Ini Dia 7 Orang Indonesia yang Paling Dikagumi Publik

orang Indonesia

Lembaga survei Yougov pada Desember 2017 lalu melakukan survei terhadap 37 ribu responden dari 35 negara untuk mencari siapa sih tokoh yang dikagumi masyarakat. Dari 35 negara itu, orang Indonesia juga masuk dalam daftar lho.

Lewat survei tersebut, muncul 20 nama pria dan 20 nama wanita. Semuanya adalah publik figur, terlepas dari apa latar belakang pekerjaan mereka. Politisi, pengusaha, artis, penyanyi, dan sebagainya.

Dari 40 nama tersebut, bisa diketahui siapa orang yang paling dikagumi dari masing-masing negara. Di Amerika misalnya, yang paling dikagumi adalah Barack Obama, lalu istrinya Michelle Obama, diikuti Donald Trump, dan Oprah Winfrey.

Lantas kalau di Indonesia siapa aja ya? Penasaran? Yuk kita cari tahu tujuh tokoh yang paling difavoritkan orang Indonesia.

1. BJ Habibie

orang indonesia
B.J. Habibie (Liputan 6)

B.J. Habibie berhasil menempati posisi pertama sebagai tokoh yang paling dikagumi di Indonesia. Mantan Presiden Republik Indonesia ini mendapat skor kekaguman 18,60 persen.

Apa sih yang bikin orang Indonesia terkagum-kagum dengan Habibie? Pria kelahiran Pare-Pare pada 1936 silam ini bisa dikatakan sebagai teknokrat dan pengusaha yang sukses. Namanya gak cuma terkenal di Indonesia, tapi juga di mancanegara.

Saat duduk di bangku SMA, kemampuan akademis Habibie emang menonjol dibanding yang lain, terutama dalam pelajaran eksakta. Dia juga jadi murid terfavorit di sekolahnya saat itu.

Setelah lulus SMA, dia melanjutkan kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Namun di tengah jalan dia pindah ke Jerman karena mendapat beasiswa dari pemerintah.

Habibie lalu memilih jurusan Teknik Penerbangan, dengan spesialisasi konstruksi pesawat terbang di Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule (RWTH). Habibie berhasil lulus dengan gelar Diploma Ing predikat cum laude! Bayangin, di luar negeri bisa cum laude.

Kejeniusan Habibie itu yang bikin dia sukses dalam kariernya. Dia pernah bekerja di perusahaan pesawat terbang ternama di Jerman. Habibie kemudian pulang ke Indonesia dan menjadi Menteri Riset dan Teknologi. Dia memimpin 10 BUMN, dan jadi otak di balik pembuatan pesawat N250 Gatot Kaca, pesawat made in Indonesia pertama.

Meskipun Habibie menjadi presiden dengan masa jabatan terpendek, namun dia berhasil memulihkan ekonomi Indonesia. Selain itu, di bawah kepemimpinannya, lahir UU Anti-Monopoli dan UU Otonomi Daerah yang cukup berpengaruh.

2. Susi Pudjiastuti

orang indonesia
Susi Pudjiastuti (Liputan 6)

Kamu pasti kenal dong sama bu Susi yang sekarang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia ini. Perempuan yang cuma punya ijazah SMP ini mendapat skor kekaguman 13,70 persen atau berada di posisi kedua setelah Habibie

Sama seperti Habibie, kesuksesan Susi gak cuma dalam dunia politik lho. Dia juga sukses di dunia bisnis.

Perempuan kelahiran Pangandaran 1965 silam ini lahir dari keluarga yang berkecukupan. Orangtuanya bekerja sebagai penjual hewan ternak.

Sebetulnya, Susi sempat lanjut sekolah sampai SMA. Namun dia terpaksa berhenti karena aktif berkampanye golput waktu pemerintahan Soeharto.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Ketika putus sekolah, Susi memutuskan buat berbisnis bedcover. Lambat laun, Susi jatuh cinta terhadap dunia bisnis yang dia geluti. Ekspansi pun dilakukan ke sektor perikanan, di mana Susi bisa mencicipi kesuksesan lewat jualan lobster.

Susi pun akhirnya mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product buat bisnis perikanannya. Dia juga mendirikan maskapai penerbangan bernama Susi Air.

Sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan, tentu kamu tahu kan dengan jargon beliau “saya tenggelamkan!” Susi emang giat banget memerangi ilegal fishing di perairan Indonesia dengan  cara tersebut. Tujuannya biar oknum pencuri kapok.

Susi juga kerap dikritik petinggi negara lain karena sikapnya dinilai melanggar hukum internasional. Namun dia gak peduli dengan kritik dan kecaman itu. Menurutnya apa yang dilakukan adalah upaya buat melindungi hak dan kedaulatan bangsa.

[Baca: 5 Anak Muda Indonesia yang Mendunia dengan Prestasi Tak Terkira]

3. Joko Widodo

orang indonesia
Presiden Jokowi (Liputan 6)

Urutan ketiga ditempati oleh Presiden Joko Widodo. Dia berhasil dapat skor 12,40 persen. Udah tahu belum gimana kisah hidup Presiden Ke-7 Indonesia ini?

Sebagai orang Indonesia, Jokowi lahir dari keluarga yang sederhana, namun hal itu gak menghalanginya buat bermimpi tinggi.

Jokowi kecil emang udah pandai dalam urusan dagang. Selain itu dia juga pernah kerja sambilan sebagai kuli panggul dan ojek payung.

Pria asal Surakarta ini berhasil masuk ke Universitas Gajah Mada jurusan Kehutanan. Dengan ilmu perkayuan, dia akhirnya sukses berbisnis furniture yang dagangannya laris hingga ke Eropa sana.

Di tahun 2005, dia mulai memberanikan diri terjun ke politik lewat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Jokowi berhasil menduduki kursi Wali Kota Surakarta.

Sebagai Wali Kota, Jokowi bikin sejumlah terobosan yang berdampak pada perubahan drastis kota tersebut. Sebut aja pembangunan pasar tradisional, city walk 7 KM, Solo Techno Park, mendukung proyek Esemka, hingga mendukung konser musik Rock in Solo.

Prestasi itu yang membawanya dikenal masyarakat dan menjadi Gubernur Jakarta pada 2012. Dia pun merilis rangkaian kebijakan buat mempercepat sarana pembangunan kota, transportasi umum, serta penanggulangan banjir.

Singkat cerita, Jokowi pun makin populer di mata orang Indonesia karena kebijakannya. Pada 2014, dia berhasil menjadi orang nomor satu di Tanah Air. Buat merayakan kemenangannya, dia menggelar konser di Monas dengan tema Konser Tiga Jari.

4. Agnez Mo

Urutan pertama dan ketiga udah ditempati oleh politisi yang sekaligus juga merupakan pengusaha. Di urutan ke empat, ternyata orang Indonesia memfavoritkan Agnez Monica alias Agnez Mo.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Penyanyi beken ini mendapatkan skor 8,90 persen.

Agnez Monica Muljoto merupakan anak bungsu dari Ricky Muljoto dan Jenny Siswono. Pendidikan Agnez patut diacungi jempol. Dia pernah mengenyam studi di Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan.

Dulunya, Agnes Mo ini seorang penyanyi cilik yang pernah berduet dengan Eza Yayang. Tapi dia berhasil go international berkat kerja kerasnya di dunia hiburan. Ketika remaja, dia makin beken dengan prestasinya di dunia akting. Mungkin generasi zaman old familiar dengan sinetron yang dibintangi Agnez dan Syahrul Gunawan, judulnya “Pernikahan Dini.”

Walau banyak tawaran di dunia akting yang diterima perempuan kelahiran 1986 ini, Agnez gak lantas meninggalkan dunia tarik suara. Agnez Mo bisa dikatakan sebagai penyanyi yang paling sering mendapat penghargaan di Indonesia.

Tahun 2010, survei Cosmopolitan menyebutkan bahwa Agnes adalah penyanyi terseksi di Indonesia. Tahun 2011, Agnez berhasil berkolaborasi dengan Michael Bolton serta tampil di album keempat Presiden RI Ke-6 Soesilo Bambang Yudhoyono yang bertajuk Harmoni.

[Baca: 8 Usaha Bangkrut Milik Artis Ini Buktikan Popularitas Bukan Jaminan]

5. Basuki Tjahaja Purnama

orang indonesia
Ahok (Liputan 6)

Balik lagi ke dunia politik nih, orang kelima yang dikagumi orang orang Indonesia ternyata adalah mantan Gubernur Jakarta. Dialah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Dia dapat skor kekaguman sebesar 8,20 persen.

Pria kelahiran Manggar, Bangka Belitung 1966 silam itu dapat didikan keras dari sang ayah. Dia selalu diingatkan buat belajar biar gak terlena dengan kenyamanan yang diberikan orangtua.

Keluarga Ahok emang terbilang cukup mapan di kampungnya. Dan Ahok juga bisa dikatakan sebagai anak yang lebih cerdas ketimbang teman-temannya di sekolah.

Meski demikian, dia juga pernah hidup susah saat melanjutkan studinya di jenjang SMA saat di Jakarta. Saat itu, usaha sang ayah sedang mengalami masalah. Ahok dan adiknya, Basuri, harus hidup hemat di Ibu Kota.

Setelah lulus dari SMA, dia melanjutkan kuliah di Trisakti jurusan Geologi dan S2 di Prasetiya Mulya.

Dalam dunia bisnis, Ahok menjabat sebagai Direktur PT Nurindra Ekapersada pada 1995. Setelah itu, dia juga pernah bekerja di PT Simaxindo Primadaya dan mendirikan pabrik di Dusun Burung Mandi, Belitung Timur. Dan pada 2004, dia mendapat investor dari Korea buat mendirikan pusat pengolahan biji timah.

Kariernya di dunia politik diawali di Partai Indonesia Baru (PIB). Dia terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur. Atas prestasinya, Ahok berhasil menjadi Bupati Belitung Timur periode 2005 sampai 2010.

Karier politik Ahok berjalan mulus hingga akhirnya dia menjadi Wakil Gubernur DKI, dan Gubernur DKI setelah Jokowi menjadi presiden.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Pada Mei 2017, Ahok divonis dua tahun penjara atas kasus kontroversial yang berkaitan dengan masalah agama.

6.  Sri Mulyani Indrawati

orang indonesia
Sri Mulyani (Kompas)

Posisi keenam diduduki oleh orang Indonesia yang saat ini menjadi salah satu menteri terbaik di dunia dalam World Government Summit di Dubai. Perolehan skor yang didapat Sri Mulyani adalah 7,90 persen.

Sri Mulyani lahir di Bandar Lampung 1962 silam. Dia adalah anak ketujuh dari seorang guru besar, Prof. Satmoko dan Retno Ningsih. Dalam dunia pendidikan, Sri Mulyani emang jempolan.

Usai lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1986, dia melanjutkan studinya di University of Illinois dan mendapat gelar Master sekaligus Doktor. Pada 2001, dia pergi ke Atlanta dan bekerja di USAID. Pada tahun 2002 hingga 2004 dia menjabat sebagai Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) yang mewakili 12 negara.

Sebagai Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani bisa dikatakan cukup berani melakukan gebrakan. Sebut aja dalam membentuk tim reformasi perpajakan dan memprakarsai tax amnesty.

Pada 2008, dia juga masuk ke dalam daftar 100 besar wanita berpengaruh di dunia. Pada 2012, dia menjadi wanita berpengaruh nomor lima di Asia.

Prestasi ini emang sulit banget disaingi oleh menteri-menteri lain di Tanah Air. Belum lagi, sebelum bergabung lagi di Kabinet Kerja Pemerintahan Presiden Jokowi, Sri Mulyani menjabat sebagai salah seorang direktur di Bank Dunia.

[Baca: 10 Anak Muda Calon Orang Paling Kaya di Indonesia]

7. Tri Rismaharini

orang indonesia
Tri Rismaharini (Kompas)

Perempuan kelahiran Kediri 1961 silam ini menduduki posisi terakhir, dengan jumlah skor kekaguman 7,40 persen. Dia adalah Wali Kota Surabay, Tri Rismaharini.

Risma mengenyam pendidikan sarjana dan magister di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Risma emang dari dulu seorang birokrat. Dia menduduki posisi penting di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) sebelum menjabat sebagai Wali Kota Surabaya.

Di bawah kepemimpinan Risma, Surabaya dikabarkan menjadi lebih asri dan tertata baik. Namun hal itu semua tercapai lewat perjuangan yang gak mudah. Surabaya juga udah mendapatkan penghargaan Adipura Kencana secara berturut-turut sejak 2011 sampai 2014 dalam kategori kota metropolitan.

Risma juga berhasil membawa Surabaya menjadi kota terbaik se-Asia Pasific versi Citynet pada 2012. Sementara di 2013, Surabaya menyabet penghargaan Future Government Award 2013.

Sebagai pemimpin, Risma emang cukup keras. Dalam insiden Taman Bungkul, Risma dan Satpol PP setempat membubarkan kegiatan bagi-bagi Es Krim yang diselenggarakan Wall’s (PT Unilever Tbk) karena berujung pada rusaknya tanaman.

Selain itu, Risma juga pernah tertangkap media turun ke jalan mengatur lalu lintas dan membantu orang menyeberang jalan. Meskipun banyak yang menganggap hal ini sebagai pencitraan, namun buktinya dia tetap jadi salah satu orang yang paling dikagumi di dunia.

Itulah tujuh orang Indonesia yang masuk ke dalam jajaran orang yang paling dikagumi di negaranya sendiri. Kamu harusnya bangga dong satu negara dengan mereka. Lumayan bisa dibanggakan kalau lagi plesir ke luar negeri. Betul, gak?

Nah, selain belajar dari tokoh di atas, kamu juga perlu tahu bahwa salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan adalah memiliki pengaturan keuangan yang baik. Ini bisa kamu lakukan salah satunya adalah dengan menyiapkan anggaran untuk dana darurat, investasi, dan asuransi kesehatan. Dengan begitu, kamu dapat selalu siap secara finansial jika terjadi risiko yang tidak diinginkan!

Mau dapat penghasilan tambahan sampai dengan Rp30 jutaan sebulan? Jadi Mitra Lifepal aja. Dengan menjadi Mitra Lifepal, kamu bisa mendapatkan banyak pengetahuan tentang asuransi di Indonesia sekaligus mendapatkan penghasilan dengan memasarkannya.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai perencanaan keuangan berbisnis dan perlindungan yang cocok untukmu dan keluarga, tanyakan di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →