15 Cara Menghasilkan Uang dari HP dengan Modal Minim

Cara Menghasilkan Uang dari HP

Banyak cara menghasilkan uang dari HP yang bisa kamu coba. Bukan hanya untuk menelpon maupun mengirim pesan saja, smartphone saat ini bisa jadi cara mendapatkan uang dari internet.

Ladang penghasilan yang diperoleh dengan bermodel internet mulai dari menjadi influencer, fotografer, bahkan hanya dengan bermain game saja. 

Penasaran gimana cara kerjanya? Yuk, kita bahas lebih lanjut.

1. Cara menghasilkan uang dari HP aplikasi di Android

Banyak aplikasi Android yang menyediakan lahan uang. Emang sih kebanyakan nominalnya recehan tapi lumayan buat jajan!

Beberapa contoh aplikasi penghasil uang itu, antara lain:

  • Google Opinion Rewards, aplikasi Google yang bakal bayar kamu setiap kali isi survei.
  • Whaff Reward, aplikasi Android paling digemari. Banyak tugas bisa dikerjakan, mulai dari unduh aplikasi, memainkan aplikasinya dan kode referral. Masing-masing punya nilai imbalan.
  • Marketglory, aplikasi game online berupa simulasi politik, militer, social dan ekonomi sebuah negara. Di sana bisa kumpulkan uang virtual yang bisa dicairkan.

Hati-hati dengan scam ya! Pilih aplikasi terpercaya dan sudah mendapatkan banyak ulasan positif dari pengguna.

2. Cara menghasilkan uang dari HP android dengan bermain game

Siapa bilang bermain game itu sia-sia? Jika pilih memilih game, malah kamu bisa mendapatkan uang hanya dengan bermanin game di ponsel, lho! 

Ini jadi peluang besar buat gamer. Caranya dengan main game yang sedang hits dan capai level tertentu. Setelahnya, akun tersebut bisa kamu jual ke orang lain yang butuh level tersebut.

Contoh game penghasil uang antara lain Mobile Legends. Bahkan ada yang melelang akun game ini hingga 12 juta! Spesifikasi biasanya level minimal 30 II server iOS, diamond 12 ribu dan skin lebih dari 40.

Cara lain selain jualan akun, kamu bisa tawarkan diri jadi joki buat memainkan akun orang lain. Tugasnya menaikkan level dan mendapatkan item tertentu. Biasanya joki-joki ini orang yang udah profesional di bidang game, lho! 

3. Cara menghasilkan uang dari HP dengan menjadi fotografer

Bukan hanya kamera profesional, kini kamera smartphone menjelma makin canggih. Mengapa gak jadi fotografer dadakan saja tapi yang menghasilkan?

Coba deh lihat fotografer ponsel di Instagram. Foto-foto mereka gak kalah dengan kamera profesional. Kalau kamu punya kemampuan seperti itu, jual foto kamu melalui aplikasi berikut:

  • Twenty20
  • Foap
  • Snapwire
  • Scoopshot
  • EyeEm

4. Cara menghasilkan uang dari HP dengan jualan online

Yap! Ini cara mudah mendapatkan uang paling favorit. Modal kamera smartphone dan jepret produk. Lalu, sebar di media sosial atau gunakan platform jual beli seperti Tokopedia, Bukalapak, Jualo, Elevenia dan lainnya.

5. Hasilkan secara online uang dengan menjadi dropshipper

Gimana kalau tak punya produk sendiri? Alternatifnya adalah jadi dropshipper. Masih modal ponsel saja, poles toko online kamu sedemikian rupa.

Pertama daftar sebagai dropshipper ke distributor produk A. Kamu buka toko B dan menjualkan produk dari A. Saat ada pelanggan yang memesan, kamu harus segera kontak distributor A. Nanti distributor A akan kirim pesanan tersebut ke alamat pelanggan kamu atas nama toko B milik kamu.

Praktis, kan?

6. Buka jastip alias jasa titip

Jastip ini lagi hits banget. Saat kamu akan pergi ke tempat-tempat tertentu, misalnya pusat perbelanjaan, kota lain, atau luar negeri, kamu bisa beri tahu teman-teman. Tanyakan apakah mereka ingin titip sesuatu atau tidak.

Keuntungan buat kamu bisa diambil dari biaya jasa titip untuk setiap barang. Misalnya, kamu patok 10 ribu untuk setiap barang yang dibeli. Cara lain yang dapat kamu coba adalah bikin margin harga. Misalnya barang A di toko dibanderol Rp 500 ribu maka kamu jual ke teman seharga Rp 600 ribu.

Biasanya di kota-kota kecil, merek-merek ternama seperti Chanel, Hermes dan bahkan sekelas H&M gak ada. Kamu yang di Jakarta bisa bikin kesempatan itu jadi uang dengan tawarkan jasa titip ke mereka.

Di lain kesempatan, saat kamu jalan ke kota-kota kecil, kamu pun bisa tawarkan barang-barang unik yang hanya ada di sana.

Khusus untuk jasa titip luar negeri, ada baiknya kamu paham mengenai peraturan bea cukai yang ada di Indonesia. Barang dari luar negeri yang bernilai lebih dari US$ 250 akan dikenakan biaya pajak. Kamu bisa pelajari peraturannya di website Bea Cukai.

7. Berternak akun media sosial lalu jual satu per satu

Cukup banyak brand atau bisnis yang butuh akun yang udah jadi. Mereka biasanya butuh akun yang udah jadi dengan follower banyak. Jadi gak repot lagi buat branding dari awal karena akunnya udah kelihatan kece.

Nah, peluang ini bisa kamu manfaatkan. Media sosial Instagram sedang melambung saat ini. Kamu bisa bikin banyak akun, jika memungkinkan dengan username brand tertentu, lalu perbanyak follower-nya.

Ada beberapa cara buat dapet banyak follower. Ada yang pakai cara blackhat atau curang dengan bikin akun haters artis tertentu. Kemudian, setelah followers-nya udah banyak maka username-nya diubah. Ini cara mudah mendapatkan uang yang gak disarankan banget!

Cara lain bisa dengan bikin akun publik dengan beragam niche. Misalnya, akun Instagram berisi kutipan, info unik atau berita terbaru. Kamu bisa bikin banyak akun untuk dikelola biar followers-nya naik. Setelah itu, jual deh!

8. Jadi buzzer buat meramaikan kampanye

Buzzer adalah orang yang mampu memengaruhi orang lain. Sebagai informasi, dalam dunia media sosial, setidaknya ada dua tingkatan influencer.

Pertama, micro-influencer yang lebih sering disebut buzzer. Orang-orang yang jadi buzzer ini biasanya memiliki pengikut sekitar ribuan di media sosial. Yang kedua adalah macro-influencer dengan kisaran pengikut yang jauh lebih banyak lagi daripada buzzer.

Popularitas buzzer inilah yang bikin pihak brand tertarik buat meng-endorse mereka. Gak hanya populer, beriklan melalui buzzer terlihat lebih natural dibandingkan beriklan di FB Ads atau Instagram Ads.

9. Jadi influencer

Influencer cocok diberi predikat kasta tertinggi di media sosial. Jika buzzer memiliki jumlah pengikut dua atau tiga ribu maka influencer biasanya sudah punya minimal 10 ribu pengikut. Tentu saja bayarannya jauh lebih tinggi!

Modal kamera smartphone, seorang influencer bisa sajikan konten-konten menarik yang mampu menghipnotis pengikutnya dan pengikut baru.

Gak ada rumus baku buat bisa terkenal. Tapi, biasanya, seseorang punya X-factor yang bikin dia menarik di mata orang lain. Contoh, wajah cantik atau tampan, suara bagus atau bertingkah lucu!

Hampir sama dengan micro-influencer, brand bakal endorse para seleb media sosial ini buat pakai produk mereka. Mereka juga dapat bayaran buat setiap foto atau video yang menampilkan produk.

10. Ikut survei berbayar

Cara mendapatkan uang dari smarphone ini cukup mudah dilakukan. Namanya paid to click alias survey berbayar?

Cukup dengan mendaftar sebagai member, yaitu mengisi data diri di situs survey berbayar, memasukkan data akun PayPal pribadi, dan mengisi berbagai survey online yang disediakan.

Salah satu contoh situs survei berbayar adalah Clixsense Indonesia. Situs survey online berbayar Indonesia yang satu ini mengganjar member-nya dengan reward bayaran yang cukup besar lho.

Nilainya berkisar antara US$ 0,25-US$ 2, tergantung dari berapa lama kamu membutuhkan waktu buat menyelesaikan survey. Nilai survey akan semakin besar jika survey membutuhkan waktu yang semakin lama.  

11. Bisnis afiliasi

Bisnis afiliasi adalah sebuah bisnis yang membayar jasa seseorang dalam bentuk komisi ketika berhasil menjual produk atau jasa dari perusahaan tertentu.

Komisi akan didapat kalau kamu berhasil memasarkan barang atau produk tersebut. Sederhananya, program ini layaknya komisi atau insentif yang diterima sales representative pada sebuah perusahaan.

Jenis affiliate marketing yang populer yaitu endorse dan paid promote. Cara kerjanya kamu mereview produk menggunakan beberapa platform yang dimiliki, seperti Youtube, blog, atau Instagram. 

12. Investasi reksa dana

Dengan bermodal internet, kamu bisa menghasilkan uang dengan cara investasi reksadana. Caranya mudah, kamu hanya perlu registrasi di situs agen penjual reksa dana dan membeli produk saat akunmu telah disetujui.

Berdasarkan jenisnya, reksa dana terbagi dalam empat pilihan, yaitu pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham. Semua reksa dana ini bisa kamu beli secara online bisa dipantau keuntungannya setiap hari. Jika ingin dicairkan, tinggal klik jual saja nanti uangnya bakal ditransfer ke rekening bank.

Mau yang balik modalnya cepat? Ya, reksa dana saham. Namun, ketika ada momen bearish di bursa saham, uangmu juga bisa minus.

13. Menawarkan jasa desain

Untuk kamu yang suka menggambar, apalagi jago menggunakan beberapa software seperti Photoshop dan Illustrator, kamu bisa menjual desainmu atau menjadi desain grafis.

Coba pasarkan desain-desainmu di media sosial atau platform-platform khusus yang memuat jual-beli desain. Siapa tahu ada banyak orang yang sedang mencari orang sepertimu untuk membuat logo perusahaan mereka atau brosur.

14. Baca berita dibayar uang

Kalau kamu suka membaca, entah berita atau artikel, maka bisa membuka aplikasi pembaca berita yang memberikan uang. Misalnya situs BACA PLUS sebagai aplikasi penghasil uang terbanyak akan memberi sejumlah bayaran bila kamu membaca artikel atau berita yang ditampilkan di artikel tersebut. Kamu juga akan mendapat reward atas misi tertentu. 

Diintip dari keterangan unduhan aplikasi di Playstore, BACA PLUS memakai slogan ‘Baca berita terkini dan kumpulkan saldo setiap hari’.

Dalam keterangan tersebut juga disebutkan bahwa aplikasi ini menyajikan berita lebih dari 250 sumber terpercaya dan beragam berita terupdate setiap harinya. Bahkan aplikasi ini mengklaim informasi yang disajikan selalu up to date.

15. Jualan pulsa

Meskipun keuntungannya tidak terlalu besar, tetapi menjadi agen pulsa ini cukup menguntungkan. Cuma bermodal ponsel, kamu sudah bisa menjadi agen pulsa elektrik. Tak perlu sewa kios seperti jual pulsa fisik, kamu hanya perlu uang Rp50 ribu saja. 

Cara mulainya pun juga gampang kok. Kamu hanya cukup mendaftar ke provider pulsa elektrik online, kemudian lakukan deposit dari modal. Setelah itu, langsung deh kamu bisa mulai usaha sampingan ini. 

Selain sumber penghasilan di atas, kamu juga bisa menjadi agen asuransi lho untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Kalau kamu menjadi agen asuransi Lifepal, maka berkesempatan mendapatkan uang hingga Rp30 juta, lho. Yuk, daftar di Agent Academy Lifepal!

Nah, itulah beberapa cara menghasilkan uang dari HP yang bisa kamu lakukuan. Masih punya pertanyaan lain seputar tips berbisnis atau butuh rekomendasi asuransi terbaik untukmu? Yuk kirim pertanyaanmu di Tanya Lifepal dan tunggu jawaban dari rekan ahli kami.

Pertanyaan seputar cara menghasilkan uang dari HP