7 Keunggulan DFSK Glory 580, SUV Baru Buat yang Berbujet Minim

dfsk glory

Kamu tahu mobil SUV DFSK Glory 580? Itu lho yang diluncurkan di ajang Indonesia International Motor Show alias IIMS 2018. Tidak sedikit media yang menyebut mobil SUV seharga Rp 200 jutaan itu sebagai pesaing Honda CR-V.

Sebenarnya mobil DFSK glory 580 buatan mana? DFSK sendiri adalah singkatan dari Dongfeng Sokon. Sokon itu sendiri adalah produsen mobil-mobil truk di Cina. Tapi untuk mobil penumpangnya, mereka pakai nama DFSK. Sejauh ini, DFSK cuma punya satu produk mobil penumpang yaitu DFSK Glory 580.

Tapi ngomong-ngomong apa sih yang spesial dari mobil yang harganya mulai dari Rp 245 jutaan ini? Yuk disimak.

1. DFSK Glory 580 SUV terbaik IIMS 2018

dfsk glory
DFSK Glory 580 (Tempo)

Pada 29 April 2018 lalu, DFSK Glory menyabet penghargaan sebagai SUV terbaik di IIMS 2018. Selain jadi yang terbaik, mobil tujuh penumpang ini juga menjadi mobil yang paling banyak dicoba oleh pengunjung IIMS. Sontak, Glory 580 juga menyabet gelar The Most Tested Choice Automobile.

Memang, mobil ini banyak mengundang rasa penasaran masyarakat yang mendambakan mobil SUV murah. Soal desain, mobil SUV ini cukup bagus dan mewah walaupun kelihatan mengadopsi desain mobil lain.

Coba perhatikan, bumper depan mirip HRV tapi grill nya hampir serupa dengan VW Tiguan. Lalu coba lihat mobil ini dari samping, pasti kamu bakal ngeh kalau body-nya kayak Nissan X-Trail. Dan bagian belakangnya persis seperti Audi Q5.

Apa menurutmu desain DFSK Glory 580 ini keren? Atau malah kurang identitas?

2. Mesin turbo

dfsk glory
Mesin DFSK Glory

SUV ini hadir dalam dua varian mesin. Pertama adalah yang kapasitasnya 1,5 liter dan 1,8 liter. Yang versi 1,5 liter dipersenjatai turbo lho!

Mesin turbo 1,5 liter ini sama seperti versi terbarunya Honda CR-V lho. Konon kabarnya, mobil Negeri Tirai Bambu ini sanggup menyemburkan tenaga maksimum di 147 Hp dan torsi maksimum 220 Nm.

Dengan tenaga sebesar itu, percayalah kalau DFSK Glory 580 nanjak tanpa masalah.

Namun bila dibandingkan dengan CR-V turbo, tenaga Glory 580 emang masih kalah. CR-V yang menggunakan mesin empat silinder segaris ini tenaga maksimalnya mencapai 188 Hp, sementara itu torsi maksimalnya adalah 240 nm.

3. Transmisinya pakai CVT

dfsk glory
Transmisi DFSK Glory 580 (Oto)

Sama dengan CR-V, versi matic dari DFSK Glory 580 juga pakai CVT dengan enam percepatan. Udah pasti lembut deh dalam urusan perpindahan giginya.

Kelebihan lainnya nih, Glory 580 punya transmisi manual. Sedangkan rivalnya yaitu CR-V cuma punya matic.

Kebayang dong, Glory versi manual pasti tarikannya lebih enak dan perawatan lebih murah.

4. Interior mewah

dfsk glory
Interior DFSK Glory (Viva)

Soal interiornya, DFSK Glory 580 patut di acungi jempol. Cukup mewah buat bujet sebesar itu. Warna gelapnya memunculkan kesan sporty dan elegant.

Salah satu instrumen yang bikin mobil ini terlihat mewah adalah sunroof-nya. Selain itu, joknya sudah kulit!

Panjang ruang bagasinya antara 390 – 1.960 mm. Sepeda aja muat buat masuk di sana. Dan ada 30 ruang penyimpanan di mobil ini.

Lantas gimana dengan rivalnya CR-V? Jelas banget mobil seharga setengah miliar ini punya interior sekelas mobil Eropa. Dasbornya dilengkapi material soft touch, ada sunroof juga, dan panel kayu yang berwarna hitam doff.

Soal interior udah pasti Glory kalah deh, tapi ibarat main bola, kekalahannya tipis hanya 1 – 0.

5. Fitur hiburan cukup lengkap

dfsk glory
Head unit Glory 580 (Car Review)

Bicara soal fitur hiburan, SUV ini dilengkapi dengan LCD 10 inci touchscreen yang bisa dihubungkan dengan ponsel. Mobil ini juga menggunakan intelligent key. Jadi kalau mau starter tinggal pencet aja. Setirnya juga sudah multifungsi.

Yang paling unik dari SUV Cina ini adalah adanya fitur Digital Video Recorder, dimana kamu bisa merekam perjalananmu. Fitur ini sebenarnya berfungsi buat merekam catatan mengemudi dan mengetahui penyebab kalau terjadi kecelakaan mobil.

CR-V sejatinya juga punya fitur hiburan yang mantap. LCD CR-V emang lebih kecil 1 inci ketimbang Glory. Belum lagi kabin CR-V senyap banget. So, pengin di luar berisik seperti apapun di dalam mobil tetap tidak bising.

6. Fitur keselamatannya cukup berteknologi

dfsk glory
DFSK Glory (Otomotifnet)

Bicara soal keamanan, mobil ini punya sistem electronic parking brake, empat airbag, dan menurut brosur, keamanan bodi mobil ini udah standar bintang lima. Meski demikian, belum ditemukan laporan soal uji tabrak mobil ini di situs ASEAN NCAP.

Sedangkan CR-V Turbo malah mendapat skor yang baik yaitu 8,8 dari 100 atau dengan kata lain cukup memuaskan. Struktur bodi CR-V memiliki standar Advanced Compatibility Engineering (ACE) dan G-Force Control (G-CON). Mobil ini juga punya enam airbag, hill start assist, Emergency Stop Signal, serta multi-angle rearview camera.

7. Garansi DFSK Glory sampai 7 tahun

dfsk glory
DFSK Glory 580 (Kompas)

Kelebihan lain, garansi mobil ini sampai tujuh tahun atau sampai 150 ribu kilometer lho. Bisa dibilang baru DFSK nih Agen Pemegang Merek (APM) yang berani memberikan garansi ke produknya selama itu.

Komponen yang masuk garansi adalah ECU, power steering elektrik, evaporator AC, radiator, jok, dan komponen digitalnya.

Hebatnya lagi nih, walaupun mobil ini dijual sebagai mobil bekas, garansi bakal ngikut. Hal ini ditujukan biar harga jual DFSK Glory 580 jadi stabil.

Tapi, sama seperti mobil pada umumnya. Saat MoneySmart berbincang dengan salah seorang sales DFSK di IIMS 2018, garansinya bisa hangus kalau kamu pakai pelumas aftermarket.

Jadi, apa kamu tertarik beli DFSK Glory 580? Atau masih ragu nih?

Mobil ini emang menggoda banget dari sisi fitur, mesin, serta kelengkapannya. Tapi, punya mobil itu juga harus mikirin perawatan juga. Soalnya belum ada laporan soal biaya perawatan atau harga suku caang. Maklum mobil baru.

Jadi ada baiknya cari tahu dulu deh ke showroom-nya, ngobrol-ngobrol dengan sales, dan coba cari ulasan test drive DFSK Glory di YouTube.

Beli DFSK secara cash? Jangan lupa miliki asuransi dan temukan pilihan terbaiknya dalam kuis berikut ini!

Buat kamu yang beli secara cash, termasuk membeli DFSK, miliki asuransi mobil untuk minimalkan ongkos perbaikan di bengkel. Temukan pilihan asuransi mobil terbaik dengan mengikuti kuis di bawah ini.

Pertanyaan seputar DFSK Glory

Footer Banner