Ini 7 Orang Terkaya Pada Zaman Dahulu Kala, Jeff Bezos Lewat!

Kaisar Roma Augustus (vmire.pro)

Orang terkaya sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu kala. Mirip-mirip kaya zaman sekarang, orang-orang tajir juga dikenal di seantero wilayah tempat tinggal maupun di daerah lainnya.

Gak tanggung-tanggung, di antara mereka bahkan ada yang memiliki total kekayaan hingga mencapai US$ 4,6 triliun. Jika dikonversikan dengan nilai tukar Dolar atas Rupiah per 24 Agustus 2018 yang menyentuh angka Rp 14.649.09, nilai harta mereka tembus Rp 67.386 triliun!

Saat ini, predikat orang terkaya di dunia dipegang oleh bos Amazon, Jeff Bezos. Menurut Forbes, Bezos memiliki harta mencapai US$ 151,6 miliar atau sekitar Rp 2.288 triliun. Wah, kekayaan Bezos aja belum ada apa-apanya ya?

Nah, penasaran gak sih siapa saja orang terkaya di zaman kuno? Berikut ini tujuh di antaranya, mulai dari yang total kekayaannya paling sedikit dulu ya.

7. Cosimo De Medici – Rp 1.888 triliun

Cosimo de Medici. (Wikimedia Commons)
Cosimo de Medici. (Wikimedia Commons)

Orang terkaya pada zaman dahulu yang pertama adalah Cosimo De Medici yang memiliki kekayaan mencapai US$ 129 miliar atau sekitar Rp 1.888 triliun.

Kekayaan yang dimiliki pebisnis asal Florence, Italia pada tahun 1389-1464 ini diperoleh dari bisnis perbankan yang didirikan di negara tersebut.

6. Marcus Licinius Crassus – Rp 2.488 triliun

Marcus Licinius Crassus. (Wikimedia Commons)
Marcus Licinius Crassus. (Wikimedia Commons)

Jenderal Romawi yang bernama Marcus Licinius Crassus ditaksir memiliki total kekayaan mencapai US$ 169,9 miliar atau sekitar Rp 2.488 triliun.

Kekayaan Crassus bahkan disebut-sebut setara dengan harta kerajaan Roma kala itu. Kekayaan yang diperoleh Crassus didapatkan dari bisnis properti yang ia geluti, juga jual beli budak. dan produksi perak.

5. Pangeran Alan Rufus – Rp 2.855 triliun

Alan Rufus. (Wikimedia Commons)
Alan Rufus. (Wikimedia Commons)

Pangeran Inggris Alan Rufus diprediksi memiliki kekayaan sebesar US$ 195 miliar atau sekitar Rp 2.855 triliun.

Kekayaan yang dimiliki oleh orang kepercayaan Raja William pada periode 1040-1093 tersebut didapatkan dari hasil mengelola wilayah genting di daerah Inggris yaitu Richmond.

4. Raja William – Rp 3.338 triliun

Alan Rufus. (Wikimedia Commons)
Alan Rufus. (Wikimedia Commons)

Raja Inggris periode 1028-1087, Raja William memiliki total kekayaan mencapai US$ 228 miliar atau sekitar Rp 3.338 triliun.

Raja keturunan Viking tersebut semakin bertambah kaya setelah berhasil menaklukan seluruh Inggris di tahun 1066.

3. Mansa Musa – Rp 6.076 triliun

Mansa Musa. (Wikimedia Commons)
Mansa Musa. (Wikimedia Commons)

Raja Mansa Musa di Kerajaan Mali, Afrika Barat ditaksir memiliki kekayaan mencapai US$ 415 miliar atau sekitar Rp 6.076 triliun.

Kekayaan yang diperolehnya berasal dari tambang emas. Memang, pada tahun 1280-1337, kerajaannya merupakan produsen emas terbesar di dunia.

2. Genghis Khan – Rp 14.642 triliun

Genghis Khan. (Wikimedia Commons)
Genghis Khan. (Wikimedia Commons)

Kaisar Mongolia, Genghis Khan diperkirakan memiliki kekayaan sebesar US$ 1 triliun atau sekitar Rp 14.642 triliun.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Pasalnya, pada periode kekuasaannya di tahun 1162-1227, Mongolia dikenal sebagai kekaisaran penjajah yang memiliki strategi militer terkuat sepanjang sejarah.

Selain itu, pada masa kepemimpinannya, area kekuasaan Mongol terbentang dari China hingga Eropa atau bisa dibilang sebanding dengan 22 persen area daratan di dunia. Jadi, wajar aja kalau Genghis Khan memiliki kekayaan berlimpah.

1. Kaisar Roma Augustus – Rp 67,386 triliun

Kaisar Augustus. (Wikimedia Commons)
Kaisar Augustus. (Wikimedia Commons)

Orang terkaya di dunia zaman dulu dipegang oleh Kaisar Roma Augustus yang memiliki kekayaan hingga US$ 4,6 triliun atau jika dikonversi ke rupiah dengan kurs sekarang mencapai sekitar Rp 67.386 triliun.

Ya, Augustus merupakan kaisar dari kekaisaran pertama di Roma yang menguasai banyak wilayah di dunia sekitar 2.100 tahun lalu.

Itu dia tujuh orang terkaya zaman dulu yang memiliki kekayaan segambreng. Sebagian diantaranya berhasil mengumpulkan kekayaan berlimpah dari hasil merampas harta wilayah-wilayah jajahannya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →