12 Cara Merawat Laptop Ini Dijamin Bikin Dompet Aman dari Biaya Servis

cara merawat laptop

Buat pekerja zaman sekarang, menggunakan peralatan elektronik canggih seperti laptop sudah bukan hal baru dan mewah. Kini banyak laptop berbagai tipe dan merek yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kantong. Namun, kalau tidak dipergunakan dengan baik, peralatan seperti laptop bisa saja rusak dengan mudah. Oleh karena itu, Lifepal mau kasih cara merawat laptop supaya perangkat tersebut awet.

Menilik pentingnya peralatan elektronik yang satu ini, sudah seharusnya kita aware dan peduli dong sama kondisinya. Jangan cuma bisa pakainya, tapi rawat dan perhatikan juga kinerjanya.

Emangnya harus banget peduli ya? Iya dong, biar laptop kita tahan lama dan gak rewel. Kalau laptop rewel terus, otomatis bikin kantong kita jebol kan.

Gak cuma itu, laptop biasanya juga berisi  data-data pekerjaan penting. Kalau sering rusak, jelas ini bisa mengganggu pekerjaanmu. Gak mau kan kena semprot bos karena materi presentasi gak bisa dibuka ketika laptop berulah?

Makanya simak dulu nih dua belas cara merawat laptop supaya awet dan gak cepat rusak:

1. Perhatikan baterai laptop

Baterai sudah pasti jadi salah satu komponen penting dari laptop. Fungsinya sebagai sumber daya yang memungkinkan laptop bisa berfungsi. Ibaratnya kayak bensin buat mobil. Jadi, sudah pasti harus diperhatikan banget dong kinerja baterai laptop kita.

cara merawat laptop
Jangan pakai baterai buat senter ya hehehe, baterai laptop kan beda bro! (Baterai Laptop / wizamisasi)

Salah satu caranya adalah sebisa mungkin jangan gunakan laptop saat baterai sedang di-charge, kecuali kalau memang keadaan sedang gak memungkinkan. Misalnya di tengah meeting penting dan laptop harus terus menyala.

Agar baterai laptop gak mudah rusak atau drop, jangan setting hibernate pada laptop terus-menerus. Ini lama-kelaman bakal mempengaruhi kinerja atau kualitas baterai. Dan jangan biarkan keadaan baterai sampai 0 persen ya.

2. Membersihkannya tiap hari adalah cara merawat laptop paling mudah

Tentu saja masalah kebersihan juga harus diperhatikan. Debu yang kelihatannya kecil dan remeh bisa merusak lho kalau didiamkan menumpuk. Bersihkan laptop dengan alat-alat yang kini sudah banyak disediakan khusus buat membersihkan laptop.

Ingat, jangan sembarangan menggunakan alat-alat ala kadarnya hanya karena kamu malas ya. Salah menggunakan alat atau bahan pembersih bisa menyebabkan laptop kemasukan partikel-partikel perusak. Laptop yang selalu bersih pasti juga lebih nyaman digunakan dong.

3. Jauhkan dari hal-hal yang bisa merusak perangkat keras laptop

Jangan letakkan minuman atau makanan di dekat laptop. Kalau tersenggol dan tumpah mengenai laptop, bisa-bisa merusak perangkat kerasnya. Apalagi air merupakan musuh utama perangkat elektronik.

Demikian pula halnya dengan remah-remah makanan yang masuk ke celah-celah keyboard. Ini juga bisa mengganggu kinerja laptop lho.

cara merawat laptop
Ingat ya, itu laptop buat kerja, bukan nampan makanan dan minuman hehehe (Minuman Tumpah / kompas)

Jangan biarkan juga laptop terlalu lama terkena sinar matahari saat kerja di luar ruangan. Dan juhkan laptop dari benda-benda yang bersifat magnet ya.

4. Selektif mengunduh software

Cara merawat laptop bukan hanya fisiknya saja, namun juga bagaimana kita menggunakan perangkat lunak di laptop tersebut. Jangan sembarangan mengunduh software dari Internet ya. Emang sih sekarang mudah buat mendapatkan program gratisan. Tapi jika gak berhati-hati, bisa-bisa software yang diunduh gak orisinil. Virus juga bisa masuk ke jaringan software laptop dan merusak sistem yang bekerja dalam perangkat laptop kita.

Jangan bebani laptop dengan aplikasi yang gak terlalu penting, seperti games. Apalagi kalau laptop itu digunakan untuk kepentingan pekerjaan  Gunakan software yang asli terpercaya, jangan yang bajakan. Jangan lupa juga update secara berkala software laptop kamu.

5. Perhatikan letak laptop

Terkadang bekerja sambil bersantai di atas kasur memang menyenangkan ya. Tapi sebaiknya jangan letakkan laptop sembarangan.

Salah satu contohnya adalah di atas kasur. Posisi seperti ini akan menutup kipas laptop yang berfungsi mendinginkan suhu laptop. Itu bisa membuat sirkulasi udara di dalamnya terganggu. Selain itu, debu dan kotoran lain yang gak terlihat bisa masuk ke dalam komponen laptop kita.

Jangan juga menumpuk benda-benda lain di atas laptop ya.

cara merawat laptop
Tumpuk aja terus, nanti kalau rusak jangan mewek ya! (Tumpuk Barang / libe)

6. Jauhkan dari jangkauan anak kecil

Buat yang sudah berkeluarga pastikan untuk menjaga laptop jauh dari jangkauan anak-anak ya. Antisipasi ini harus diperhatikan lho demi menghindari hal yang gak di inginkan.

Ya namanya juga anak-anak, mereka akan menganggap laptop kita sebagai mainan. Gak mau dong data-data yang ada di dalam jadi berantakan atau laptop jadi rusak karena lalai mengamankan?

Cara merawat laptop ini terkesan mudah dilakukan. Namun, kalau diabaikan, risiko laptop rusak amatlah besar.

7. Beri waktu istirahat buat laptop

Jangan diforsir penggunaannya hingga non-stop. Beri jeda buat laptop istirahat. Sama halnya seperti manusia, laptop juga butuh istirahat supaya kerjanya optimal.

Suhu laptop kan harus dijaga. Terlalu lama dipakai bisa membuatnya jadi overheat. Sebaliknya, kalau jarang digunakan juga bisa rusak. Jadi pakai sewajarnya aja ya.

8. Gunakan dengan benar

Saat sudah selesai menggunakan laptop, sebaiknya dimatikan dulu hingga laptop benar-benar dalam keadaan off. Hard disk yang masih dalam keadaan menyala jika dibiarkan terus-menerus akan cepat rusak.

Selain itu, matikan laptop dengan benar kalau sudah selesai digunakan. Caranya dengan meng-klik tombol “shut down”. Tujuannya adalah untuk menghemat energi dan menjaga data-data yang ada di laptopmu tersimpan dengan aman.

cara merawat laptop
Waduh, gak gitu juga masbro matiin laptop, kacau dong! (Merusak Laptop / interogator)

Supaya lebih aman, kamu juga bisa menggunakan screen dan keyboard protector sebagai pelengkap untuk menghindari gesekan benda tumpul. Dan pastikan juga membawa laptop dengan tas khusus ya.

Jangan hanya kesehatan diri sendiri yang diperhatikan. Barang-barang berharga, terutama yang penting dan memudahkan pekerjaan kita, tentunya harus dirawat juga.

9. Pakai anti-virus terpercaya

Siapa dari kamu yang laptopnya sering mengalami lemot? Salah satu penyebabnya karena banyak virus serta malware yang masuk ke dalam sistem operasi kamu tuh.

Untuk mengobati atau mencegah hal tersebut kamu harus menggunakan anti-virus yang terpercaya nih. Banyak kok merek anti-virus yang bagus di dalam maupun luar negeri yang bisa kamu coba dengan cara gratis.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

10. Lakukan defragmentation secara berkala

Selanjutnya kamu juga perlu melakukan defragmentation atau menata kembali berkas file yang ada di dalam hard disk. Caranya bukan dengan manual memasukkan dalam satu folder, tapi harus melalui mekanisme yang udah disediakan oleh sistem operasi seperti Windows.

Lakukan hal ini setiap 3 bulan sekali apabila arus file yang ditulis dalam hard disk relatif sedikit. Sebaliknya, jika kamu sering menghapus dan memasukkan file dalam hard disk, kamu bisa melakukan defragmentation setiap sebulan sekali.

11. Tempatkan di ruangan dingin atau kasih sirkulasi udara yang baik

Berbeda dengan komputer, laptop memiliki ukuran yang terbatas untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Oleh karena itu kamu perlu menaruhnya di ruangan yang sejuk agar suhu komponennya tetap terjaga.

Jika terpaksa berada di ruangan yang bersuhu normal, usahakan untuk tidak meletakkannya di tempat yang menghambat saluran udara, seperti di kasur contohnya.

12. Update sistem operasi secara berkala

update software
Update software.

Langkah terakhir untuk menjaga laptop agar tetap dalam kondisi yang baik adalah rutin melakukan update sistem operasi secara berkala. Ini berlaku untuk kamu yang membeli piranti lunak asli lho ya, jika beli yang bajakan maka fiturnya akan hilang.

Coba bayangin betapa ruginya kamu kalau harus pergi ke tukang servis dan mengeluarkan uang yang bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Untuk biaya servis ringan membersihkan debu sendiri berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu, sedangkan untuk kasus yang lebih serius seperti install ulang sistem operasi serta mengganti piranti keras harganya berkisar Rp 100 ribu sampai Rp 2 jutaan.

Uang sebanyak itu bisa kamu gunakan untuk berinvestasi saham hingga emas sebesar 1 gram bukan?

Peralatan elektronik seperti laptop tentu sangat vital buat kita yang sehari-hari menggunakannya dalam pekerjaan. So, jangan malas dan meremehkan kondisi laptop ya. Lebih baik ribet di awal daripada ujung-ujungnya boros pengeluaran servis dan bahkan beli baru sebelum waktunya.  

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Hal-hal Ini Bikin Kamu Jauh dari Kata Untung]

[Baca: Era Digital Bisa Bikin Boros Kalau Punya 5 Kebiasaan Ini]

[Baca: Jangan Ngaku Generasi Millenial Kalau Belum Tahu 6 Manfaat Fintech Ini]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →