7 Tips Buat yang Mau Liburan Hemat tapi Tetap Berkesan

mau liburan hemat

Liburan selalu identik dengan pengeluaran dalam jumlah besar. Apalagi liburan ke luar negeri, durasinya lama lagi.

Tapi sebenarnya setiap orang bisa saja liburan hemat bahkan dengan destinasi yang jauh. Meski irit pengeluaran, kesan dari liburan itu tak lantas ditinggalkan.

Berikut ini tips buat yang mau liburan hemat tapi tetap berkesan, terutama jika destinasinya jauh dari daerah asal.

1. Tempuh jalur darat

Ketika hendak ke Yogyakarta, misalnya, bisa pakai kereta biar lebih murah dan tetap nyaman. Bahkan ke Bali pun bisa lewat jalur darat. Naik kereta turun di Banyuwangi, lalu menyeberang dengan bus via kapal feri.

Di luar negeri pun begitu. Jalan-jalan ke Eropa pakai visa Schengen, misalnya, ada opsi kereta Eurail. Pada 2016, tiket Eurail berlaku untuk melintasi 28 negara Eropa, dari Austria hingga Turki. Ongkos jalur darat jelas lebih murah ketimbang udara.

2. Cari yang gak populer

Tahu Pantai Indrayanti di Yogyakarta? Pantai indah ini aslinya bernama Pulang Sawal.  Dulu, gak perlu bayar masuk ke sini.

mau liburan hemat
Sekali-kali pergi liburan ke tempat yang sepi gini deh (pantai indriyanti / rumahkaka)

Makanan dan minuman di warung pun harganya relatif murah. Tapi itu dulu, sebelum terkenal. Nah, coba cari destinasi wisata seperti Pantai Pulang Sawal agar gak terpaksa beli ini-itu dengan harga turis.

Salah satu caranya, browsing di Internet. Atau bisa juga liburan ke suatu kota, lalu tanya ke warga setempat destinasi yang masih belum populer di sana. Mungkin malah bisa mempopulerkan destinasi itu, misalnya lewat travel blog.

3. Tanya warga setempat

Ini bisa jadi lanjutan dari poin ke-2. Warga setempat bisa dimintai petunjuk menuju destinasi gak populer namun indah. Tapi tentu bukan warga sembarangan, melainkan yang tahu soal wisata.

Syukur-syukur bisa sekalian dicarikan tempat menginap yang harganya ramah di kantong. Tapi hati-hati, kewaspadaan tetap kudu diutamakan. Jangan sampai niat liburan murah tapi malah tertipu dan kehilangan rupiah di tempat orang.

4. Potong bujet akomodasi

Tujuan kita liburan apa? Menikmati perjalanan, bukan? Bila memang berniat ngirit, mending potong bujet akomodasi.

mau liburan hemat
Maanfaatin situs seperti couchsurfing untuk bisa dapetin tumpangan tempat tinggal gratis (Akomodasi / share-life)

Misalnya pilih hotel yang standar, gak perlu berbintang. Atau mungkin cari penginapan di Air BnB, yang umumnya lebih murah dari hotel tapi dengan fasilitas memadai.

Makan pun gak perlu di resto terkenal. Cari saja makanan khas daerah tersebut yang harganya terjangkau. Biasanya makanan seperti itu banyak terdapat di pinggir jalan.

5. Tidur di perjalanan

Ketika menempuh perjalanan jarak jauh, mending habiskan waktu dengan tidur. Kalau lebih banyak melek atau malah gak tidur sama sekali, besoknya bakal lemes.

Ujungnya, lebih banyak menghabiskan waktu di hotel. Yang parah, malah jatuh sakit sehingga mesti keluar duit buat berobat. Gak lucu kan kalau liburan malah sakit.

6. Bawa botol minum

Minum dan makan bisa menjadi komponen pengeluaran tak terduga yang paling banyak menyedot anggaran. Daripada terus beli minum, lebih baik sediakan botol dari rumah.

Air minum bisa mengambil dari penginapan. Atau mungkin di destinasi liburan ada sumber air bersih yang bisa langsung diminum, itu jadi poin plus.

7. Manfaatkan kartu kredit

Kartu kredit untuk liburan? Bukannya malah bisa boros? Iya, kalau kita gak sanggup mengendalikan hawa nafsu.

mau liburan hemat
Pakai saja kartu kredit buat liburan (Credit card / cbslocal)

Beberapa kartu kredit malah disediakan buat yang mau liburan hemat. Misalnya kartu kredit Standard Chartered Worldmiles dan Citi PremierMiles.

Dengan Standar Chartered WorldMiles, kita bisa mendapat 2 mileage setiap kali transaksi Rp 7.500 di luar negeri, dan 1 mileage kalau di dalam negeri. Selain itu, ada fasilitas gratis masuk lounge sejumlah bandara besar di seluruh dunia.

Fasilitas lounge itu juga ada di kartu Citi PremierMiles. Selain itu, 1 mile didapatkan setiap bertransaksi Rp 8.750 di dalam negeri dan Rp 5.000 di luar negeri.

Mileage yang terkumpul bisa ditukar dengan beragam reward. Termasuk tiket pesawat ke luar negeri ataupun dalam negeri. Bisa liburan gratis deh.

Seluruh poin di atas bisa dipraktikkan untuk liburan hemat tapi tetap berkesan. Kesan bisa didapat dari pengalaman yang berbeda dari biasanya.

Jika bisa menemukan destinasi wisata tersembunyi yang murah, misalnya. Pengalaman itu bisa kita bagi-bagikan ke orang lain.

Atau bergabung ke komunitas Air BnB, mungkin bisa dapat kenalan baru, termasuk calon relasi usaha. Atau justru malah dapat jodoh, nasib orang siapa yang tahu.

Kerja harus keras, tapi jangan liburan jangan dilupakan. Gak ada lagi alasan bujet mepet. Kalau bisa memanfaatkan peluang, pasti bisa liburan hemat.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Profesi yang Seru Sekaligus Gak Main-main Penghasilannya]

[Baca: 5 Siasat Jitu Liburan Dadakan dengan Budget Minim]

[Baca: Bujet Pas-Pasan Bukan Berarti Gak Bisa Liburan. Coba 4 Destinasi Ini]

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis