7 Perusahaan Video Game Terbesar di Dunia Bercuan hingga Rp 147 Triliun

Perusahaan game terbesar di dunia

Salah satu industri yang berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan adalah gaming. Hal tersebut bisa dilihat dari pendapatan yang didapatkan oleh para perusahaan game terbesar di dunia ini. 

Bagi masyarakat perkotaan, mencari hiburan yang efektif serta efisien adalah hal yang susah-susah gampang untuk dicari saat tugas kantor menumpuk setiap harinya. Salah satu yang bisa dilakukan tanpa perlu membuang banyak waktu adalah dengan bermain video game.

Potensi ini tentunya sudah diincar oleh berbagai perusahaan video game yang baru maupun udah lama malang melintang di industri tersebut. Tercatat pada tahun 2018 pertumbuhan industri video game mencapai US$ 131 miliar atau setara Rp 1.845 triliun, di mana kontribusi terbesar disumbangkan dari game handphone, melansir dari Variety.

Nah daripada berlama-lama lagi mending langsung simak aja nih 7 perusahaan game terbesar di dunia berikut ini:

Baca juga: APBN Indonesia Gak Ada Apa-apanya Dibandingkan Nilai Jual Deretan Perusahaan Ini

7. Perusahaan game terbesar di dunia salah satunya Bandai Namco – Rp 30 triliun

 

Perusahaan game terbesar di dunia
Bandai Namco memiliki cuan Rp 30 triliun per tahun, (Ilustrasi/Shutterstock).

Perusahaan game terbesar di dunia urutan ketujuh diraih oleh Bandai Namco yang berdiri tahun 2005 di Jepang. Korporasi ini merupakan hasil merger dari perusahaan game Namco dan perusahaan mainan robot plastik Bandai.

Beberapa nama judul game yang mereka miliki adalah Tekken, Dragon Ball dan Pac-Man. Selain video game, perusahaan ini juga terkenal akan anime robot bernama Gundam yang punya desain kece dan fituristik.

Total pendapatan yang berhasil diraih oleh Bandai Namco mencapai Rp 30 triliunan pada tahun 2018.

Baca juga: Makan di Pinggir Jalan Hingga Liburan Supermewah, Ternyata Begini Kehidupan Raul Lemos

6. Electronic Arts – Rp 48 triliun

Perusahaan game terbesar di dunia
Electronic Arts memiliki cuan Rp 48 triliun per tahun, (largest.org).

Posisi keenam ada Electronic Arts (EA) yang berdiri pada tahun 1982 di Amerika Serikat. Beberapa nama game seperti FIFA, Need For Speed, Battlefield dan The Sims menyumbangkan pundi-pundi yang gak sedikit untuk mereka.

Tercatat pada tahun 2018 keuntungan yang berhasil diraih oleh Electronic Arts menyentuh Rp 49 triliun.

Baca juga: 30 Perusahaan Terbesar di Indonesia yang Punya Nilai Tinggi dan Aset Jumbo

5. Activision Blizzard – Rp 49 triliun

Perusahaan game terbesar di dunia
Activision Blizzard memiliki cuan di angka Rp 49 triliun per tahun, (largest.org).

Selanjutnya ada Activision Blizzard yang berdiri pada tahun 2008. Mirip seperti Bandai Namco, korporasi ini berdiri lantaran merger antara perusahaan Activision dan Vivendi Games.

Pada Maret 2018, mereka menjadi salah satu pemimpin pasar video game di kawasan Eropa dan Amerika. Beberapa game yang dimiliki adalah Call of Duty, Prototype dan Blur. 

Sedangkan untuk keuntungan yang didapatkan oleh Activision Blizzard tahun 2018 mencapai Rp 49 triliun.

4. Perusahaan game terbesar di dunia Nintendo – Rp 59 triliun

Perusahaan game terbesar di dunia
Perusahaan game terbesar di dunia Nintendo memiliki cuan di angka Rp 59 triliun, (largest.org).

Duduk di posisi keempat ada Nintendo yang didirikan oleh Fusajiro Yamauchi tahun 1889. Sebelum menjadi perusahaan video game, Nintendo merupakan produsen permainan kartu di Jepang.

Barulah pada tahun 1974 Nintendo merambah dunia video game elektronik dan sukses memproduksi console game Nintendo Entertainment System. Salah satu tokoh kartun yang sukses dibuat oleh Nintendo adalah Mario Bross. 

Tahun lalu tercatat cuan yang berhasil didapatkan oleh Nintendo mencapai Rp 59 triliun.

3. Microsoft – Rp 109 triliun

Perusahaan game terbesar di dunia
Microsoft memiliki cuan di angka Rp 109 triliun, (largest.org).

Perusahaan game terbesar di dunia nomor 3 adalah Microsoft. Walaupun namanya besar karena sistem operasi Windows yang digunakan oleh banyak komputer di dunia, perusahaan bikinan Bill Gates ini gak mau ketinggalan untuk bersaing di industri game.

Langkah nyata yang mereka lakukan pertama kali pada tahun 2001 dengan memproduksi konsol game XBOX untuk menyaingi ketenaran Playstation 2. Selain itu Microsoft juga menghasilkan banyak judul game seperti Halo dan Forza Horizon.

Keuntungan yang diraih Microsoft dari industri video game tahun 2018 sebesar Rp 109 triliun.

2. Tencent – Rp 116 triliun

Perusahaan game terbesar di dunia
Tencent memiliki cuan hingga Rp 116 triliun per tahun, (largest.org).

Duduk di urutan kedua perusahaan game terbesar di dunia ada Tencent yang berdiri tahun 1998 di China. China emang bisa dibilang salah satu negara banyak menghasilkan perusahaan besar. 

Nama game yang mendongkrak nama Tencent di industri game dunia adalah Player Unknown Battlegrounds Mobile atau biasa disingkat PUBG. Tencent belakangan juga merambah industri film dengan membuat rumah produksi.

Cuan yang berhasil didapatkan oleh Tencent pada tahun 2018 menyentuh Rp 116 triliun.

1. Sony Computer Entertainment – Rp 147 triliun

Perusahaan game terbesar di dunia
Sony Computer Entertainment – Rp 147 triliun per tahun, (largest.org).

Perusahaan game terbesar di dunia diraih oleh Sony Computer Entertainment. Pasti semua dari kamu tahu konsol buatannya yakni Playstation yang sudah mendunia. 

Dibandingkan Xbox ataupun Nintendo, Playstation saat ini masih memimpin pasar konsol game. Game-game yang mereka buat juga gak kalah kece seperti The Last of Us, Gran Turismo hingga Horizon Zero Dawn.

Sony Computer Entertainment berhasil membukukan keuntungan yang lumayan fantastis mencapai Rp 147 triliun di tahun 2018 kemarin, melansir dari Largest.

Nah itulah daftar 7 perusahaan game terbesar di dunia pada hari ini. Dengan tumbuhnya game mobile yang pesat, tentunya membuat persaingan kedepannya bakal semakin ketat. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →