Kalau Punya 9 Mata Uang Ini, Tukerin ke Rupiah! Dijamin Untung Gede

Mata uang dolar emang lagi menguat terhadap rupiah. Saat ini aja nilai tukar US$1 sama dengan Rp 14 ribuan. Padahal, beberapa tahun yang lalu nilai tukar dolar berada di angka Rp 12 ribu ja. Malah sebelumnya lagi sempat di angka Rp 10 ribuan.

Andaikan dulu-dulu punya banyak dolar, sekarang ini udah kaya mendadak kali ya.

Tapi kamu tahu gak kalau ternyata ada mata uang yang nilainya lebih dahsyat daripada dolar? Memiliki uang tersebut dalam jumlah besar bisa bikin kamu kaya mendadak.

Penasaran apa aja? Dikutip dari Bookmyforex, nih sembilan mata uang yang bikin kamu kaya kalau ditukar ke rupiah.

1. Dinar Kuwait

mata uang
Dinar Kuwait (leftovercurrency)

Satu lembar 20 Dinar Kuwait sekarang setara Rp 955 ribu. Coba bandingin sama Dolar. Satu lembar US$ 20 kalau ditukar ya cuma Rp 289 ribuan.

Lho, kok bisa gitu? Ya iyalah… kan Dinar Kuwait itu emang mata uang terkuat di dunia saat ini. 1 Dinar Kuwait aja bernilai Rp 47 ribuan. Sementara 1 Dolar Amerika Serikat bernilai Rp 14 ribuan. Jauh banget kan selisihnya?

Dinar Kuwait bisa kuat karena pengaruh minyak. Hampir 94 persen minyak yang diproduksi di negara ini diekspor ke luar negeri. Tentu aja kebutuhan Dinar Kuwait makin besar seiring banyaknya permintaan terhadap minyak negara itu.

2. Dinar Bahrain

mata uang
Dinar Bahrain (theibns)

Mata uang terkuat selanjutnya adalah Dinar Bahrain. Nilai tukar 1 Dinar Bahrain setara Rp 38 ribuan.

Kuatnya Dinar Bahrain ceritanya mirip-mirip dengan cerita Dinar Kuwait.

Bahrain dan Kuwait sama-sama negara Timur Tengah yang mengandalkan sumber pendapatannya dari minyak. Makanya posisi Dinar Bahrain ini saling berdempetan.

3. Rial Oman

mata uang
Rial Oman (e-allmoney)

Satu lagi negara Timur Tengan yang mata uangnya kuat banget adalah Oman. 1 Rial Oman dihargai Rp 37 ribuan.

Sama seperti cerita Kuwait dan Bahrain, sumber kekayaan andalan Oman adalah minyak bumi. Permintaan terhadap minyak bumi dari negara ini dengan sendirinya memengaruhi permintaan Rial Oman. Efeknya, nilai Rial Oman pun meningkat.

4. Dinar Yordania

mata uang
Dinar Yordania (thebanknotestore)

Lagi-lagi negara Timur Tengah nih. 1 Dinar Yordania itu setara dengan Rp 20 ribuan.

Meskipun bukan negara yang menggantungkan pendapatan dari minyak bumi, Yordania memiliki perekonomian yang stabil. Selain itu, Dinar Yordania dipatok terhadap Dolar. Misalnya Dolar menguat, Dinar Yordania pun ikut menguat.

5. Poundsterling Inggris

mata uang
Poundsterling (dreamstime)

Di posisi selanjutnya ada Poundsterling Inggris sebagai mata uang terkuat kelima di dunia. Saat ini 1 Poundsterling setara Rp 19 ribuan.

Penguatan Poundsterling terjadi setelah Inggris memutuskan buat keluar dari Uni Eropa atau dikenal dengan istilah Brexit. Ditambah lagi peredaran Poundsterling lebih kecil angkanya ketimbang peredaran Dolar.

6. Pound Gibraltar

mata uang
Pound Gibraltar (banknoteindex)

Selain Inggris, Gibraltar juga punya Pound. Dan nilai mata uang ini juga termasuk yang terkuat di dunia. Nilai 1 Pound Gibraltar sama dengan Rp 19 ribuan.

Wajar aja negara yang dekat dengan Afrika ini menggunakan Pound. Sebab Gibraltar termasuk negara persemakmuran Inggris.

7. Dolar Kepulauan Cayman

mata uang
Dolar Kepulauan Cayman (greenappleauction)

Negara persemakmuran Inggris berikutnya yang memiliki mata uang terkuat adalah Negara Kepulauan Cayman. 1 Dolar sana sama dengan Rp 17 ribuan.

Perekonomian yang stabil menjadi alasan di balik kuatnya Dolar Kepulauan Cayman.

8. Euro

mata uang
Euro (standard)

Di urutan kedelapan ada mata uang Uni Eropa, Euro. Uang ini digunakan 26 negara anggota Uni Eropa.

1 Euro setara dengan Rp 16 ribuan. Harganya bisa demikian tinggi karena mata uang ini paling banyak diperdagangkan di dunia.

9. Franc Swiss

mata uang
Franc Swiss (lenews)

Selanjutnya ada mata uang Swiss, yaitu Franc Swiss. 1 Franc Swiss setara Rp 14 ribuan.

Banyaknya investor yang mengamankan dananya di Swiss mendorong menguatnya Franc Swiss. Makanya mata uang ini bisa menjadi mata uang yang terkuat.

Jadi, udah tahu kan sekarang apa aja mata uang yang bisa bikin kaya kalau ditukar ke Rupiah? Dan uang-uang ini bakal berlipat ganda kalau kamu menginvestasikannya ke forex.

Sayangnya nih, namanya investasi dalam bentuk mata uang butuh modal yang gak sedikit. Soalnya untung baru terasa kalau modalnya emang benar-benar besar.

Jadi, buat kamu yang kepengin main investasi mata uang, siapkan modal yang besar sedari awal. Biar nanti waktu ditukarkan, kamu dapat untung berlimpah.

Selamat mencoba!