15 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook yang Mudah Dilakukan

cara mendapatkan uang dari facebook

Cara mendapatkan uang dari Facebook tidak hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang yang dianggap ahli, kok. Kamu pun bisa hasilkan uang dari media sosial raksasa tersebut.

Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Begitu juga buat menambah pundi-pundi melalui media sosial Facebook. 

Kalau kamu tahu caranya, mungkin kamu bakal cukup terkejut karena sebenarnya cara-cara ini bisa dilakukan siapa aja.

Yap! Semua orang bisa lakukan cara mendapatkan uang dari Facebook ini. Berikut ulasannya.

1. Cara mendapatkan uang dari facebook lewat toko online shop  

Salah satu cara paling sederhana buat dapat uang dari Facebook adalah buka online shop. Cara ini adalah salah satu cara paling klasik deh.

Bikinnya juga gampang banget. Kamu bisa gunakan akun Facebook personal maupun bikin fanpage buat toko online tersebut. Tapi, paling bagus sih pakai fanpage supaya kamu bisa iklankan melalui Facebook Ads.

Sistem penjualannya sendiri bisa kamu lakukan dengan cara dropship ataupun stok barang sendiri.

Metode dropship adalah dengan menjualkan produk orang lain atas nama kamu. Sementara itu, stok barang sendiri bisa berupa produk hasil karya kamu maupun kamu beli terlebih dahulu.

2. Berjualan melalui grup-grup di Facebook

Gak cuma pakai beranda akun personal kamu aja ataupun Fanpage, kamu pun bisa jualan di Facebook Group.

Caranya? Kamu bisa gabung ke akun Facebook Group yang sesuai dengan target pasar atau domisili kamu.

Contoh, kalau kamu punya produk otomotif maka gabunglah di grup yang punya ketertarikan pada dunia otomotif. Kamu yang berdagang perlengkapan outdoor bisa join ke grup pecinta alam.

Gak cuma buat jualan produk dengan tema tertentu aja, kamu pun bisa jual apapun secara random. Kamu bisa join ke grup umum seperti misalnya “Group Jual Beli Bandung”.

3. Jasa pengelola akun Facebook orang lain atau akun fanpage

Kegiatan pemasaran yang dilakukan di media sosial akan berdampak positif bahkan hingga meningkatkan target penjualan dan pendapatan bila dilakukan dengan orang dengan keahlian yang tepat. Baik akun Facebook biasa maupun akun Facebook fanpage harus dikelola dengan baik agar memberikan dampak yang maksimal.

Admin fanpage atau admin Facebook adalah orang yang mengelola akun Facebook atau fanpage. Di antaranya adalah mengelola konten apa saja dan berapa konten yang akan di posting tiap harinya, menawarkan produk atau jasa kepada pengikut setia hingga mengelola komentar juga, lho.

Selain itu, salah satu tugas admin adalah mempromosikan akun Facebook atau fanpage kepada pengguna Facebook lainnya. Tujuannya adalah meningkatkan jumlah likes atau pengikut.

4. Seneng bepergian, yuk buka jasa titip di Facebook

Cukup sering jalan-jalan dan unggah foto kamu ke album foto Facebook? Daripada cuma buat update status kamu sedang jalan-jalan, kenapa kamu gak manfaatkan aja kegiatan tersebut?

Caranya adalah sekalian posting kalau kamu sediakan jasa titip buat teman-teman di Facebook. Apalagi kalau kamu punya jumlah teman yang cukup banyak serta aktif. Peluang permintaan jasa titip kamu bakal makin tinggi.

Lumayan, kan, uang dari margin harga barang yang orang lain titip beli tersebut bisa buat jajan?

5. Mengikuti program affiliate marketing

Affiliate marketing adalah sistem bisnis di mana merchant atau perusahaan akan membayar jasa seseorang yang berhasil menjual produk atau jasa yang mereka yang dipromosikan melalui internet. Ada banyak merchant atau perusahaan yang menerapkan affiliate marketing, seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, Bukalapak, dan masih banyak lagi.

Cara kerjanya sederhana, saat kamu mengunggah konten yang akan kamu promosikan di media sosialmu, sertakan pula link affiliate yang kamu miliki pada postinganmu itu. Atau, bisa juga kamu sebarkan melalui media sosial lain seperti grup-grup di Facebook.

Apabila kamu berhasil mendapatkan pelanggan yang membeli produk atau jasa dari merchant tersebut dengan menggunakan kode referalmu, maka kamu akan mendapatkan komisis dari merchant atau perusahaan tersebut.

6. Coba jadi influencer juga boleh

Influencer berasal dari kata influence yang artinya adalah memengaruhi. Maksudnya adalah kamu berusaha memengaruhi para pengikutmu di di Facebook untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan di setiap postinganmu.

Namun, harus diingat bahwa sebelum menjadi influence, sebaiknya kamu membangun reputasi yang bagus agar lebih banyak pengikut dan teman di Facebook yang bisa kamu pengaruhi untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan tersebut.

Affiliate tentu berbeda dengan Influnecer. Bila affiliate marketing, kamu akan menyertakan kode referealmu di setiap postingan promosi, maka seorang Influencer gak memerlukan kode referal. Kamu bisa memasang tarif tertentu untuk setiap endorsement atau konten bersponsor.

7. Jasa menambahkan likes

Menjamurnya orang yang menawarkan produk dan jasa di Facebook, influencer-influencer membuat jasa menambahkan likes pada Facebook kian digandrungi. Hal ini menjadi penting karena kepercayaan pengguna Facebook terhadap akun Facebook atau Fanpage diukur dari berapa banyak like yang didapatkan untuk satu kali posting.

Apabila kamu memiliki kemampuan khusus ini, kamu bisa meraup pundi-pundi yang banyak bila membuka jasa penambah likes Facebook. Pasalnya, gak semua orang bisa loh melakukannya.

8. Jasa Facebook Ads

Berbeda dari cara mendapatkan uang dari Facebook yang lain yang gak memerlukan modal. Untuk membuat Facebook Ads, kamu harus mengeluarkan modal terlebih dahulu, gak banyak kok, modal yang kamu keluarkan mulai dari Rp10 ribu kamu udah bisa memasang iklan. 

Untuk kamu ketahui bahwa Facebook Ads adalah iklan yang ditujukan untuk pengguna Facebook sesuai dengan target pengguna yang lebih spesifik. Keuntungan lain yang akan kamu dapatkan adalah remarketing hingga mengumpulkan leads.

Oleh karena itu, dengan banyaknya orang yang beriklan di Facebook, peluang jasa pemasang iklan atau Facebook Ads ini cukup menjanjikan.

9. Berikan ruang untuk konten bermerek

Untuk para konten kreator, konten bermerek ini menjadi salah satu peluang untuk membuat dompetmu tebal. Pasalnya, banyak sekali merchant atau perusahaan yang mencari partner bisnis konten kreator untuk mempromosikan produk atau jasa mereka.

Untuk memudahkan para konten kreator dan merchant atau perusahaan, Facebook membuat fitur Pengelola Kolaborasi Merek untuk memudahkan keduanya berkomunikasi dengan nyaman dan aman.

10. Buat keanggotaan berbayar

Cara lain untuk mendapatkan uang dari Facebook adalah dengan menambahkan keanggotaan berbayar pada grup atau fanpage. Seorang admin akan mengelola dan memelihara kelangsungan eksistensi diri melalui langganan yang nantinya akan memudahkan mereka berinvestasi lebih lanjut pada komunitasnya.

11. Berikan fasilitas langganan penggemar

Para pengguna Facebook yang menyukai halaman Facebookmu bisa langsung mendanainya melalui pembayaran rutin setiap bulan tergantung besaran yang akan ditentukan olehmu.

Kamu harus memberikan perhatian khusus kepada para langganan penggemar dengan memberikan lencana khusus yang disediakan di kolom komentar. Selain itu berikan juga mereka imbalan khusus seperti hak eksklusif terhadap beberapa konten, misalnya pelatihan online atau website seminar khusus. Atau, kamu juga bisa memberikan mereka diskon untuk beberapa produk dan jasa yang kamu tawarkan.

12. Berikan ruang iklan pada akun Facebookmu

Kamu bisa memberikan ruang khusus pada akun Facebook atau fanpagemu untuk beriklan. Misalnya, dalam satu hari setidaknya ada lebih dari 3 konten yang diunggah khusus untuk mempromosikan suatu produk atau jasa dari merchant tertentu.

Atau, bisa saja kamu menyertakan iklan di setiap video yang akan kamu unggah. Beriklan pada video di Facebook dikenal dengan istilah iklan in-stream, di mana kamu bisa menyertakan iklan pendek di awal video, di pertengahan video, maupun di akhir video.

Facebook akan memberikan rekomendasi di waktu mana iklan video pendek tersebut bisa kamu sisipkan. Atau, bisa juga kamu menentukan sendiri di menit ke berepa iklan video pendek tersebut disisipkan. Keuntungan yang kamu dapatkan dari iklan in-stream ini berdasarkan berapa jumlah tayang video tersebut dan siapa yang mengiklankannya.

14. Jangan lupa manfaatkan akun Facebook fanpage, ya!

Agar terlihat lebih profesional, gak ada salah toko online shop mu dibuatkan Fanpage khusus. Di fanpage toko online milikmu, kamu berhak menjual produk orang lain tapi tetap menggunakan brand yang kamu buat (dropship) atau menjadi seorang reseller. Kamu juga bisa bikin Facebook Ads untuk menarik lebih banyak pengguna Facebook yang mengikuti fanpagemu.

Atau, kamu juga bisa memanfaatkan fanpage untuk meningkatkan trafik pada website yang kamu buat atau kamu kelola. Sebagai langkah awal, kamu membuat fanpage dengan tema atau topik-topik tertentu untuk menarik lebih banyak pengikut di Facebook. 

Apabila fanpagemu sudah memiliki banyak pengikut, kamu juga bisa mulai membagikan konten berkualitas dan bermanfaat yang ada di website mu pada halaman fanpage Facebook. Ingat untuk selalu aktif di halaman fanpage. Jangan sampai banyak pengikut yang memberikan komentar untuk setiap konten yang kamu unggah tapi gak kamu respons. Bisa-bisa mereka pergi satu per satu.

15. Memonetisasi akun Facebook fanpage

Apakah akun fanpage bisa dimonetisasi? Jawabannya adalah bisa. Kamu akan dibayar berdasarkan cost per million (CPM). Maksudnya adalah uang yang kamu dapatkan berdasarkan 1000 tampilan iklan. Apa saja syaratnya?

  • Kamu harus memiliki halaman fanpage dulu, ya.
  • Pengikut di fanpage berjumlah minimal 10 ribu pengikut.
  • Dalam 60 hari terakhir, setidaknya harus ada 30 ribu tayangan video pada fanpagemu dengan durasi minimal 1 menit per video untuk video yang memiliki durasi 3 menit.

Pertanyaan seputar cara mendapatkan uang dari Facebook