Nongkrong Tapi Ogah Bangkrut? Ikuti 6 Tips Hemat di Coffee Shop Ini

Coffee shop adalah salah satu tujuan favorit orang untuk nongkrong atau sekedar bersenda gurau bareng teman-teman, sambil minum kopi, ngemil, sampai makan berat.

Ya, bagi sebagian besar orang, ngopi di coffee shop memang sudah jadi aktivitas sehari-hari. Bahkan, banyak orang yang langganan ngopi di tempat ini setiap hari.

Meskipun menyenangkan, tapi tahukah kamu kalau tanpa disadari kunjungan rutinmu ke coffee shop bisa bikin pengeluaran membengkak? Well, itu beneran guys, tapi gak usah khawatir. Kamu bisa tetap nongkrong di coffee shop tanpa harus takut kantongmu kebobolan.

Gimana caranya? Yuk simak enam tips cerdik berhemat di coffee shop ini:

1. Minta es sedikit

Trik pertama berhemat saat nongkrong di coffee shop adalah memesan sedikit es alias less ice di minuman yang kamu pesan.

Jadi tuh sebenarnya volume kopi di gelas baik small, medium maupun large gak jauh berbeda. Nah, kalau esnya normal, maka volume kopi-mu pun akan berkurang. Secara otomatis berarti kamu harus membayar lebih hanya karena es yang banyak.

Selain itu, es lebih sedikit akan membuat kopimu jauh lebih awet dong. Jadi, kalau biasanya kamu bisa pesan dua gelas kopi, sekarang satu gelas pun sudah cukup.

2. Miliki kartu diskon

Kini sudah banyak sekali coffee shop yang menawarkan kartu diskon atau member card yang menyediakan beragam promo untuk pelanggan. Mulai dari beli sepuluh gratis satu untuk pembelian berikutnya, sampai diskon 10 persen dengan menggunakan kartu member.

Karena itu, saat kamu ngopi di coffee shop jangan malu untuk menanyakan kepada karyawannya apakah ada member card.

3. Bawa tumbler sendiri

Beberapa kedai kopi menawarkan promo potongan harga bahkan ada yang sampai 50 persen jika kamu membawa tumbler di tanggal-tanggal tertentu.

Lumayan kan, kamu jadi hanya perlu mengeluarkan uang setengah harga tapi tetap bisa ngopi di coffee shop langgananmu.

4. Ketahui hari promo mereka

Sebelum nongkrong di kedai kopi, gak ada salahnya kok kalau kamu mencari tahu dulu hari promo mereka.

Kamu bisa kepo-in sosial media dari kedai kopi yang kamu suka. Kalau kamu telaten, kamu pasti bisa tuh dapetin promo ngopi di coffee shop tersebut.

Misalnya saja Starbucks yang memberikan diskon sebesar 50 persen di tanggal 22 dengan membawa tumbler. Ada juga Excelso yang punya promo Treat a Friend setiap hari Selasa.

Kamu bisa ajak temanmu untuk ngopi bareng dan harganya tinggal dibagi dua karena dapat promo buy one get one. Seru banget kan?

5. Follow sosial medianya

Sebagai pelanggan setia, sebaiknya kamu juga follow akun-akun sosial media coffee shop favorit kamu.

Nah, biasanya mereka sering banget tuh memberikan promo buy one get one atau diskon spesial untuk para followers-nya.

6. Berteman dengan baristanya

Trik cerdik lainnya yang bisa kamu lakukan untuk berhemat di kedai kopi adalah dengan berteman dengan baristanya.

Ya, gak ada salahnya sih kenalan dan bahkan berteman dengan barista yang melayani kamu setiap hari. Siapa tahu kamu diberi topping tambahan atau bahkan makanan gratis.

Nah, itu dia enam tips cerdik yang bisa kamu lakukan untuk berhemat saat di coffee shop. Jadi, gak perlu khawatir dompet jebol kan?