7 Mineral dan Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh, Konsumsi Wajib saat Pandemi COVID-19

vitamin selama masa pandemi

Menjaga sistem imun tubuh selama masa pandemi COVID-19 sangat penting dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi mineral dan vitamin untuk daya tahan tubuh. Selain itu, tentunya kita juga harus senantiasa mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari infeksi virus tersebut.

Mineral dan Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Vitamin adalah zat organik dibutuhkan tubuh dan banyak terkandung dalam makanan, sedangkan mineral adalah senyawa nonorganik yang juga bisa didapatkan dari makanan. Keduanya adalah senyawa yang merupakan mikronutrien bagi tubuh.

Meskipun jumlahnya yang dibutuhkan oleh tubuh terbilang tidak banyak, namun asupan vitamin dan mineral harus tetap terpenuhi agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Mineral dan vitamin untuk daya tahan tubuh sumber utamanya adalah makanan. Namun jika dirasa kurang, Anda bisa mendapatkan asupan tambahan dari suplemen.

Berikut adalah berbagai mineral dan vitamin untuk daya tahan tubuh sebagaimana disampaikan oleh DokterSehat.com.

1. Vitamin D

Anda mungkin mengenal vitamin D sebagai vitamin yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Namun ternyata, vitamin ini juga memiliki banyak manfaat lain, salah satunya adalah untuk sistem kekebalan tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin D dapat meningkatkan respons imun. Bahkan, penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa vitamin D dapat menurukan risiko infeksi saluran pernapasan.

Salah satu sumber vitamin D adalah adalah cahaya matahari dan banyak manakan bernutrisi. Namun Anda juga dapat mendapatkan asupan vitamin D dari suplemen jika memang diperlukan.

2. Vitamin C

 Vitamin C adalah vitamin untuk daya tahan tubuh yang paling populer karena memang perannya sangat penting dalam sistem kekebalan tubuh. Fungsi vitamin C adalah sebagai antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat paparan radikal bebas.

Konsumsi vitamin C tambahan biasanya berkisar antara 250-1000 mg per hari. Ini sangat berguna untuk memelihara sistem imun, terutama untuk individu yang tidak mendapatkan vitamin C cukup dari asupan makanan.

3. Vitamin E

Jika mendengar tentang vitamin E, Anda mungkin langsung teringat dengan manfaatnya untuk kulit. Namun tidak hanya untuk kulit saja, vitamin E juga ternyata memiliki peran penting dalam fungsi sistem kekebalan tubuh.

Sama halnya seperti vitamin C, vitamin E juga bisa menjadi antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi. Jika ingin mendapatkan asupan vitamin E dari makanan, Anda dapat mengonsumsi makanan seperti kacang almond, kacang hazel, atau biji bunga matahari.

4. Vitamin A

Vitamin untuk daya tahan tubuh selanjutnya adalah vitamin A. Vitamin satu ini memiliki fungsi utama untuk melindungi kesehatan mata. Selain itu, vitamin ini juga ternyata memiliki peran penting dalam sistem imun. Vitamin A dari sumber hewani maupun nabati dapat membantu kemampuan tubuh dalam melawan infeksi.

Sumber vitamin A nabati adalah seperti wortel, labu, dan sayuran berdaun hijau, sedangkan sumber hewaninya seperti ikan, daging, dan produk susu. Selain alami dari makanan, konsumsi vitamin A juga bisa didapatkan dari multivitamin yang mengandung vitamin A atau karotenoid.

5. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks seperti vitamin B12 dan B6 memiliki peran penting dalam menjaga sistem imun tubuh. Jenis vitamin B kompleks lainnya yang juga berperan penting untuk imun adalah folat atau vitamin B9.

Sayangnya, banyak orang yang kekurangan vitamin ini dan akan berdampak negatif bagi kesehatan. Sumber asupan vitamin B kompleks bisa didapatkan dari makanan alami, makanan yang diperkaya vitamin B kompleks, atau dari suplemen.

6. Zinc

Zinc adalah salah satu mineral paling umum yang ditambahkan ke suplemen yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan karena zinc memang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Penelitian menemukan bahwa zinc dapat melindungi tubuh dari infeksi saluran pernapasan dan mempercepat proses penyembuhan infeksi. Konsumsi suplemen zinc setiap hari aman, asalkan tidak melebihi 40 mg asupan per hari.

7. Zat Besi

Mineral lain yang juga berperan penting dalam imunitas tubuh adalah zat besi. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan sistem imun tubuh melemah dan dapat menyebabkan penyakit lain seperti anemia.

Zat besi dapat berasal dari sumber makanan seperti ayam, daging merah, tiram, kerang, dan tuna. Anda juga bisa mendapatkannya dari sumber nabati seperti kacang polong, kubis, sayuran hijau, dan sereal yang diperkaya zat besi.

Tips Menjaga Kesehatan saat Pandemi COVID-19

Konsumsi suplemen mengandung vitamin dan mineral tidak dapat mengatasi COVID-19, tapi sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan sistem imun yang kuat, risiko tubuh mengalami infeksi juga akan menurun.

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, tentunya ada banyak hal lain juga yang tetap wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan selama pandemi COVID-19 ini. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Physical distancing. Hindari keluar rumah dan pergi ke keramaian sebisa mungkin. Ketika terpaksa harus ke luar rumah, selalu ingat untuk jaga jarak paling tidak 1 meter dari orang sekitar.
  •  Mencuci tangan. Selama beraktivitas, jangan lupa untuk sering mencuci tangan atau paling tidak menggunakan hand sanitizer. Hindari untuk menyentuh hidung, mulut, dan area wajah lainnya sebelum Anda mencuci tangan.
  • Gunakan masker. Ketika pergi ke mana pun, jangan lupa untuk selalu gunakan masker. Bila perlu gunakan masker juga di rumah apabila tinggal bersama dengan individu suspek COVID-19.

Nah, itu dia berbagai mineral dan vitamin untuk daya tahan tubuh dan tips untuk menjaga kesehatan selama pandemi COVID-19. Jangan lupa untuk selalu patuhi protokol kesehatan di mana pun Anda berada, ya!

Dapatkan Promo