7 Rahasia Sukses Bos Warunk Upnormal yang Punya Ratusan Cabang

7 Rahasia Sukses Bos Warunk Upnormal yang Punya Ratusan Cabang

Anak gaul Tebet pasti udah gak asing lihat antrean pelanggan waiting list di depan Warunk Upnormal pada Jumat malam. Pemandangan yang sama juga sering ditemui di daerah Cikini maupun Margonda, Depok.

Di tangan Rex Marindo dan teman-teman founder lainnya, kafe kekinian ini dianggap sukses melejit dan mampu bertahan di tengah persaingan bisnis kuliner yang semakin ketat.

Kesuksesan Rex Marindo dan kawan-kawan ini juga terbukti dari sejumlah usaha yang mereka jalani.

Kini, di bawah PT Citarasaprima Indonesia Berjaya (CRP), mereka telah sukses mendirikan 28 cabang Nasi Goreng Rempah Mafia, 25 cabang Bakso Boedjangan, 80 cabang Warunk Upnormal, 6 restoran Sambal Karmila, restoran Fish Wow Chesse, dan segera menyusul Upnormal Coffee Roaster.  

Sejumlah kesuksesan ini mereka raih dalam waktu kurang dari empat tahun. Keren banget kan? Mau tahu rahasia sukses dari Rex Marindo sebagai salah satu founder-nya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Ketahui apa motivasi terbesarmu

Warunk Upnormal

Sebelum menjadi pengusaha, Rex bekerja sebagai seorang konsultan dan menjalani bisnis periklanan. Pada 2013, ia melakukan estimasi perhitungan penghasilan yang akan ia dapatkan jika terus menjadi konsultan.

Saat itu, hasil perhitungannya tak bisa memenuhi keinginannya untuk bisa pensiun di usia 40-an. Ia pun mencari cara untuk bisa mencapai mimpinya tersebut, dan menjadi pengusaha di bisnis kuliner adalah jalan yang ia pilih.

Rex juga ingin membuat masyarakat Indonesia bangga terhadap kuliner bercita rasa lokal. Dalam semua brand-nya, visi Bring Local Food to the Next Level pun menjadi motivasi terbesar Rex dan para founder lain.

Dua motivasi inilah yang menjadi motivasi utama saat menjalani bisnis yang ia geluti saat ini. Bagaimana denganmu?

2. Fokus pada konsumen

Warunk Upnormal
(Image: ngirittraveler)

Di setiap outlet Warunk Upnormal, kamu akan mudah menemukan colokan, WIFI gratis, desain dinding yang Instagrammable, hingga beraneka boardgame. Sejumlah fasilitas ini dianggap mampu memuaskan target pasar kafe ini, yakni para millennials hingga generasi Z.

Sebelum mendirikan usaha, Rex melakukan riset mendalam terhadap target pasar alias konsumen bisnisnya nanti. Amati dan cari tahu kegiatan sehari-hari calon target pasar. Ketahui apa yang mereka sukai dan butuhkan.

Saat mendirikan Warunk Upnormal, Rex menemukan bahwa mi instan Indomie disukai banyak orang di Indonesia. Rex dan tim kemudian mencari value yang bisa membuat harga produk miliknya memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari tempat lain.

3. Hidup sederhana dan tidak konsumtif

Warunk Upnormal

Kalau ada istilah semakin tinggi penghasilan seseorang, semakin tinggi gaya hidupnya, maka hal ini gak berlaku buat Rex Marindo. Menurut Rex, semakin banyak uang, artinya semakin banyak restoran yang bisa ia buka.

Kesederhanaan Rex juga terlihat dari caranya berbusana. Ia kerap menggunakan kaos berwarna hitam dengan tulisan brand yang ia punya. Pria asal Palembang ini juga memilih mengendarai motor ketimbang mobil.

4. Tidak pernah berhenti belajar

Bagi Rex, sebagai seorang pengusaha wajib hukumnya untuk terus mencari ilmu baru. Dengan catatan, ilmu dasar yang diperlukan sudah dikuasai terlebih dulu. Investasi ilmu adalah modal awal yang harus dilakukan para calon pengusaha.

Sediakan waktu khusus minimal 1-2 bulan untuk menguasai ilmu bisnis yang kamu perlukan, seperti manajemen produk, pemasaran, dan lainnya. Selain itu, belajarlah untuk mendapatkan berbagai insight baru.

Aktif mengamati tren dan teknologi juga diperlukan. Bukan gak mungkin jika setahun atau dua tahun ke depan, semua kafe menggunakan sistem pembayaran cashless, jika begini bisnis milikmu pun harus sudah siap mengimplementasikannya.

5. Inovasi produk dan miliki keunikan

Warunk Upnormal

Satu atau dua tahun lalu, harga waralaba salah satu bisnis kuliner Rex berada di angka ratusan juta rupiah, kini angka itu melambung pesat hingga menjadi Rp 4 miliar. Di waktu yang sama, gak sedikit bisnis kuliner yang sukses satu sampai dua tahun, lalu berakhir gulung tikar.

Persaingan yang ketat di bidang kuliner memaksa para pengusaha terus mencari inovasi. Gak hanya Warunk Upnormal yang menjual produk Indomie sebagai bahan utamanya, tapi gak semua restoran tersebut meraih kesuksesan yang serupa.

Inovasi dan keunikan adalah kuncinya.

[Baca: Bisnis Kuliner Bisa Bangkrut Seketika karena 5 Kesalahan Ini]

6. Jangan asal cari investor

Sebelum giat mencari investor buatlah sistem yang baik, serta miliki sumber daya yang bagus. Jangan pernah mencari investor saat bisnismu belum siap. Jika bisnismu telah memiliki infrastruktur yang baik, investor yang tertarik justru akan mendatangimu.

Saat mencari atau memilih investor, menurut Rex, penting untuk memastikan investor tersebut paham terhadap bisnis yang kamu jalani dan memiliki visi yang sejalan dengamnu. Gak hanya rupiah dengan angka besar yang kamu perlukan, melainkan pengetahuan dan arahan dari investor juga jauh lebih penting.

[Baca: 4 Pengusaha Sukses di Indonesia yang Cuma Lulusan SD]

7. Menjadikan bisnis yang dijalani sebagai ibadah

Ada kebahagiaan dan kepuasaan tersendiri bagi Rex dalam menjalani sejumlah bisnis kuliner ini. Saat ini, CRP grup telah memiliki hingga 3500 karyawan. Rex menganggap hal ini sebagai kesempatannya membuka banyak pintu rezeki untuk orang lain.

Gak sampai di situ, saat sudah memiliki ilmu dan pengalaman yang cukup, berbagilah. Berbagi gak hanya materi, menurut Rex, berbagi ilmu dengan menjadi pembicara juga bisa menjadi caranya.

[Baca: 7 Bisnis Kuliner yang Menjanjikan Bermodal Mulai dari Rp 2 Juta]

Itulah 7 rahasia sukses Rex Marindo. Kamu yang ingin meniru jejaknya, bisa coba deretan cara di atas. Punya tips sukses lain yang menurutmu gak kalah jitu? Coba share di kolom komentar.