25 Takjil Buka Puasa Sehat Ini Harganya Murah Meriah!

Menu takjil sehat dan murah

Mencari menu takjil buka puasa menjadi rutinitas yang selalu dilakukan umat Muslim ketika sedang beribadah puasa. Banyaknya pilihan makanan hingga minuman yang kadang kurang sehat membuat menu takjil buka puasa sehat dibutuhkan.

Selama bulan puasa, tubuh kita harus beraktivitas selama 12 jam lebih tanpa mendapatkan cairan tubuh. Untuk orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah, terkadang bisa lebih mudah sakit dan mengalami dehidrasi.

Untuk menghindari hal yang gak diinginkan seperti itu, salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah mengatur pola konsumsi setiap hari. Baik saat buka puasa di waktu Magrib, dan saat sahur.

Membahas tentang makanan sehat, ini daftar menu takjil buka puasa sehat yang patut dicoba dengan harga terjangkau. Yaitu, hanya Rp10.000 saja.

1. Kolak

takjil buka puasa

Menu takjil buka puasa yang wajib disiapkan setiap tahun adalah kolak. Perpaduan rasa manis gula merah dan gurihnya santan membuat banyak orang kangen mengonsumsi makanan satu ini.

Selain nikmat, bahan dasar yang ada di dalamnya, seperti ubi dan pisang bisa menutrisi tubuh yang membutuhkan karbohidrat serta protein selama beraktivitas seharian.

Menambahkan pacar cina dan biji salak di kolak juga mampu memperkaya gizi yang terkandung di dalamnya. Hanya saja, jangan berlebihan karena kandungan gula di dalamnya cukup banyak. Kolak pisang umumnya dijual per cup Rp5.500 hingga Rp10 ribu.

2. Sop buah

takjil buka puasa

Habis makan makanan berat biasanya kamu perlu minuman manis yang menyegarkan, bukan? Untuk itu, kamu perlu memasukkan menu takjil buka puasa sop buah, di dalamnya terdapat beragam variasi buah.

Beberapa buah yang wajib ada dalam sop buah di antaranya melon, alpukat, buah naga, pisang dan nata de coco. Sebab, masing-masing vitamin dan nutrisi yang terkandung pada buah tersebut sangat baik menggantikan cairan tubuh selama seharian berpuasa.

Akan terasa lebih seru saat minum es buah bersama teman atau keluarga untuk lebih mempererat suasana kekeluargaan. Sop buah bisa dibeli dengan harga Rp5 ribu hingga Rp10 ribu per porsi.

3. Es kelapa muda

takjil buka puasa

Mengandung banyak nutrisi seperti kalium, vitamin C dan vitamin B membuat es kelapa muda cocok disajikan sebagai menu takjil buka puasa yang ketiga. 

Selain menyegarkan, minuman dengan harga cukup murah ini juga mudah ditemukan di mana-mana.

Air kelapa muda terkenal cepat menggantikan cairan elektrolit dalam tubuh yang hilang selama beribadah puasa.Es kelapa muda bisa dibeli dengan harga Rp12 ribu hingga Rp15 ribu per gelas. 

4. Menu takjil buka puasa es pisang ijo

takjil buka puasa

Menu takjil buka puasa yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan ini cocok buat kamu yang mau mengonsumsi pisang namun dengan tambahan es yang segar. 

Beberapa waktu lalu, menu satu ini populer dibicarakan orang dan sudah banyak pedagang yang menjualnya di pinggir jalan.

Es pisang ijo bisa dikonsumsi dengan membelinya Rp5 ribu per potong. Enak dan segar!

5. Ketan hitam

takjil buka puasa

Ketan hitam adalah makanan takjil buka puasa yang bisa kamu beli saat ngabuburit. Umumnya, menu satu ini dicampur dengan santan kelapa untuk menambah rasa gurih.

Manfaat yang bisa kamu peroleh saat makan ketan hitam adalah melancarkan saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengandung kalsium. Selain itu, bisa menambah tenaga untuk menunjang aktivitas kerja seharian.

Ketan hitam umumnya dijual dalam cup dengan harga Rp8 ribu hingga Rp10 ribu.

6. Gorengan

takjil bulan puasa

Menu takjil lainnya adalah camilan sejuta umat orang Indonesia, yaitu gorengan. Harganya yang murah dan rasanya yang nikmat menjadi alasan utama kenapa makanan satu ini banyak dijajakan. Jenisnya juga beraneka ragam, mulai dari bakwan, cireng, tahu isi hingga risol.

Tapi, hal yang penting harus diperhatikan adalah jangan terlalu sering mengonsumsi camilan satu ini. Pasalnya, memiliki kandungan minyak yang banyak.

7. Arem-arem

Takjil buka puasa

Menu selanjutnya adalah arem-arem yang biasa disajikan dalam kotak snack bersama air putih dan menu kue kering lainnya. Arem-arem umumnya terdiri dari dua varian isi, yaitu oncom dan sayur.

Harganya juga gak terlalu mahal, sekitar Rp 2 ribu hingga Rp 4 ribuan per potong.

8. Kurma

takjil buka puasa

Buah satu ini sudah menjadi buah khas menjelang bulan puasa datang. Selain harganya relatif murah, buah kurma juga memiliki banyak khasiat, seperti melancarkan sistem pencernaan, mencegah diabetes, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Kurma sangat cocok dijadikan takjil buka puasa sehat sebelum menyantap menu makanan utama.

Kurma umumnya sudah disajikan dalam cup atau wadah, sehingga biasa dijual dengan harga Rp25 ribu hingga Rp65 ribu.

9. Bubur sumsum

Takjil buka puasa

Setiap pulang kerja, pasti kamu sering melihat takjil satu ini dijual di pinggir jalan oleh para pedagang.

Rasanya yang manis dan mampu mengganjal perut sebelum makan besar menjadi alasan mengapa bubur sumsum selalu menjadi salah satu menu wajib di setiap bulan puasa.

Buat kamu yang ingin menyiapkan takjil satu ini sebagai menu saat azan Magrib berkumandang, bisa merogoh kocek Rp8 ribu hingga Rp10 ribu saja.

10. Es campur

Takjil buka puasa
(Instagram/@warungsundakelapa)

Takjil satu ini sebetulnya banyak ditemukan selain bulan Ramadhan. Namun, karena rasanya yang manis dan segar membuat es campur cocok banget untuk kamu pilih sebagai takjil irit ketika buka puasa.

Dengan kandungan nutrisi dari buah-buahan yang melimpah dalam es campur bisa kamu gunakan sebagai menu sahur yang bisa disimpan di dalam kulkas.

Es campur bisa kamu beli cukup dengan Rp10 ribu per bungkus. Dijamin menyegarkan dan tak membuat kantong jebol!

11. Kue basah

takjil buka puasa

Takjil buka puasa sehat lainnya yang bisa dipilih adalah kue basah yang umum ditemukan di pasar atau toko kue.

Kue basah menyajikan beragam menu camilan yang nyaman untuk perut kamu setelah lebih dari 12 jam menahan lapar, dan haus.

Karena dikenal sebagai jajanan pasar, harga kue basah relatif murah dan cocok dikantong. Harganya berkisar antara Rp1.500 hingga Rp3.500 per buah.

12. Risol daging

Takjil buka puasa

Siapa sih yang gak tau risol? Makanan ringan satu ini pasti pernah kamu makan dan bikin ketagihan karena isinya yang lezat. Risol memiliki beragam variasi isi mulai dari daging, sayur hingga mayonaise.

Tinggal disesuaikan saja sama selera kamu pengin mengonsumi yang isi apa. Untuk mencarinya juga relatif mudah, karena banyak ditemukan di berbagai tukang takjil pinggir jalan.

Risol daging bisa kamu beli mulai dari Rp5 ribu hingga Rp8 ribu per buah.

13. Pastel sayur

takjil bulan puasa

Di mana ada risol, pasti disitu ada pastel. Kue kering satu ini memang termasuk salah satu menu wajib saat berburu menu takjil.

Berbeda dengan risol, pastel umumnya diisi dengan beragam sayur, bihun, serta potongan telur rebus yang bergizi. Harganya juga relatif murah kok, jadi gak perlu khawatir dompet jadi tongpes.

Kamu bisa membeli pastel sayur Rp2.500 hingga Rp3.500 per buah. Selain murah, dijamin sehat!

14. Onde-onde

takjil buka puasa
(wikimedia)

Untuk yang suka makanan manis bisa mencoba onde-onde yang memiliki tekstur kenyal dan rasa yang enak.

Kalau pengin lebih kenyang dan bergizi, bisa mencari onde-onde yang berisi kacang hijau karena mengandung banyak karbohidrat serta vitamin B yang bagus untuk tubuh selama berpuasa.

Onde-onde bisa kamu cicip dengan cukup mengeluarkan uang Rp3 ribu hingga Rp5 ribu per buah.

15. Biji salak

takjil buka puasa
(dapumamake.com)

Menu takjil buka puasa sehat dan murah lainnya adalah biji salak. Camilan ini biasa disajikan bersamaan dengan bubur sumsum atau kolak.

Tekstur biji salak yang kenyal dan gula merah yang manis gurih membuat banyak orang kangen menyantap takjil ini di bulan Ramadan. Nah, untuk membeli biji salak, kamu cukup merogoh kocek Rp8 ribu per porsi.

16. Es cincau

takjil buka puasa
(Image: Vemale)

Gak ketinggalan, ada es cincau yang pas banget untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa.

Es cincau cocok dijadikan sebagai takjil karena mengandung banyak kalori dari gula merah, dan santan yang dicampur.

Es cincau bisa kamu beli dengan harga Rp5 ribu hingga Rp8 ribu per gelas. Segar dan murah kan!

17. Salad buah

takjil buka puasa

Menu satu ini belakangan memang viral dijual di pinggir jalan hingga Gofood dan Grab food. Alasan utama kenapa kamu harus mencoba salad buah adalah mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang ada dalam buah-buahan.

Ini bagus untuk tubuh kamu agar kuat menjalani ibadah puasa sebulan penuh. Jadi, sering-sering buka puasa pakai salad buah ya!

Untuk kamu yang ingin membeli salad buah, bisa merogoh kocek mulai dari Rp10 ribu hingga Rp20 ribu.

18. Es selendang mayang

takjil buka puasa

Takjil satu ini merupakan camilan khas orang Betawi yang keberadaannya kini sudah sulit ditemukan. Karena susah mencarinya, kamu boleh mencoba makanan satu ini agar tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja. Es selendang mayang bisa kamu cicip dengan harga sekitar Rp5 ribu sampai Rp10 ribu per mangkuk.

19. Tahu bulat

takjil buka puasa

Tahu bulat sempat menjadi fenomena di tengah masyarakat Indonesia, beberapa waktu lalu. Tahu bulakt biasanya disajikan panas-panas diberi topping keju, pedas atau barbeque hingga rasa lainnya.

Saking tenarnya, sempat ada developer game yang membuat game tahu bulat di smartphone berbasis Android lho!

Tahu bulat umumnya dijual Rp500 per buah. Jadi, kamu bisa membelinya sesuai kebutuhan.

20. Tempe mendoan

takjil buka puasa

Selanjutnya, takjil buka puasa sehat satu ini berasal dari daerah Banyumas, Jawa Tengah. Yaitu, tempe mendoan.

Untuk kamu yang suka mengonsumsinya dengan cabai rawit atau sambal kecap, sebaiknya hati-hati ketika memakannya saat bulan puasa. Karena, dapat membuat perut kamu merasa kurang nyaman.

Jadi, ada baiknya makan makanan kecil terlebih dahulu seperti kurma sebelum menyantap tempe mendoan.

Nah, bila kamu ingin mencicipnya, cukup mengeluarkan uang Rp5 ribu per lembar tempe mendoan. Murah kan!

21. Batagor

makanan khas jawa barat batagor
Batagor. (Shutterstock)

Batagor dikenal sebagai salah satu makanan khas Jawa Barat yang enak disantap ketika perut sedang lapar.

Biasanya batagor juga disajikan bersama menu lainnya seperti siomay, tahu, atau otak-otak dan disajikan dengan bumbu kacang serta kecap.

Kamu bisa membeli seporsi batagor dengan harga Rp10 ribu saja. Namun, ada juga yang membanderolnya hingga di atas Rp50 ribu karena batagor satu ini telah memiliki nama alias tersohor, seperti Batagor Kingsley asli Bandung.

22. Kue cubit

takjil buka puasa

Takjil buka puasa lainnya adalah kue cubit. Siapa dari kamu yang suka sama camilan satu ini?

Sebagian orang ada yang suka menyantap kue cubit setengah matang, namun ada juga yang memilihnya dengan kondisi matang sepenuhnya.

Harga kue cubit biasanya dibanderol mulai Rp12 ribu, tapi ada juga yang menjualnya sampai Rp30 ribu.

23. Puding cokelat

takjil buka puasa
(healthyrecipesblogs)

Puding cokelat sangat bagus buat kamu yang lagi mengalami masalah sembelit atau susah Buang Air Besar (BAB). Ini karena puding memiliki kandungan serat yang cukup tinggi untuk melancarkan saluran pencernaan kamu.

Kamu bisa membeli puding cokelat yang sudah jadi di minimarket atau bikin sendiri sesuai selera.

Harga satu sachet puding cokelat biasaya dijual Rp5 ribu hingga Rp7 ribu. Sedangkan untuk puding cokelat per cup biasa dijual Rp7 ribu hingga Rp10 ribu.

24. Agar-agar

Takjil buka puasa
(Rumah mesin)

Selain puding, agar-agar juga bisa menjadi alternatif lain buat orang yang mengalami susah BAB selama puasa. Cara membuatnya sedikit lebih mudah dibandingkan puding karena gak perlu membuat fla sebagai pendampingnya.

Agar-agar umum dijual Rp3.500 hingga Rp5 ribu per sachet. Namun, kamu bisa juga membelinya per cup dengan harga sama.

25. Jus buah

takjil buka puasa

Takjil buka puasa sehat terakhir adalah jus buah. Minuman ini bisa kamu ganti-ganti isinya setiap hari sesuai selera dan keinginan. Menu ini juga cocok disajikan ketika berkumpul bersama teman dan keluarga besar.

Jus buah biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp8 ribu hingga Rp12 ribu, tergantung jenis buah-buahan yang digunakan.

Itulah 25  menu takjil buka puasa sehat yang bisa kamu pilih selama bulan Ramadan kali ini. Semoga dengan mengonsumsi makanan di atas bisa membantu kelancaran dalam beribadah ya, selamat berpuasa! (Editor: Chaerunnisa)