Pensiun dan Senang-senang di Umur 40? Bisa! Asal Lakukan 7 Hal Ini

Siapa sih yang gak pengin pensiun dini dan menikmati hidup di usia yang belum terlalu tua? Misalnya, kamu pengin pensiun saat usia kepala empat. Itu artinya, di umur 40 tahun, kamu bisa berhenti kerja dan melakukan hal-hal yang gak bisa kamu lakuin semasa kerja.

Sebenarnya bisa banget sih kamu berhenti kerja di usia cukup muda. Namun tentu ada pengorbanannya.

Yap! Seenggaknya kamu mesti lakukan beberapa hal yang biasanya gak cukup lumrah dilakuin pas muda. Mau gak mau sih demi bisa ‘hidup enak’ lebih cepat di penghujung usia muda kamu.

Berhenti kerja di usia 40 tahun dan kemudian menikmati hidup bukanlah impian. Asalkan, kamu lakukan tujuh hal berikut.

1. Mulai lebih awal

pensiun dini
Start lebih awal (pixabay)

Sama halnya dengan pelari, mereka emang berada di garis awal yang sama. Namun, ternyata kecepatan lari saat di awal tersebut bisa jadi berbeda-beda lho. Nah, kamu pun demikian. Di awal, usahakan lari secepat mungkin.

Gitu juga saat kamu masih usia 20-an seusai menyelesaikan pendidikan tinggi. Bila generasi muda lainnya memilih buat menikmati hidup dengan liburan ke sana kemari dulu maka kamu harus pilih jalur yang berbeda.

Segera setelah pendidikan kamu kelar, kamu bisa langsung kerja. Malah semasa kuliah pun gak ada salahnya kamu coba kerja sampingan dan menabung hasilnya.

Dengan begitu, kamu jadi udah mengantongi pengalaman di bidang tertentu saat lulus. Ketika cari kerja, pengalaman yang udah kamu punya itu bisa jadi nilai lebih buat tempat kerja yang kamu incar. Gak menutup kemungkinan, kamu jadi prioritas buat diterima.

2. Menabung sebanyak mungkin

pengertian pensiun dini
Menabung (pixabay)

Menabung gak pandang usia. Apalagi kalau kamu udah punya penghasilan sendiri, tentu kamu harus segera menabung buat masa depan kamu. Dengan penghasilan sendiri, kamu bisa atur seberapa banyak yang pengin kamu tabung.

Nah, biar kamu bisa segera pensiun dini, ada baiknya menabunglah sebanyak mungkin alias gak pakai persen-persenan. Namun, tentu aja harus teratur setiap bulan.

Misalnya, kamu bisa hitung berapa biaya kebutuhan hidup kamu di bulan itu. Kemudian, seluruh sisanya kamu sisihkan buat ditabung dan diinvestasikan.

Biar aman, kamu bisa pilih investasi yang cukup aman dan gak spekulatif. Contoh, kamu bisa buka tabungan emas. Jadi, nilai uang kamu gak tergerus oleh inflasi yang berkisar sekitar 3 persen sampai 6 persen per tahun.

Malah kamu bisa gunakan prinsip orang Tionghoa buat menabung. Sisihkan sekitar 50 persen sampai 70 persen buat ditabung dan investasi, sedangkan sisanya buat kebutuhan hidup. Sanggup?

Hitung aja tuh, misal gaji kamu Rp 10 juta di usia 25 tahun. Kamu sisihkan setiap bulan sekitar 50 persen aja alias Rp 5 juta buat kebutuhan hidup. Sisanya, yang Rp 5 juta, ditabung. Kalau konsisten, dalam setahun kamu bisa punya uang Rp 60 juta. Kalau dihitung sampai usia kamu 40 tahun, tentu jadi Rp 900 juta alias hampir Rp 1 miliar! Kalau gajimu lebih dari Rp 10 juta per bulan, dengan presentase alokasi tabungan sama, duit yang kamu dapat pastinya lebih besar.

Itu baru tabungan lho. Andaikata kamu taruh sebagian gajimu buat investasi, tentu hasilnya lebih dari itu, mengingat return investasi yang bisa aja sampai 10 persen dalam setahun setahun.

3. Cermat berinvestasi

alasan pensiun dini pns
Cermat pilih investasi (pixabay)

Sebagaimana udah disebutkan sebelumnya, investasi pun sebaiknya gak sembarangan. Bila kamu orang yang tergolong gak sempat buat terus-menerus memantau pergerakan nilai investasi kamu, maka pilihlah investasi yang cenderung aman.

Buat orang-orang yang tergolong konservatif bisa banget tiru metode investasi orang Jerman. Kamu disarankan buat gak pilih investasi yang spekulatif melainkan pilih investasi konservatif seperti misalnya investasi di properti atau emas.

Meski demikian, bukan berarti kamu gak bisa coba taruh uang kamu di pasar saham. Tetap bisa, kok. Yang penting porsinya gak lebih dari 10 persen dari penghasilan kamu.

4. Bikin budgeting dan patuhi

pensiun dini karyawan swasta
Bikin budgeting yang benar (pixabay)

Cita-cita buat menabung gak bakal terpenuhi kalau kamu gak punya budgeting yang baik. Kamu harus pastiin, pengeluaranmu emang buat hal-hal yang penting dan bukan foya-foya.

Contoh, kamu bisa bikin daftar pengeluaran buat masak ketimbang buat makan di luar. Jadinya lebih hemat kan? Apalagi kalau kamu belanja di pasar ketimbang supermarket.

Kemudian, masukkan semua pembayaran rutin terlebih dahulu dalam daftar pengeluaran dan segera bayarkan saat dapat gaji. Jadi, buat menjalani hidup sebulan kamu udah tenang karena pembayaran rutin kayak listrik, air, dan sebagainya udah kamu lunasi.

Jangan lupa hindari biaya-biaya gak penting yang ternyata gak kamu gunakan. Misalnya, kamu gak perlu langganan streaming film bila kamu emang jarang nonton. Kamu pun gak perlu daftar gym kalau kamu ternyata gak bisa berkomitmen buat rajin datang.

Bikin budgeting bukan berarti pelit tetapi tahu prioritas.

5. Hindari gaya hidup berlebihan

cara pensiun dini
Kurang-kurangi nongkrong (pixabay)

Buat memenuhi segala pengaturan keuangan yang udah kamu bikin, tentu kamu harus patuh pula buat gak ngikutin gaya hidup berlebihan.

Contoh, kamu bisa sewa rumah atau kosan yang sederhana asalkan fasilitasnya memadai. Kalau kamu lebih pilih sewa kosan mewah dengan fasilitas lengkap, ibaratnya kamu sama aja ngehamburin uang “cuma” buat tempat tidur.

Gak cuma itu aja, biaya nongkrong itu mahal, lho. Misalnya aja buat nongkrong di Starbucks, tempat-tempat kece, dan lain sebagainya. Daripada kamu menghabiskan dana buat ke sana, lebih baik kamu cari alternatif akhir pekan yang irit.

6. Cegah semua masalah finansial

syarat pensiun dini pns karena sakit
Punya kartu kredit boleh tetapi pakai dengan bijak (pixabay)

Sebenarnya dengan kamu menjalankan semua pengaturan keuangan yang udah kamu buat di atas, kamu udah bisa cegah semua masalah finansial.

Biar makin afdol, kamu sebaiknya hindari banget yang namanya utang apalagi utang konsumtif. Bukan berarti sama sekali menghindari utang, lho. Kalau kamu ngutang buat beli rumah tentu sah-sah aja. Sebab utang KPR bisa disamain buat pengeluaran tempat tinggal. Impas kan?

Dengan cara ini, kamu gak perlu dipusingkan buat bayar utang karena belanja hal yang ternyata gak kamu perlukan. Intinya sih, kamu harus bisa mengendalikan diri buat gak utang barang-barang yang gak terlalu penting.

7. Punya passive income dan penghasilan tambahan

syarat pensiun dini pegawai swasta
Kerjakan apa yang bisa dikerjakan (pixabay)

Pastinya saat pensiun dini nanti kamu gak sekadar berharap bisa hidup gitu aja tanpa senang-senang, kan? Di usia muda kamu udah gencar banget buat kerja, masa pas tua nanti cuma bisa sekadar ‘hidup’ aja?

Nah, kamu bisa mulai deh buat cari penghasilan tambahan di luar gaji, maupun passive income. Ada banyak ide yang bisa kamu lakukan sembari bekerja di kantor kamu sekarang buat dapat penghasilan tambahan tersebut. Coba deh cek artikel MoneySmart mengenai penghasilan tambahan maupun pendapatan pasif.

Gimana? Udah siap belum buat kerja keras selagi muda? Semuanya bakal terbayar saat kamu udah di penghujung masa muda lho.

Semangat ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →