9 Usaha yang Pas Buat Ibu Rumah Tangga, Modal Maksimalnya Rp 3 Juta Saja

wanita membuka usaha di rumah

Gak sulit kok mencari contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang minim modal. Dengan modal maksimal Rp 3 juta, para ibu rumah tangga sudah bisa memulai usaha yang lumayan menghasilkan lho.

Berhubung ini adalah usaha untuk rumah tangga, jadi tentunya usaha rumahan ini sangat mengandalkan keahlian umum seorang perempuan.

Penasaran dengan contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang dimaksud? Yuk cari tahu lebih lanjut dalam ulasan bawah ini.

Kita akan rangkumkan juga soal total modalnya, metode promosinya, dan target pelanggannya.

1. Jasa jahit

mesin jahit
Ibu rumah tangga bisa buka jasa jahit

Buka jasa jahitan memang gak mahal, selama gak pakai mesin obras. Asal kamu tahu, modalnya cuma Rp 2,5 jutaan. Sementara itu benang, jarum, dan peralatan lainnya bisa dibeli dengan harga Rp 200 ribuan.

Dengan modal sebesar itu kamu bisa beli mesin jahit merek Singer yang biasa digunakan untuk permak celana jeans. Untuk cari pelanggan juga mudah, tinggal pasang spanduk saja di dekat rumah, pasti tetangga-tetangga tertarik. 

Belum lagi kalau jahitannya bagus, gak usah ditanya pasti bakal ada promosi mulut ke mulut yang dilakukan pelanggan. Usahamu pun makin laris kedepannya.

Total modal usaha Rp 2,7 juta
Target market Tetangga
Promosi  Mulut ke mulut

2. Katering

makanan-makanan di dalam wadah
Bisa bikin usaha katering .

Kaum ibu rata-rata pasti suka masak dong. So, katering tentu bisa jadi contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang sangat menghasilkan! 

Modal usaha ini juga gak mahal. Dengan bujet Rp 1 hingga Rp 2 jutaan pun kamu bisa membeli peralatan masak yang cukup memadai.

Menu masakannya juga gak perlu yang susah-susah. Intinya, cari menu yang bisa dibuat dengan bahan baku Rp 15 ribu per porsi saja juga bisa. Bikin masakan yang sesuai dengan lidahnya orang Indonesia ya.

Mau bikin masakan ala barat juga bisa, asalkan sesuai dengan pesanan. Dan pastikan juga bahwa klien harus membayar uang muka alias DP dulu sebelum kamu memasak untuk mereka. 

Besarnya DP tentu bakal lebih baik jika sudah menutupi biaya produksi. Karena, seandainya ada pembatalan order secara tiba-tiba karena hal-hal yang gak diinginkan, kamu gak bakalan rugi-rugi amat. 

Total modal usaha Rp 2 jutaan
Target market Tetangga dan relasi
Promosi  Mulut ke mulut, Instagram

3. Jualan kue atau jajanan pasar

jajanan pasar
Bisa bisnis makanan jajanan pasar.

Sampai kapanpun bisnis yang satu ini memang laris. Pasalnya, semua orang Indonesia doyan sama jajanan pasar. Sementara itu, usaha kue tentu bakal panen rezeki menjelang Hari Raya.

Modalnya pun gak besar. Untuk membeli peralatan-peralatan yang memadai seperti oven, mixer, cetakan, dan lainnya, paling kamu cuma butuh modal Rp 1,5 jutaan. Bahan baku dan sebagainya baru akan dibeli ketika ada order.

Kecuali jika kamu berbisnis jajanan pasar seperti pastel, gemblong, klepon, dan lainnya tentu harus ready stock. Tapi gak usah khawatir, jajanan kayak gitu bisa dibuat dengan modal Rp 30 ribuan kok. 

Total modal usaha Rp 1,5 juta
Target market Tetangga dan masyarakat sekitar
Promosi  Mulut ke mulut

4. Warung sarapan

nasi uduk
Bisa jualan makanan sarapan.

Bikin warung makan tentu biayanya gak sedikit, mungkin kisaran Rp 7 jutaan. Tapi gak demikian dengan warung sarapan yang bisa dimulai bahkan dengan bujet Rp 500 ribuan saja. 

Sesuai dengan judulnya, warung sarapan menjual hidangan yang biasa disantap orang Indonesia untuk sarapan. Apalagi kalau bukan nasi uduk, nasi kuning, atau lontong sayur.

Dengan lauk telur dadar dan orek tempe, hidangan itu juga cukup enak kok dan pasti laris di pagi hari. Modal membuat hidangan ini juga gak mahal. Dengan modal ratusan ribu juga sudah bisa.

Modal yang harus kamu siapkan tentunya adalah menyiapkan bungkusan untuk nasi dan lauk pauk tersebut. Gimana, cukup oke kan contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga ini?

Total modal usaha Rp 500 ribuan
Target market Tetangga dan warga sekitar
Promosi  Mulut ke mulut, Instagram, dan banner

5. Jajanan anak sekolah

jajanan berbentuk sate sosis
Jajanan berbentuk sate sosis.

Selain main games, anak sekolahan tentunya gak bisa lepas dari apa yang namanya jajan. Dadar gulung, mie lidi, cilor, kue lekker, cimol, dan sebagainya tentu laris kalau dijual di dekat sekolahan saat siang hari. 

Modal membuat jajanan anak juga gak besar. Sama seperti membuat jajanan pasar pada umumnya. 

Dengan modal Rp 500 ribuan sudah bisa bikin dengan porsi besar. Asyik bukan?

Total modal usaha Rp 500 ribuan
Target market Anak-anak
Promosi  Banner dan mulut ke mulut

6. Es

es warna warni
Jualan es di musim kemarau.

Sayangnya, usaha ini tergolong gak terlalu laris saat musim hujan. Ya wajar saja, wong di musim hujan orang-orang lebih memilih untuk menyantap hidangan yang hangat-hangat ketimbang yang dingin.

Target pasar yang bisa digarap ketika jualan es adalah anak-anak, dan anak sekolah. Modalnya juga murah.

Ketimbang membuat es sendiri, alangkah baiknya untuk menjalin kemitraan dengan waralaba-waralaba minuman ternama. Investasi awalnya paling cuma Rp 2 jutaan.

Dengan Rp 2 jutaan kamu sudah dapat booth, bahan baku, modul pelatihan, dan peralatan. Praktis kan? Kalau pun bahan baku habis, tinggal minta ke kantor pusat nanti dikirimkan lagi.

Total modal usaha Rp 2 jutaan
Target market Anak-anak, masyarakat sekitar
Promosi  mulut ke mulut, banner, Instagram

7. Toko kelontong

toko kelontong
Buka toko kelontong butuh modal agak besar.

Toko kelontong juga bisa jadi salah satu contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang nguntungin. Modalnya, tergantung seberapa besar warung dan apa saja barang yang dijual.

Ketika toko itu menjual beras, gas, dan kebutuhan rumah lain layaknya sebuah mini market, ya sudah pasti modalnya gede. Tapi jika warungnya cuma jualan snack, kopi, rokok, roti, dan air minum saja, maka dengan modal Rp 3 jutaan pun kamu sudah bisa mendirikan usaha ini.

Dalam membuka toko kelontong kecil, rokok mungkin jadi salah satu barang yang paling laris. Pasalnya, gak sedikit jumlah perokok di Indonesia yang datang dari berbagai latar belakang ekonomi.

Total modal usaha Rp 3 jutaan
Target market Masyarakat sekitar
Promosi  Banner dan mulut ke mulut

8. Jualan sayur

penjual sayur
Berjualan sayur juga layak dilirik

Jualan sayur juga gak sulit, paling ya kamu harus bangun pagi dan pergi ke pasar dulu. Setelah belanja sayur di sana, hasil belanjaanmu bisa dijual kembali di depan rumah.

Modal usaha ini tentunya paling mahal Rp 300 ribuan Rupiah saja selama varian sayur yang dijual tidak banyak. Dan sayur ini bisa dijajakan langsung di depan rumah saat pagi hari secara lesehan. Tapi pastikan juga, sayur yang kamu jual harus habis dalam sehari. Kalau tidak habis ya ada risiko busuk.

Gak perlu modal etalase pun bisa. Malah jatuhnya lebih murah bukan?

Total modal usaha Rp 300 ribuan
Target market Masyarakat sekitar
Promosi  mulut ke mulut

9. Reseller baju perempuan atau anak

perempuan berhijab
Jadi reseller pakaian wanita.

Namanya juga ibu rumah tangga, biasanya akrab dong sama tetangga-tetangga. Gak menutup kemungkinan juga, ibu rumah tangga pada umumnya aktif di kegiatan ibu PKK setempat. Kalau memang aktif di organisasi, memulai usaha sebagai reseller baju perempuan dan baju anak tentu bisa menguntungkan.

Pasalnya, kamu punya banyak waktu dan setiap hari kamu bisa bertemu orang-orang yang memang sudah jadi target pasar.

Total modal usaha Rp 0,
Target market Siapapun (perempuan)
Promosi  Situs e-commerce, Instagram, mulut ke mulut. 

Contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga ini bisa jadi makin efektif jika kamu bisa memanfaatkan media sosial Instagram. Modal awal untuk memulai bisnis ini ada di angka Rp 1 jutaan. Tapi, bila kamu bisa melakukannya dengan konsinyasi alias tanpa modal, tentu kamu juga bakalan lebih untung. 

Itulah sembilan contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang menguntungkan sepanjang masa. Kalau diperhatikan, rata-rata bisnis tersebut bisa dimulai dengan bujet di bawah Rp 3 juta ya.

Pada intinya, sebelum mendirikan bisnis, mengetahui target market tentunya merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Jangan sampai jualan ke pihak yang gak sesuai dengan target marketmu yah.