Pegadaian Syariah Tawarkan Solusi Pinjaman Cepat dan Halal

produk pegadaian syariah

Pegadaian Syariah adalah unit usaha dari PT Pegadaian (Persero) yang menawarkan solusi finansial melalui berbagai produk berbasis pembiayaan dan gadai (Rahn) dengan menerapkan prinsip syariah.

Mari kita cari tahu dasar hukum dan pilihan produk Pegadaian Syariah.

Dasar Hukum Pegadaian Syariah

Berdasarkan fatwa tersebut, jelas bahwa unit usaha Pegadaian Syariah dikelola secara halal.Unit usaha milik pemerintah ini mengikuti penerapan sistem gadai (Rahn) yang berpedoman pada Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Nomor 25/DSN-MUI/III/2002. Fatwa ini menyatakan:

Bahwa pinjaman dengan menggadaikan barang sebagai jaminan utang dalam bentuk Rahn dibolehkan dengan ketentuan sebagai berikut.

1. Murtahin (penerima barang) mempunyai hak untuk menahan Marhun (barang) sampai semua utang Rahin (yang menyerahkan barang) dilunasi.

2. Marhun dan manfaatnya tetap menjadi milik Rahin. Pada prinsipnya, Marhun tidak boleh dimanfaatkan oleh Murtahin kecuali seizin Rahin, dengan tidak mengurangi nilai Marhun dan pemanfaatannya itu sekedar pengganti biaya pemeliharaan dan perawatannya.

3. Pemeliharaan dan penyimpanan Marhun pada dasarnya menjadi kewajiban Rahin, namun dapat dilakukan juga oleh Murtahin, sedangkan biaya dan pemeliharaan penyimpanan tetap menjadi kewajiban Rahin.

4. Besar biaya pemeliharaan dan penyimpanan Marhun tidak boleh ditentukan berdasarkan jumlah pinjaman.

5. Penjualan Marhun

  • Apabila jatuh tempo, Murtahin harus memperingatkan Rahin untuk segera melunasi

  • utangnya.

  • Apabila Rahin tetap tidak dapat melunasi utangnya, maka Marhun dijual paksa/dieksekusi melalui lelang sesuai syariah.

  • Hasil penjualan Marhun digunakan untuk melunasi utang, biaya pemeliharaan dan penyimpanan yang belum dibayar serta biaya penjualan.

  • Kelebihan hasil penjualan menjadi milik Rahin dan kekurangannya menjadi kewajiban Rahin.

Berdasarkan fatwa tersebut, jelas bahwa unit usaha Pegadaian Syariah dikelola secara halal. Dengan demikian, sistem Pegadaian Syariah bisa dipastikan halal.

Pilihan produk Pegadaian Syariah

Pegadaian Syariah menawarkan 9 produk pembiayaan dan gadai sebagai solusi bagi masyarakat yang membutuhkan pinjaman usaha, pinjaman dana tunai, dan gadai untuk ibadah haji. Belum lagi, tenor yang ditawarkan pun bersahabat. 

Apa saja produk Pegadaian Syariah, mari kita ulas satu demi satu.

1. Amanah

Pegadaian Syariah Amanah adalah layanan pinjaman tunai khusus untuk pembelian kendaraan bermotor. Sasaran dari produk ini adalah pengusaha mikro/kecil, karyawan, dan tenaga kerja profesional dengan ketentuan pinjaman sebagai berikut.

  • Pilihan tenor cicilan mulai dari 1 tahun (12 bulan) sampai dengan 5 tahun (60 bulan). 
  • Plafon pinjaman tunai mulai dari Rp5 juta hingga Rp450 juta.

2. Arrum BPKB

Layanan Arrum BPKB (Ar Rahn) adalah solusi pinjaman tunai untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan jaminan berupa BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor).

Sebagaimana diperuntukkan bagi pengusaha, maka salah satu syaratnya adalah kamu harus sudah memiliki usaha yang sudah berjalan selama setahun dengan bukti berupa Surat Izin Usaha. Selain itu, sertakan juga beberapa dokumen berikut.

  • Fotokopi KTP.
  • Kartu keluarga (KK).
  • BPKB asli.

Berikut ini beberapa manfaat layanan gadai BPKB di Pegadaian yang bisa didapatkan di lebih dari 600 gerai Pegadaian Syariah.

  • Pinjaman tunai mulai dari Rp3 juta hingga Rp400 juta.
  • Kamu bisa memilih jangka waktu pelunasan pinjaman tunai mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, sampai 36 bulan. 

Perlu dipahami bahwa dengan menyertakan bukti surat izin usaha atau dokumen usaha terkait sejenisnya, maka kendaraan yang dijadikan objek jaminan bisa dibawa pulang. Dengan kata lain, kamu cuma perlu menitipkan BPKB asli saja kepada pihak Pegadaian.

3. Arrum Emas

Arrum Emas adalah layanan pinjaman tunai yang mewajibkan kamu untuk menyertakan perhiasan emas atau berlian sebagai objek jaminan. 

Pada penerapannya, barang jaminan yang kamu sertakan akan terlebih dahulu ditaksir oleh petugas untuk menentukan nilainya. Jika sudah lolos sensor dan ditentukan layak untuk dijadikan jaminan yang berharga, maka kamu bisa langsung mendapatkan nilai pinjaman tunainya.

Kenapa harus memilih produk Arrum Emas? Berikut keunggulannya.

  • Prosesnya sangat cepat dan mudah untuk kamu bisa mendapatkan kisaran pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp500 juta.
  • Tenor cicilan bisa kamu pilih pada 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, atau 36 bulan.

4. Arrum Haji

Produk pembiayaan syariah yang satu ini bermanfaat untuk memudahkan siapa saja yang berencana untuk beribadah haji ke Tanah Suci. 

Sebagai jaminan untuk mendapatkan pembiayaan dari Arrum Haji, kamu perlu menyerahkan emas batangan atau logam mulia minimal 3,5 gram atau emas perhiasan dengan kadar minimal 70 persen dengan berat minimal 7 gram. Selain itu, kamu perlu melampirkan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga.

Jika persyaratan sudah terpenuhi, kamu akan mendapatkan pinjaman Rp25 juta sebagai dana untuk memesan porsi haji di Kementerian Agama. 

Pilihan tenor pelunasan yang ditawarkan berkisar dari 1-5 tahun.

5. Rahn

Bagi kamu yang ingin mendapatkan pinjaman tunai dengan proses pengajuan yang lebih mudah dan cepat, Rahn bisa menjadi solusi.

Rahn adalah produk pinjaman tunai yang mensyaratkan penyertaan jaminan. Objek jaminan dapat bervariasi, misalnya:

  • Mobil dan motor.
  • Laptop. 
  • Ponsel.
  • Berlian.
  • Emas batangan.
  • Perhiasan logam mulia.

Tidak terbatas pada objek di atas, kamu bisa menyertakan jaminan berupa barang berharga lainnya. Namun tentu, petugas Pegadaian Syariah akan terlebih dahulu menaksir barang jaminan tersebut sebagai bagian dari prosedur untuk menentukan harga barang sekaligus menetapkan berapa pinjaman tunai yang layak diberikan.

Berikut besaran pinjaman dan tenor yang kamu bisa dapatkan dari produk gadai syariah ini.

  • Kisaran besaran pinjaman (Marhun Bih) dimulai dari Rp50 ribu hingga lebih dari Rp1 miliar. 
  • Tenor maksimal empat bulan. Kamu bisa melakukan pembayaran secara bertahap atau sekaligus selama empat bulan tersebut. Kamu juga bisa mengajukan perpanjangan tenor cicilan hingga berkali-kali sesuai kebutuhan dengan terlebih dahulu melakukan pembayaran.

Soal persyaratan pengajuannya pun sangat mudah, yaitu kamu cuma perlu memberikan fotokopi KTP dan barang berharga yang akan dijadikan objek jaminan.

6. Rahn Hasan

Rahn Hasan adalah produk pinjaman dengan jaminan yang mana sasarannya adalah para karyawan dan mahasiswa yang sedang membutuhkan pinjaman tunai cepat.

Kamu bisa menyerahkan barang elektronik, kendaraan bermotor, emas batangan, perhiasan, dan lain-lain sebagai jaminan yang kemudian nilainya akan ditaksir oleh petugas Pegadaian. Siapkan juga kartu tanda pengenal seperti KTP, SIM, atau paspor yang masih berlaku.

Jumlah pinjaman tunai yang kamu bisa dapatkan dari gadai syariah ini berkisar antara Rp50 ribu hingga Rp500 ribu.  

Keunggulan dari produk ini, Pegadaian Syariah tidak memungut biaya pemeliharaan apa pun dan tenor cicilannya pun tidak memberatkan, yaitu hingga 60 hari. Jika kamu ingin memperpanjang tenor cicilan, kamu bisa ajukan hingga empat bulan berikutnya dengan membayar biaya pemeliharaan secara terpisah.

7. Rahn Fleksi

Produk gadai (Rahn) lainnya adalah Rahn Fleksi yang berwujud pinjaman tunai dengan plafon yang lebih tinggi hingga mencapai 96% dari nilai taksir barang jaminan. Meski begitu, kamu akan dikenakan biaya titip harian.

Namun kamu bisa mendapatkan diskon biaya titip jika tidak mengambil plafon tertinggi dan satu lagi diskon biaya perawatan (mu’nah) jika tidak mengambil plafon tertinggi.

Berikut beberapa keunggulan Rahn Fleksi.

  • Bebas biaya administrasi
  • Dana pinjaman yang disepakati diterima utuh tanpa potongan apa pun.
  • Tenor cicilan Rahn Fleksi 5 hari hingga 60 hari dan tenor dapat diperpanjang. 
  • Kamu bisa menambah pinjaman jika dibutuhkan. 

8. Rahn Bisnis

Rahn Bisnis adalah layanan pinjaman tunai cepat dari Pegadaian Syariah yang menyasar kepada pengusaha. Jaminannya adalah emas batangan atau perhiasan. 

Sesuai nilai yang didapatkan dari taksiran barang jaminan, kamu bisa mendapatkan pinjaman mulai dari Rp100 juta hingga Rp1 miliar. Untuk tenor pelunasan, kamu diberikan waktu empat bulan.

9. Rahn Tasjily Tanah

Rahn Tasjily Tanah adalah produk gadai yang mensyaratkan kamu menyerahkan sertifikat tanah dan HGB sebagai jaminan. Produk ini dikhususkan bagi kamu yang berprofesi sebagai karyawan dengan gaji tetap, pemilik usaha mikro/kecil, dan petani. 

Kisaran plafon pinjaman dari gadai syariah Rahn Tasjily Tanah adalah Rp1 juta hingga Rp200 juta.

Bagi kamu yang berprofesi sebagai sopir taksi online tetap bisa mengajukannya. Dengan syarat, kamu tinggal di rumah milik sendiri dan bisa membuktikannya dengan SHM/SHGB.

Call center dan gerai Pegadaian Syariah terdekat

Untuk mengetahui lokasi gerai Pegadaian Syariah terdekat, kamu bisa mengunjungi situs resmi Pegadaian Syariah dan mengetik area tempat tinggalmu.

Perlu diketahui juga, berikut jam layanan untuk kantor cabang dan unit pelayanan cabang.

Hari Layanan Buka Istirahat Tutup
Senin 07.30 12.00 – 13.00 15.00
Selasa 07.30 12.00 – 13.00 15.00
Rabu 07.30 12.00 – 13.00 15.00
Kamis 07.30 12.00 – 13.00 15.00
Jumat 07.30 11.30 – 13.00 15.00
Sabtu 07.30 12.30

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai produk dan persyaratan pengajuan pinjaman/pembiayaan dari Pegadaian Syariah, kamu bisa menghubungi kantor pusat melalui sambungan berikut.

  • Telepon: (021) 3155 550
  • Faksimile: (021) 806 351 62

FAQ seputar Pegadaian Syariah

Ya, sebagaimana Pegadaian Syariah menerapkan sistem transaksi keuangan syariah dan turut senantiasa diawasi oleh DPS, maka dipastikan bahwa transaksi melalui Pegadaian Syariah adalah halal.
Dewan Syariah Nasional (DSN) sendiri adalah dewan bentukan Majelis Ulama Indonesia (MUI). MUI menjadi lembaga yang bertugas menetapkan fatwa yang berkaitan dengan semua jasa, produk, dan kegiatan finansial yang dimiliki setiap bank di Indonesia, termasuk juga mengawasi jalannya sistem perbankan syariah di Indonesia.
Tidak terbatas pada peninjauan dan pengawasan bank, DSN turut berpartisipasi dalam mendukung validitas keuangan syariah untuk Bank Indonesia, Departemen Keuangan, dan instansi nasional lainnya dalam menyusun kebijakan keuangan dan transaksi yang berbasis syariah.
Anggota DSN adalah para ulama, praktisi, dan ahli dalam bidang ilmu finansial, khususnya yang terkait dengan muamalah syariah.

Nah, itulah sembilan produk Pegadaian Syariah yang bisa menjadi solusi bagi kamu yang sedang menghadapi kendala finansial. Sebagian produk di atas memang ada yang dikeluarkan oleh Pegadaian konvensional juga, jadi kamu pun perlu membedakan sistem kerjanya secara saksama. 

Semoga bermanfaat ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →