7 Film Tentang Saham dan Investasi yang Wajib Kamu Tonton

Pengin menyelami dunia saham, bisnis, dan investasi, tapi terasa berat dan membosankan? Biar ilmu bertambah tanpa terasa jadi beban, belajar dan cari inspirasi lewat nonton film tentang saham dan investasi aja.

Ternyata ada banyak lho film yang mengangkat dunia saham dan investasi sebagai tema utamanya.

Langsung aja, catat nih rekomendasi film tentang saham dan investasi biar kamu makin tertarik dengan dunia saham.

1. Wall Street (1987)

Film Tentang Saham dan Investasi
(Image: AgentPalmer)

Serupa dengan judulnya, film ini mencoba mengangkat situasi bisnis di area perkantoran Wall Street Amerika Serikat. Sutradara Oliver Stone sengaja mempersembahkan film ini buat sang ayah, Lou Stone, seorang pialang saham yang kala itu mengalami depresi berat.

Film ini menyoroti rumitnya kehidupan broker melalui kisah Bud Fox (Charlie Sheen), seorang sales yang berjuang mendapatkan nasabah demi bisa mencapai target. Bud Fox akhirnya bertemu Gordon Gekko (Michael Douglas), pialang andal yang mampu mempermulus karier Fox. Sayangnya, keserakahan Gekko malah menghancurkan hidupnya sekaligus hidup Fox.

2. Boiler Room (2000)

Film Tentang Saham dan Investasi
(Image: YouTube)

Boiler Room merupakan film yang terinspirasi dari kisah nyata sang sutradara, Ben Younger.

Film ini mengisahkan hidup Seth Davis (Giovanni Ribisi), mahasiswa drop out yang menjalankan bisnis judi ilegal di rumahnya.

Seth kemudian bergabung menjadi karyawan magang di perusahaan pialang saham milik Gregg (Nicky Katt). Hubungannya yang buruk dengan sang ayah bikin Seth berambisi memiliki karier yang bagus sebagai broker saham. Sampai pada satu titik Seth menyadari saham yang dia jual merupakan saham bodong.

Film ini menunjukkan gimana euforia di dunia saham bisa menguji moral seseorang. Di sisi lain, tokoh Davis juga menunjukkan kegagalan akademis gak menghalangi keberhasilan dalam berbisnis.

3. The Bank (2001)

Film Tentang Saham dan Investasi
(Image: Vokrug)

Simon O’Reily, CEO yang terkenal kejam di Melbourne Australia, mempekerjakan seorang matematikawan, Jim Doyle. Doyle menganggap dirinya mampu memprediksi pasar saham. Hal ini bikin Simon gak berhenti menekan Jim buat menyempurnakan metode-metode yang ia ciptakan.

Sayangnya, saat Jim berhasil menyempurnakan metodenya, prediksi yang ia temukan malah  menunjukkan pasar saham bakal segera hancur.

The Bank dinominasikan buat sembilan AFI Awards, termasuk Best Film dan Best Original Screenplay buat naskah Robert Connolly.

[Baca: Film Pengabdi Setan Bisa Ngasih Kamu 5 Pelajaran Keuangan Ini Lho]

4. Inside Job (2011)

Film Tentang Saham dan Investasi
(Image: oldeuboi.wordpress)

Film Inside Job mencoba mengajak penonton melihat krisis ekonomi global 2008 lalu lebih dekat. Film karya Charles Ferguson ini berhasil memenangkan Best Documentary Feature di Oscar 2011.

Charles Ferguson menelusuri krisis ekonomi dengan mewawancarai sejumlah narasumber buat membantu penonton memahami krisis keuangan dari berbagai sudut pandang.           

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Nah, di sini kamu bakal menemui banyak istilah ekonomi yang gak awam. Tapi, melalui film ini, Ferguson bakal bikin kamu lebih mudah memahaminya.

5. The Wolf of Wall Street (2013)

Film Tentang Saham dan Investasi
(Image: Movierob.wordpress)

Dalam film ini Leonardo DiCaprio bakal menjadi Jordan Belfort, seorang pialang yang harus meninggalkan pekerjaannya karena perusahaan saham tempatnya bekerja gulung tikar.  

Kecintaannya pada dunia saham bikin Belfort tetap pengin menjadi seorang pialang. Ia dan kawan-kawannya akhirnya membuka perusahaan saham sendiri. Sayangnya, di puncak kejayaan kariernya, mereka tergoda melakukan tindakan ilegal hingga menjadi incaran FBI

Film biografi Jordan Belfort ini mencoba menghibur sekaligus menyindir kehidupan orang kaya baru dan para mafia saham dengan sentuhan komedi. Menarik nih!

[Baca: Belajar dari 7 Film Ini Tentang Mereka yang Berulang Kali Gagal Lalu Sukses]

6. The Big Short (2015)

Film Tentang Saham dan Investasi
(Image: ohthatfilmblog)

Masih berlokasi di area  Wall Street, film ini mengisahkan empat pria yang memiliki ide gila di tengah-tengah krisis perekonomian dunia. The Big Short merupakan film adaptasi buku berjudul serupa karya Michael Lewis. Seperti Inside Job, film ini juga menggunakan Great Depression alias krisis finansial global sebagai latar cerita.

DI film ini kamu bakal melihat Margot Robbie dan Selena Gomez menjelaskan sejumlah istilah ekonomi hingga situasi perekonomian dunia dengan analogi yang mudah dipahami. Selain bisa bikin wawasanmu bertambah, karena film ini bergenre komedi, film ini juga bisa bikin kamu terhibur dan senyum-senyum sendiri.

7. The Wizard of Lies (2017)

Film Tentang Saham dan Investasi
(Image: HBO)

Masih ingat dengan skandal skema ponzi yang diduga dilakukan pemilik First Travel? Nah, jenis investasi bodong yang sama juga pernah dilakukan oleh Benard Madoff secara besar-besaran. Kisah Benard tertuang dalam film The Wizard of Lies.

Film The Wizard of Lies diangkat dari buku karangan Diana B. Henriques, berjudul The Wizard of Lies: Bernie Madoff and the Death of Trust. Film ini mencoba mengingatkan penonton buat berhati-hati saat berinvestasi.

[Baca: Buat Penggila Film, Simak Nih Cara Ampuh Nonton Murah]

Nah, itulah 7 rekomendasi film tentang saham dan investasi yang bisa kamu tonton. Hampir tiap film di atas mengingatkan kita bahwa tergiur pada keuntungan besar tanpa pertimbangan yang matang bisa bikin kita jadi sasaran empuk berbagai investasi bodong.

Kamu yang belum ada agenda di akhir pekan ini, bisa nih nonton deretan film tentang saham dan investasi di atas sambil santai-santai di rumah.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →