Manfaatkan Momen Mudik Buat Cari Duit, Coba 8 Ide Bisnis Dadakan Ini!

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/kye/18

Siapa bilang momen mudik bakal jadi masa-masa sepi buat cari uang? Iya, buat daerah yang ditinggalkan oleh para pemudik emang jadi sepi. Namun, di titik-titik macetnya mudik bakal ada bisnis dadakan yang ramai, lho.

Penasaran apa aja ide yang bisa kamu jadikan usaha pas jelang dan setelah Lebaran? Ini nih delapan ide brilian buat hasilin duit di saat momen mudik.

1. Jualan air mineral botolan

bisnis dadakan
Jualan di jalan (merdeka)

Jualan air mineral bakal laris manis saat mudik. Mengingat kebanyakan orang sering mengabaikan buat bawa air mineral, kesempatan tersebut tentu jadi kesempatan emas buat kamu untuk jualan air mineral.

Selain hampir pasti laku, jualan air mineral pun cukup mudah dan gak terasa berat buat dibawa-bawa.

2. Jajanan gorengan dan lainnya

Sebagian masyarakat Indonesia suka banget sama gorengan. Jadi, kamu bisa jual gorengan di kawasan mudik yang cukup padat dan macet.

Selain itu, banyak juga orang yang masih puasa saat mudik. Mereka pasti cari makanan berbuka dan seringnya, gorengan jadi pilihan favorit. Jadi, kenapa gak mulai bisnis ini aja? Modalnya pun cukup ringan.

3. Bisnis pijat di rest area

bisnis saat mudik
Laris manis pasti deh. Banyak yang pegel-pegel di perjalanan. (republika)

Lelah menyetir karena perjalanan panjang plus macet pula, kebanyakan orang pasti rindu buat dipijat agar segar lagi saat berkendara. Kamu bisa bidik pasar ini dengan menyediakan jasa pijat di rest area yang biasanya disediakan di tol.

Cukup sewa tempat di salah satu spot di rest area. Kamu bisa dirikan spanduk dan nebeng dengan salah satu kios di rest area atau dirikan tenda. Selanjutnya, cari SDM tukang pijat yang mantap biar pelanggan senang.

4. Jualan bantal leher

Selain jualan makanan, bisnis dadakan berupa dagangan bantal leher pun cukup laris saat mudik. Biasanya kebanyakan orang pasti butuh bantal leher ini saat di jalan. Namun, gak jarang yang kelupaan buat bawa dari rumah mereka.

Kesempatan ini bisa jadi lahan yang lumayan menguntung. Apalagi kamu bisa lebih leluasa kasih mark-up harga dari harga modal. Tapi, jangan sadis banget ya!

5. Jualan cairan anti ban bocor

Pasti rasanya jengkel banget kalau ban tiba-tiba bocor di jalan. Misalnya, kendaraan kamu kena paku atau jalanan rusak parah banget. Masalahnya, perjalanan mudik kamu bisa jadi sangat panjang dan bengkel masih cukup jauh.

Biar perjalanan mudik gak terganggu, cairan anti ban bocor biasanya sangat diperlukan. Nah, kesempatan ini pulalah yang bisa dijadikan lahan bisnis.

Kamu yang buka bengkel di sekitaran daerah mudik bisa menyetok produk satu ini lebih banyak. Selain itu, menjajakan produk ini pun bisa dilakuin karena kita gak tahu ternyata ada yang butuh, baik karena udah kena atau buat jaga-jaga.

6. Tenda khusus buat nonton bareng piala dunia

bisnis mudik
Tahun ini Piala Dunia pas banget jatuh saat Ramadan. (merdeka)

Sebagai informasi aja, Piala Dunia FIFA 2018 jatuh pada tanggal 14 sampai 15 Juni. Tanggal tersebut pas bertepatan dengan momen Lebaran. Sebelum acara puncak, pertandingan FIFA 2018 masih terus bergulir sampai tanggal tersebut.

Nah, tentu ini jadi kesempatan emas buat dirikan tenda buat nonton bareng piala dunia. Pemudik pun bisa rehat di tenda tersebut sebelum melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

7. Jualan bensin keliling atau Pertamini

Kawasan macet yang gak bisa ditebak kapan kelarnya tentu jadi masalah tersendiri. Nah, para pemudik pasti sangat butuh bensin karena bisa jadi macet berkepanjangan ngabisin bahan bakar kendaraan mereka.

Nah, kamu bisa jadi penyelamat mereka deh dengan menyediakan bensin keliling atau Pertamini.

8. Bengkel kecil-kecilan di daerah mudik

Bengkel kecil-kecilan di daerah mudik pasti dibutuhin banget karena kejadian gak diinginkan bisa aja terjadi. Contoh, ban kempeslah atau tiba-tiba kendaraan mogok meski udah diservis sebelum berangkat.

Bengkel kecil-kecilan sekalipun kalau ada di wilayah mudik pasti laku keras. Kamu bisa gabungin tuh dengan jualan beberapa kebutuhan kendaraan. Contoh yang udah disebutkan di atas adalah jualan cairan anti ban bocor dan lainnya.

Gimana? Tertarik buat coba bisnis dadakan ini saat momen mudik nanti? Yuk, coba aja deh. Dijamin laku keras.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →