Dijual dari Harga Rp 20 Ribuan – Rp 100 Ribuan, Ini Lho 8 Khasiat Sarang Semut

Khasiat-sarang-semut

Sekalipun udah terkenal sebagai obat herbal, rupanya masih ada aja orang-orang yang belum tahu mengenai khasiat sarang semut. Malahan nih ada yang berpikir sarang semut yang dijadikan obat itu benar-benar merupakan tempat tinggalnya semut-semut lho.

Salah sangka itu masih bisa dimaklumi. Sebab siapa pun yang belum tahu, pasti gak bakal mengira sarang semut itu ternyata merupakan tumbuhan.

Diberi nama ilmiah Myrmecodia pendans, sarang semut merupakan sejenis tumbuhan yang hidupnya menumpang di tumbuhan lain. Pemberian nama Myrmecodia yang merupakan bahasa Yunani dilatarbelakangi bentuk umbi tanaman ini yang menyerupai sarang semut.

Sarang semut diketahui tumbuh di di Kalimantan, Sumatera, Papua Nugini, Filipina, Kamboja, Malaysia, Cape York, Kepulauan Solomon, dan Papua. Walaupun begitu, belum diketahui pasti sejak kapan air rebusan tanaman ini disebut berkhasiat sebagai obat.

Harga sarang semut juga gak mahal-mahal banget kok. Di online marketplace aja, sarang semut yang siap rebus atau seduh dijual dari harga Rp 20 ribu – Rp 40 ribuan. Sementara yang udah dalam kapsul dijual dengan harga Rp 100 ribuan per kemasannya.

Nah, buat kamu yang belum tahu apa aja khasiat sarang semut, Moneysmart sajikan nih informasi-informasi seputar tanaman herbal yang harganya terjangkau ini. Cek yuk daftarnya.

Baca juga: Ini yang Perlu Dilakukan Milenial untuk Membangun Kekayaan dengan Cepat

1. Sarang semut berkhasiat mengobati wasir

Khasiat sarang semut
Sarang semut berkhasiat mengobati wasir (Shutterstock).

Wasir alias hemoroid menjadi musuh banyak orang. Sebab keberadaannya sangat bikin gak nyaman penderitanya. Kebayang gak gimana rasanya ada pembengkakan yang terjadi di sekitar area rektum ataupun anus, gak enak banget kan rasanya.

Nah, salah satu khasiat sarang semut adalah mengobati wasir. Kandungan senyawa aktif yang terdapat pada tumbuhan ini sangat ampuh sebagai obat wasir. Cukup dengan minum air rebusannya secara rutin, perlahan-lahan wasir bakal kempes.

2. Menyembuhkan rematik

Khasiat sarang semut
Menyembuhkan rematik (Shutterstock).

Penyakit yang umumnya diidap orang-orang di usia tuanya ini juga bisa disembuhkan dengan mengonsumsi sarang semut. Rematik adalah penyakit yang ditandai adanya peradangan dan pembengkakan di otot ataupun persendian yang biasanya terjadi di bagian kaki.

Baca juga: Pengin Investasi dari Barang Koleksi Pribadi? Bisa Aja Kok! Mudah Banget

3. Menurunkan risiko terkena kanker

Khasiat sarang semut
Sel kanker (Shutterstock).

Khasiat sarang semut berikutnya adalah obat yang dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Menurut penelitian, ada kandungan flavonoid yang berperan dalam pencegahan tumbuhnya sel-sel kanker.

Kandungan flavonoid yang tersimpan dalam tumbuhan ini jauh lebih kuat antioksidannya ketimbang vitamin C lho. Itulah alasannya kenapa tumbuhan ini dianjurkan buat meminimalkan potensi terjadinya kanker.

4. Berguna sebagai obat diare

Khasiat sarang semut
Mengobati diare (Shutterstock).

Khasiat sarang semut lainnya adalah sebagai obat diare. Buat kamu yang pengin coba alternatif lain menyembuhkan diare, bisa nih manfaatkan tumbuhan herbal ini. Cukup meminum air rebusannya maka fesesmu yang cair bisa normal kembali.

Baca juga: Hindari Risiko Tinggi, Ini 5 Cara Jitu Pilih Reksa Dana Terbaik

5. Menyehatkan jantung

Khasiat sarang semut
Menyehatkan jantung (Shutterstock).

Rupanya sarang semut dapat menyehatkan jantung juga lho. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam tumbuhan ini berguna banget dalam menjaga kesehatan jantung.

Ditambah lagi kalsium yang terdapat di sarang semut sangat baik buat fungsi jantung. Kalau pengin jantung selalu sehat, mulai dari sekarang rajin-rajin deh minum air rebusannya.

6. Menurunkan asam urat

Khasiat sarang semut
Menurunkan asam urat (Shutterstock).

Punya asam urat? Obati aja dengan sarang semut. Gak disangka khasiat sarang semut ternyata bisa meredakan gangguan tubuh yang umumnya menyerang area sendi. Dengan meminum air rebusannya, kadar asam urat yang berlebihan dalam tubuh bisa menurun.

7. Melawan diabetes

Khasiat sarang semut
Melawan diabetes (Shutterstock)

Sarang semut juga dimanfaatkan khasiatnya buat melawan penyakit diabetes. Seperti yang kamu tahu, penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula ini belum bisa disembuhkan secara total sepenuhnya.

Gak disangka, mengonsumsi sarang semut diyakini bisa mengobati diabetes secara berangsur-angsur. Sebab tumbuhan yang banyak ditemukan di wilayah Papua ini punya kandungan antidiabetes.

8. Menambah stamina

Khasiat sarang semut
Menambah stamina (Shutterstock).

Kekurangan stamina bikin fisik terasa loyo dan lemas. Dengan meminum air rebusan sarang semut, staminamu yang hilang dijamin bakal kembali lagi. Efektivitas sarang semut memulihkan stamina juga terbilang cepat.

Nah, itu tadi beberapa khasiat sarang semut yang memberi dampak positif buat tubuh. Gak menutup kemungkinan, penelitian-penelitian selanjutnya bakal menemukan efek-efek positif lainnya dari tumbuhan dengan banyak manfaat ini. Semoga bermanfaat informasinya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →