Daftar 7 Mobil Sport Murah Terbaik 2021 di Bawah Rp1 Miliar

Mobil sport

Ada gak sih mobil sport murah di Indonesia? Jawabannya relatif. Pasalnya, jenis mobil ini memang dipasarkan dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan mobil lain seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, Mazda 2, atau mobil hatchback lainnya.

Harga mobil sport sudah setara dengan sebuah medium sedan, atau bahkan bisa lebih mahal lagi lho. Dari segi desain, mobil ini cuma punya dua pintu. Sementara itu buat mesinnya udah pasti punya performa tinggi. 

Jika berminat untuk mengoleksi mobil mewah, tentunya juga jangan lupa sisihkan dana kamu untuk memiliki asuransi mobil. Penting memiliki asuransi mobil demi memberikan proteksi atau perlindungan untuk mobil serta keuangan kamu.

Cukup dengan membayar Rp300 ribu kamu bisa membawa mobil ke bengkel apabila mengalami kerusakan. Selain itu dapatkan penawaran terbaik dengan diskon 25 persen untuk memiliki asuransi mobil di Lifepal.

Daftar mobil sport murah terbaik 2021

Penasaran dengan deretan mobil sport murah di Indonesia? Berikut ulasan lengkapnya.

Toyota 86 – Rp 716,5 juta

Versi terbaru Toyota 86 diluncurkan oleh Toyota di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Mobil sport murah ini desainnya emang gak neko-neko tapi cukup agresif.

Toyota 86 menggendong mesin Boxer berkapasitas 1.998 cc dengan gerakan piston menyamping, layaknya sebuah tangan yang sedang meninju.

Dari sisi performa, tenaga maksimal yang bisa dihasilkan Toyota 86 adalah 197 Hp. Dan pastinya mobil ini punya pengendalian yang enak banget ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Buat konsumsi BBM-nya kurang lebih 9,4 kilometer per liter dalam kota. Terbilang cukup irit buat sebuah mobil sport.

Sementara dari segi perawatan, kayaknya gak perlu khawatir deh. Namanya juga dari Toyota, pastinya suku cadangnya ada di mana-mana. Juga gitu dengan bengkelnya.

Mau tahu lebih banyak tentang keuangan dan asuransi mobil? Lihat pertanyaan populer seputar asuransi di Tanya Lifepal.

Mazda MX 5 RF Skyactiv-G 2.0 – Rp 779,8 juta

Selain Toyota, Mazda juga punya mobil sport murah yaitu Mazda MX 5 RF Skyactiv G 2.0. Mobil Mazda MX 5 ini kerap disebut dengan nama Mazda Miata. Kamu yang pernah main Need for Speed pasti familiar sama nama Miata.

Versi RF merupakan versi roadster alias punya atap yang bisa dilipat. Tapi kalau dipakai harian di Jakarta, mending tutup aja deh atapnya. Karena kalau kamu buka, kamu harus pakai helm. Itu udah jadi peraturan resmi, lho!

Bisa dibilang mobil ini cukup ringan. Tapi sayangnya ruangnya cukup sempit seperti mobil sport pada umumnya. Buat kamu yang punya tinggi badan 185 cm ke atas kayaknya gak bakal nyaman naik Mazda ini karena atapnya mentok.

Kapasitas mesin Mazda MX 5 RF ini adalah 1.998 cc, atau sama kayak Toyota 86. Jumlah silindernya juga cuma empat. Mazda menggunakan teknologi Skyactiv tapi gak pakai turbo, oleh karena itu tenaga maksimumnya cuma 155 Hp.

Buat karakter suspensinya, Mazda MX 5 RF terbilang cukup empuk.

VW Scirocco TSI – Rp 600 jutaan

Selain Toyota, Mazda juga punya mobil sport murah yaitu Mazda MX 5 RF Skyactiv G 2.0. Mobil Mazda MX 5 ini kerap disebut dengan nama Mazda Miata. Kamu yang pernah main Need for Speed pasti familiar sama nama Miata.

Versi RF merupakan versi roadster alias punya atap yang bisa dilipat. Tapi kalau dipakai harian di Jakarta, mending tutup aja deh atapnya. Karena kalau kamu buka, kamu harus pakai helm. Itu udah jadi peraturan resmi lho.

Bisa dibilang mobil ini cukup ringan. Tapi sayangnya ruangnya cukup sempit seperti mobil sport pada umumnya. Buat kamu yang punya tinggi badan 185 cm ke atas kayaknya gak bakal nyaman naik Mazda ini karena atapnya mentok.

Kapasitas mesin Mazda MX 5 RF ini adalah 1.998 cc, atau sama kayak Toyota 86. Jumlah silindernya juga cuma empat. Mazda menggunakan teknologi Skyactiv tapi gak pakai turbo, oleh karena itu tenaga maksimumnya cuma 155 Hp.

Buat karakter suspensinya, Mazda MX 5 RF terbilang cukup empuk.

MINI Cooper JCW – Rp 865 juta

MINI Cooper JCW juga menjadi salah satu mobil sport murah di bawah Rp 1 miliar. JCW sendiri adalah singkatan dari John Cooper Works. Buat versi lima pintu mereka juga punya namun yang ini adalah versi tiga pintu. Dua di samping dan satu di bagasi.

Mobil asal Inggris ini diperkenalkan di Indonesia tahun 2015. Label John Cooper ini juga merupakan penghormatan buat sebuah perancang mobil balap legendaris.

Apa saja yang bisa kamu dapat di MINI Cooper JCW ini? Tentu yang pertama adalah desain yang klasik. Klasik bukan berarti kuno, old school, katro, atau ketinggalan zaman ya. Klasik di sini adalah abadi dan sampai kapan pun terlihat keren!

Interiornya juga terkesan sporty tapi elegan. Dan ruang kapasitas bagasinya sendiri mencapai 221 liter. Gak usah khawatir deh soal fitur hiburan di MINI Cooper JCW ini, pokoknya semuanya lengkap.

Belum lagi mobil ini dipersenjatai dengan mesin 2.0 liter turbo yang sanggup menghembuskan tenaga maksimal 231 Hp. Mobil ini punya enam percepatan dan terbilang cukup irit bensin.

Konon kabarnya, pengendalian mobil ini juga benar-benar mudah dan enak. Mengingat bodinya yang kecil, rasa yang kamu dapatkan gak jauh beda dengan nyetir go-kart.

Subaru BRZ – Rp 400 jutaan (Bekas)

Dealer Subaru di Indonesia PT Motor Image emang udah gak membukukan transaksi penjualan lagi sejak 2015 – 2016. Tapi mobil Subaru BRZ tentunya masih dijual di pasaran dalam kondisi bekas.

Seperti apa sih Subaru BRZ itu? Jawabannya sama seperti Toyota 86, karena ini adalah kembarannya.

Meski demikian, ada perbedaan mendasar juga yang harus kamu ketahui. Front grill Subaru BRZ berbeda dengan Toyota 86. Perbedaan yang kedua ada pada bentuk lampu utamanya.

Konon kabarnya, pengendalian BRZ juga berbeda dengan Toyota 86, terutama saat melewati polisi tidur. BRZ cenderung gak senyaman Toyota 86. Namun kalau emang kamu hobi main slalom atau drift, BRZ jelas lebih unggul.

Mobil sport murah ini bisa kamu dapatkan dengan harga miring kalau jago nawar. Tentu aja, salah satu alasan buat nawar adalah karena dealernya udah gak lagi beroperasi. Otomatis resale value di masa depan juga gak bakal bagus-bagus amat.

Honda CRZ – Rp 300 jutaan (Bekas)

Sama seperti Subaru BRZ, mobil ini udah gak diproduksi lagi. Kiprah CRZ sebagai mobil sport murah sudah berakhir pada 2015 lalu. Meski demikian kamu masih bisa beli mobil ini dalam kondisi bekas dengan harga Rp 300 jutaan.

Satu hal yang harus kamu ketahui tentang CRZ adalah, mobil ini sering jadi mobil pengawas atau safety car di setiap ajang balapan di Sirkuit Sentul. Lantas seberapa asyik sih CRZ itu?

Yang jelas dari sisi desain, bagian depannya terbilang cukup agresif. Cuma, bagian belakangnya emang kurang asyik dilihat.

CRZ adalah mobil sport hybrid yang menggendong mesin  i-VTEC 1.5 liter SOHC dengan Integrated Motor Assist (IMA). Alhasil performanya lebih responsif dan bertenaga, serta hemat bahan bakar banget.

Tapi buat perawatan, mungkin agak ribet kali ya. Soalnya mobil ini adalah hybrid alias perpaduan motor listrik dan mesin pembakaran dalam. Kalau gak ahli-ahli banget, jangan berani-berani deh ngoprek bagian mesinnya. Mending langsung ke bengkel resmi aja.

Daihatsu Copen – Rp 427,5 juta

Daihatsu Copen emang menjadi cerminan sebuah mobil sport. Namun, apakah Daihatsu Copen ini benar-benar bisa masuk ke jajaran mobil sport murah?

Mobil ini kapasitas mesinnya gak sampai 1.000 cc, alias cuma 658 cc aja. Lebih kecil dari mobil murah ramah lingkungan (LCGC). Silindernya juga cuma ada tiga.

Mesin itu menyemburkan tenaga yang gak terlalu besar, cuma 64 Hp aja. Tapi soal bobot, mobil ini benar-benar ringan. Cuma sekitar 800 kilogram aja. Hal ini disebabkan karena material bodi yang menggunakan bahan yang emang ringan, namanya resin.

Lantas, apakah mobil ini bisa dikatakan sebagai mobil sport murah? Hmmm… sepertinya sih bisa saja. Tapi lebih tepatnya lebih ke mobil sport ramah lingkungan kali ya.

Mungkin yang emang ingin punya mobil bersensasi sport tapi belum ingin keluar uang banyak, bisa beli ini dulu. Perawatannya juga pasti lebih murah ketimbang mobil sport lainnya.

Temukan mobil yang cocok dengan mengikuti kuis di bawah ini

Memilih mobil yang cocok harus hati-hati. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, dari segi performa hingga peruntukan mobil itu sendiri. Ikuti kuis memilih jenis mobil yang cocok di bawah ini.

Setelah membeli mobil, pastikan lindungi dengan produk asuransi mobil. Namun perlu kamu ketahui, ada dua jenis asuransi mobil, yaitu all risk dan TLO. Asuransi all risk menanggung segala jenis kerusakan dan kehilangan dari yang ringan sampai parah. Berbeda dengan asuransi TLO yang hanya menanggung kerusakan parah saja.

Temukan juga asuransi mobil yang pas untuk mobil pilihanmu dengan mengikuti kuis memilih asuransi mobil terbaik berikut ini.

Cara memilih mobil sport

Sebelum memilih mobil sport, simak tips berikut ini!

Jika budget terbatas, mobil sport bekas bisa jadi opsi

Mobil sport adalah jenis mobil yang dipasarkan dengan harga relatif tinggi. Oleh sebab itu, jika memang budget kamu terbatas, mobil sport bekas bisa menjadi opsi. Apalagi jika kamu cepat bosan dan suka bergonta-ganti mobil.

Pilih prioritas: desain atau kecepatan?

Pilihan ini tergantung dari kebutuhan kamu. Meskipun memang mobil sport memiliki kecepatan di atas rata-rata, ada beberapa tipe yang memiliki kecepatan sangat tinggi seperti Lamborghini Aventador atau Bugatti Veyron.

Namun, jika kamu lebih suka mengendarai mobil sport untuk berjalan-jalan di daerah perkotaan padat, pilihlah mobil yang lebih mengutamakan desain.

Pastikan sudah punya skill berkendara yang bagus

Karena kecepatannya yang tinggi, setir lebih responsif dan injakan pedal lebih terasa. Oleh sebab itu, perlu kemampuan berkendara yang sangat baik untuk menjinakkan jenis mobil ini.

Perhitungkan biaya tambahan

Jangan lupakan biaya-biaya lain seperti biaya pajak, premi asuransi, biaya servis rutin dan perawatan lain, sampai biaya perbaikan mobil kalau rusak. Rencanakan semuanya ke dalam budgeting kamu ya!

Tips merawat mobil sport

Jika sudah membeli mobil sport, pastikan kamu merawatnya dengan baik agar tidak cepat rusak ya! Berikut adalah beberapa tips merawatnya:

Rutin ganti oli

Sebaiknya rutin mengganti oli mobil setiap 6 bulan sekali untuk menjaga performa mesin supaya maksimal. Jika lebih dari itu, berisiko merusak mesin mobil.

Perhatikan bahan bakar

Bahan bakar adalah hal penting yang perlu diperhatikan dalam merawat mobil sport. Umumnya, jenis mobil ini memerlukan bahan bakar dengan RON tinggi.

Periksa komponen mobil secara teratur

Komponen pada mobil mahal relatif sensitif, sehingga perlu kamu cek secara teratur. Lakukan general check up setiap 10.000 km sekali supaya aman.

Kontrol sistem keamanan

Sistem keamanan pada mobil sport lebih kompleks dari mobil biasa karena gerakannya yang lebih lincah. Beberapa hal yang harus diperhatikan di antaranya Dynamic Stability Control (DSC), Anti Lock Braking System (ABS), dan Active Stability Control (ASC). 

Cek body mobil

Sebagai mobil mahal, tentu saja penting untuk terlihat sempurna secara fisik. Oleh sebab itu cek juga bagian body mobil secara rutin apakah bebas dari korosi.

Demikian beberapa jenis mobil sport dan tips dalam membeli dan mengelolanya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari mobil baru, ya!

Pertanyaan seputar mobil sport

Apa saja mobil sport yang ada di Indonesia?

Mobil sport yang ada di Indonesia di antaranya Toyota 86, Mini Cooper JCW, Subaru BRZ, Honda CRZ, Lexus RC, Audi A5, dan Honda Civic Type R.

Apa mobil sport yang cocok di Indonesia?

Beberapa tipe mobil sport yang cocok di Indonesia di antaranya Mazda MX5, BMW M2, Toyota Supra, BMW Z4, Porsche Cayman, Maserati Gran Cabrio.

Apa saja mobil sport yang murah?

Beberapa mobil sport dengan harga murah di bawah Rp1 miliar adalah di antaranya Toyota 86, Mini Cooper JCW, Subaru BRZ, Honda CRZ, dan Honda Civic Type R.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →