8 Mainan Unik yang Mungkin Bakal Jadi Penerus Fidget Spinner

mainan unik

Pastinya sudah pada tahu fidget spinner ya? Mainan unik berbentuk segitiga dengan bearing di tengahnya ini populer jadi mainan sejak 2017.

Padahal fidget spinner ditemukan pada 1993 lho. Entah siapa yang memulai, tapi fidget spinner pelan-pelan jadi fenomena dunia, termasuk di Indonesia.

Tak pelak, fidget spinner termasuk dagangan terlaris di marketplace. Bahkan di pelapak kaki lima depan sekolah banyak ditemukan fidget spinner seharga Rp 5.000-an yang terbuat dari plastik.

Artinya, popularitas fidget spinner secara gak langsung membuka ceruk pasar baru yang bisa didalami pedagang. Mungkin kamu sendiri termasuk yang berhasil meraup rupiah dari tren ini.

Namun kini fenomena fidget spinner sudah memudar. Tapi tenang, kayaknya bakal ada “penerus” yang bisa dimanfaatkan sebagai dagangan.

Ingat, sebelum fidget spinner, kita punya fingerboard dan rubik yang juga banyak digandrungi. Bahkan jauh sebelumnya ada yo-yo hingga tamagotchi.

Pernah merengek-rengek ke orangtua untuk beli mainan itu? Atau mungkin justru kamu yang rela nabung untuk beli sendiri mainan yang nge-tren pada zamannya itu.

Pertanyaannya sekarang adalah kira-kira apa ya mainan yang mungkin bisa menjadi penerus fidget spinner? Dari sekian banyak mainan unik di luar sana, berikut ini mungkin yang paling berpeluang:

1. Squishy mochi

mainan unik
Cowok-cewek boleh mainan ini kok, gak kenal gender (tokopedia)

Mainan ini bakal cenderung lebih populer di kalangan anak-anak. Bentuknya nan lucu, imut, dan menggemaskan juga mungkin lebih disukai perempuan.

Namun mainan ini juga bisa jadi pereda stres buat para dewasa. Cara mainnya adalah diuyel-uyel hingga dipencet-pencet, dan diremas dalam genggaman.

Gerakan meremas ini bisa melancarkan peredaran darah. Artinya, bisa mencegah stroke yang disebabkan tersumbatnya pembuluh darah.

Harga mainan ini bervariasi, rata-rata Rp 50-60 ribuan untuk satu paket yang berisi tiga jenis squishy.

2. Orbiter

mainan unik
Orbiter kelihatan lebih unik ketimbang fidget spinner biasa (odditymall.com)

Orbiter mirip dengan fidget spinner. Tapi mainan unik ini lebih simpel dan lebih menarik.

Cara kerjanya pun kurang-lebih sama dengan fidget spinner. Taruh telunjuk dan jempol di tengah, lalu putar hingga bola berputar.

Lumayan mengasyikkan untuk mengusir kebosanan. Harganya pun gak terlalu mahal, hanya Rp 60-100 ribuan di sejumlah marketplace.

[Baca: Trik Bermain Bersama Anak Tanpa Menguras Kantong]

3. Mainan mata melotot

mainan unik
Bisa dijual buat koleksi juga lho (ru.aliexpress.com)

Mainan yang satu ini lucu sekaligus menyeramkan. Konsepnya mirip dengan Squishy Mochi. Tapi ada satu pembeda utama, yakni mata mainan ini bakal melotot ketika dipencet. 

Mainan ini ada yang berupa pajangan. Ada juga yang berbentuk gantungan kunci. Kalau yang gantungan kunci bisa dibawa ke mana-mana dengan mudah. Caranya, cantolkan ke ritsleting tas.

Harga mainan ini bervariasi, yang paling murah Rp 15 ribu untuk gantungan kunci. Makin gede ukurannya, makin mahal.

4. Fidget cube

mainan unik
Kalau bisa dipakai buat main ular tangga bakal lebih laku pasti (asseenontvandbeyond)

Gak jauh dari kata “fidget”, mainan unik selanjutnya adalah fidget cube. Bentuknya seperti dadu, tapi ada tombolnya.

Tapi gak cuma dipencet, fidget cube juga bisa dimainkan dengan diputar, digelindingkan, dan diusap. Mainan ini bisa jadi pereda stres manjur saat penat di kantor.

Warnanya yang cerah pun menarik konsumen dari kalangan anak. Harganya yang murah, cuma Rp 18 ribuan, berpotensi membuatnya jadi the next fidget spinner.

[Baca: Hobi Koleksi Action Figure itu Menguntungkan Gak Sih?]

5. Cao Maru

mainan unik
Mainan ini bisa jadi pajangan juga (ru.aliexpress.com)

Masih seputar pencet-pencet, ada boneka kenyal bernama Cao Maru. Mainan ini sebenarnya hampir sama dengan squishy.

Bedanya adalah bentuknya yang gendut dengan beragam ekspresi. Saat dipencet, akan terlihat wajahnya yang lucu dan menggemaskan.

Harga Cao Maru di sejumlah marketplace gak sampai Rp 50 ribu. Bahkan ada yang menjual di bawah Rp 20 ribu.

6. Slinky

mainan unik
Kayak per, tapi bisa gerak ke kiri dan ke kanan (tokopedia)

Buat anak ’90-an, mainan bernama slinky ini mungkin sudah banyak yang kenal. Yap, mainan ini juga pernah booming.

Tapi kebanyakan yang dimainkan adalah yang berukuran besar. Susah dibawa ke mana-mana.

Slinky edisi baru ini lebih kecil dan lebih berwarna. Bisa jadi penghias meja kerja sekaligus pereda stres. Harganya pun murah, cuma Rp 20 ribu dapet 30 item.

7. Tembakan air

mainan unik
Kayak hape, tapi isinya gelang dan air (YouTube)

Satu lagi yang pernah nge-tren pada era 1990-an. Mainan unik ini mirip hape, atau gembot buat orang-orang di Jawa Tengah.

Cara mainnya adalah memencet-mencet tombol untuk memasukkan gelang ke jarum di dalamnya. Cukup mengasyikkan dan bisa untuk menghabiskan waktu.

Tapi kalau gagal terus bisa membuat stres, atau minimal penasaran. Harganya murah banget, hanya Rp 10 ribu.

8. Puzzle

mainan unik
Puzzle yang satu ini dijamin gak susah dipecahkan (elevania)

Bukan sembarang puzzle, mainan ini menantang kita untuk berpikir ekstra. Bukan pereda stres, jelas. Mungkin bisa nambahin stres, tapi bisa juga datengin rupiah buat penjual.

Cara kerjanya adalah melepas rangkaian puzzle hingga berdiri sendiri. Harga puzzle ini sekitar Rp 50 ribu. Itu untuk satu set yang terdiri atas tujuh buah puzzle.

Gimana, para pelapak? Ada yang nyantol di pikiran untuk dijual di lapakmu? Siapa tahu betul bisa jadi penerus fidget spinner. Jangan lupa riset pasar dulu ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →