bank BRI

Itu tadi beragam keuntungan menabung di Bank BRI. Nah, untuk mempermudah urusanmu dalam menabung di Bank BRI, Lifepal punya tipsnya buat kamu.

  • Manfaatkan layanan online

Kalau di atas sudah dibahas tentang antrean panjang yang kerap kamu temui di kantor cabang, nah ternyata kamu menyiasatinya dengan menggunakan layanan online yang sudah disediakan Bank BRI. Jadi, kamu gak perlu capek-capek antre di bank. Di website misalnya, kamu sudah bisa membuka rekening lho.

  • Layanan online lainnya

BRI memfasilitasi nasabahnya berupa E-banking BRI (Kartu ATM, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Notifikasi, dan serta autodebet(pembayaran otomatis) yang sangat bermanfaat dalam bertransaksi.

  • Ikuti program hadiah

Pernah denger nasabah dapat mobil dari bank BRI? Familiar dengan Untung Beliung BritAma? Itulah program yang dibuat Bank BRI untuk memanjakan nasabahnya. Selian itu, masih banyak program menarik lainnya. Tertarik ikut?

Nah, itu dia informasi tentang Bank BRI dari keuntungan dan kekurangan, jenis tabungan, hingga tips menabung. So, udah menemukan jenis tabungan Bank BRI mana yang akan kamu pilih? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →