Dinar dan Mata Uang Ini Bisa Bikin Pemiliknya Kaya

mata uang dinar

Mata uang dinar adalah mata uang yang berlaku di beberapa negara dengan mayoritas penduduk berbahasa Arab.  Mata uang dinar merupakan mata uang yang memiliki nilai jual tinggi sehingga bisa membuat pemiliknya kaya.

Dengan nilai jual tinggi, mata uang dinar bisa mengalahkan mata uang dari negara lain, termasuk dolar Amerika Serikat (AS) atau US$.

Seperti kita tahu, mata uang dolar AS memang sedang menguat terhadap rupiah. Saat ini saja nilai tukar 1 dolar AS sama dengan Rp14 ribuan. Padahal, beberapa tahun yang lalu nilai tukar dolar berada di angka Rp12 ribu saja. Malah sebelumnya lagi sempat di angka Rp10 ribuan.

Kita coba ambil contoh, tahun 2009 lalu saat US$1 sama dengan Rp10.000, Ahmad menyimpan US$100. Nilainya sebesar Rp1.000.000. 

Tahun 2020 ini, ketika nilai tukar rupiah makin melemah menjadi Rp14.000 per US$, nilai mata uang dolar AS yang disimpan Ahmad naik menjadi Rp1.400.000. Artinya, Ahmad menyimpan ‘untung’ berupa selisih nilai tukar sebesar Rp400.000.

Andaikan dulu-dulu punya banyak dolar, sekarang ini sudah kaya mendadak kali ya!

Gak cuma mata uang asing yang bisa dijadikan investasi. Yuk cari tahu lebih banyak tentang investasi dari para ahli di Tanya Lifepal!

Investasi mata uang asing

Contoh kasus di atas memberi gambaran kepada kita bahwa mata uang sebenarnya bisa dijadikan sebagai aset investasi. Tentu harus dengan perhitungan yang matang dan tidak semua mata uang bisa menghasilkan cuan buat kita. 

Nilai tukar mata uang negara-negara di dunia itu dinamis. Berbagai faktor memengaruhi kekuatan masing-masing mata uang. 

Kalau ekonomi sebuah dunia sedang bergejolak, biasanya beberapa bank sentral di sejumlah negara akan menurunkan suku bunganya. Tujuannya, untuk memberikan stimulus ke perekonomian dalam negeri. 

Tapi, kebijakan ini ada efeknya, yakni risiko pelemahan nilai tukar mata uang. Apalagi, kalau ekonomi negara yang bersangkutan sedang melambat. Bisa-bisa semakin lemah nilai tukar mata uangnya. 

Soal naik-turunnya nilai tukar antarmata uang ini memang kompleks. Banyak faktor yang bekerja sekaligus menentukan nilai tukar mata uang ini. 

Beberapa di antaranya adalah perbedaan inflasi yang terjadi pada dua negara, perbedaan suku bunga neraca dagang di negara tersebut, hingga stabilitas ekonomi politik.

Dinamika seperti itu yang membuat akhirnya investasi berbentuk mata uang asing menjadi salah satu opsi buat kamu yang ingin menjajal bentuk investasi baru. Jenis investasi ini banyak dikenal sebagai investasi valas atau valuta asing

Praktik investasi valas ini pun bisa dilakukan secara tradisional, yaitu kamu datang ke bank dan membeli mata uang asing saat harganya rendah dan kemudian menjualnya saat harga tinggi. Atau, bisa juga berinvestasi valas dengan cara forex trading

Itulah gambaran mengapa sebuah mata uang asing bisa menjadi mahal dan membuat mereka yang punya simpanan mata uang tersebut jadi kaya. Menarik bukan?

Kuis Profil Risiko Investasi Lifepal

Gak semua investasi mata uang asing cocok dengan kamu. Yuk cari tahu profil risiko investasi kamu dengan mengisi kuis berikut ini!

Dinar sebagai mata uang terkuat

Salah satu uang yang bisa kita simpan untuk investasi valas adalah dinar yang berlaku di beberapa negara di dunia, kebanyakan di negara-negara dengan mayoritas penduduk berbahasa Arab. 

Beberapa negara yang menggunakan dinar sebagai mata uangnya adalah Kuwait, Aljazair, Bahrain, Irak, Yordania, Libya, dan Tunisia. Dari semuanya, Dinar Kuwait lah yang terkuat. 

Sebagai gambaran aja nih, nilai tukar 1 Dinar Kuwait sama dengan US$3,25. Ini berarti nilai tukar 1 dinar sekitar Rp46.300 (kurs Rp14.200 per US$).

Besar banget, kan? Punya 1 dinar aja bisa dapat uang hampir Rp50 ribuan. Gimana punya satu juta Dinar Kuwait? Bisa kaya mendadak nih.

Wajar saja kalau mata uang dari Kuwait ini dinobatkan sebagai mata uang paling mahal nomor satu di dunia. Pasalnya, posisi Kuwait sebagai negara pengekspor minyak terbesar, secara langsung berpengaruh terhadap mata uangnya.

Kekayaan negara Kuwait juga didukung hasil produksi minyak yang ikut meningkatkan nilai dari dinar. 

Gimana enggak kaya? Persentase ekspor minyak negara timur tengah ini mencapai 94 persen. Makanya tak perlu heran kalau mata uang ini jadi begitu berharga.

Bedakan dengan dinar emas

Eits, beda lho antara dinar sebagai mata uang resmi negara dengan dinar emas berupa koin. Kalau dinar sebagai mata uang berwujud mata uang biasa, kalau dinar emas berwujud koin dengan kadar emas murni yang tinggi. 

Memang sih beberapa negara Muslim dunia sudah mulai ancang-ancang untuk menjadikan dinar emas sebagai nilai tukar resmi. Cuma memang prosesnya tidak bisa singkat. Kita lihat nanti bagaimana perkembangannya ya. 

Dinar emas punya ‘adik’ namanya dirham nih, guys. Dinar dan dirham sudah dikenal sebagai alat perdagangan dan pembayaran resmi yang paling stabil dan sesuai syariah sejak beratus-ratus tahun lalu. 

Selain itu, dapat juga digunakan untuk pembayaran zakat, alat investasi atau simpanan, dan mahar.

PT Aneka Tambang (persero) Tbk ternyata juga memproduksi produk dinar emas ini. Saat ini 1 koin dinar Au 91,7% yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dijual seharga R 3.389.553 (per 20 Juni 2020). Sementara 1 dirham Au 99,9% berada di Rp82.031/koin dengan berat 2,975 gram.

Nah, dinar emas dan dirham perak ini bisa menjadi pilihan investasi juga sebenarnya, selain valas. Sifatnya sih sama dengan investasi emas batangan ya. Apalagi, harga emas batangan terbukti selamat dari laju inflasi di Indonesia selama ini. 

Emas juga terbukti menghasilkan banyak cuan bila disimpan sebagai investasi jangka panjang. Misalnya, harga emas batang pada tahun 2011 lalu masih berkisar di angka Rp400.000-an per gram. 

Sekarang, tahun 2020 ini harga emas batang sudah melejit sampai Rp850.000-an per gram. Bayangkan untung yang kamu dapat.

Kembali kepada dinar emas, dinar emas ini memiliki nilai intrinsik yang sama dengan emas sebagai kandungan utamanya. 

Dinar emas berdasarkan hukum Syari’ah Islam didefinisikan sebagai uang emas murni yang memiliki berat 1 mitsqal atau setara dengan 1/7 troy ounce, sedangkan Dirham perak Islam berdasarkan ketentuan Open Mithqal Standard (OMS) memiliki kadar perak murni dengan berat 1/10 troy ounce,atau setara dengan 3,11 gram. Dengan demikian, dinar emas memiliki berat 4,45 gram.

Mata uang selain dolar AS yang bisa kamu simpan

Jadi tercerahkan kan, selain dolar AS ternyata banyak loh mata uang lain yang bisa digunakan sebagai investasi valas. Selain nilai tukarnya lebih kuat dari dolar AS, kursnya juga stabil. Memiliki mata uang tersebut dalam jumlah besar bisa bikin kamu kaya mendadak.

Pastikan investasi kamu terjaga dengan proteksi kesehatan terbaik di Lifepal!

Penasaran apa aja? Dikutip dari Bookmyforex, ini sembilan mata uang yang bikin kamu kaya kalau ditukar ke rupiah.

1. Dinar Kuwait

mata uang dinar
Mata uang Dinar Kuwait (leftovercurrency)

Satu lembar 20 Dinar Kuwait sekarang setara Rp923 ribu. Coba bandingin sama US$. Satu lembar US$20 kalau ditukar ya cuma Rp284 ribuan. (Kurs: Rp14.200 per US$1).

Lho, kok bisa gitu? Ya iyalah… kan Dinar Kuwait itu emang mata uang terkuat di dunia saat ini. 1 Dinar Kuwait saja bernilai Rp47 ribuan, sementaraUS$1 bernilai Rp14 ribuan. Jauh banget kan selisihnya?

Dinar Kuwait bisa kuat karena pengaruh minyak. Hampir 94 persen minyak yang diproduksi di negara ini diekspor ke luar negeri. Tentu saja kebutuhan Dinar Kuwait makin besar seiring banyaknya permintaan terhadap minyak negara itu.

2. Dinar Bahrain

Mata uang terkuat selanjutnya adalah Dinar Bahrain. Nilai tukar 1 Dinar Bahrain setara Rp38 ribuan.

Kuatnya Dinar Bahrain ceritanya mirip-mirip dengan cerita Dinar Kuwait.

Bahrain dan Kuwait sama-sama negara Timur Tengah yang mengandalkan sumber pendapatannya dari minyak. Makanya posisi Dinar Bahrain ini saling berdempetan.

3. Rial Oman

Satu lagi negara Timur Tengan yang mata uangnya kuat banget adalah Oman. 1 Rial Oman dihargai Rp37 ribuan.

Sama seperti cerita Kuwait dan Bahrain, sumber kekayaan andalan Oman adalah minyak bumi. Permintaan terhadap minyak bumi dari negara ini dengan sendirinya memengaruhi permintaan Rial Oman. Efeknya, nilai Rial Oman pun meningkat.

4. Dinar Yordania

Lagi-lagi negara Timur Tengah nih. 1 Dinar Yordania itu setara dengan Rp20 ribuan.

Meski bukan negara yang menggantungkan pendapatan dari minyak bumi, Yordania memiliki perekonomian yang stabil. Selain itu, Dinar Yordania dipatok terhadap US$. Misalnya, Dolar menguat, Dinar Yordania pun ikut menguat.

5. Poundsterling Inggris

Di posisi selanjutnya ada Poundsterling Inggris sebagai mata uang terkuat kelima di dunia. Saat ini, 1 Poundsterling setara dengan Rp17 ribuan.

Penguatan Poundsterling terjadi setelah Inggris memutuskan buat keluar dari Uni Eropa atau dikenal dengan istilah Brexit. Ditambah lagi peredaran Poundsterling lebih kecil angkanya ketimbang peredaran Dolar.

6. Pound Gibraltar

Selain Inggris, Gibraltar juga punya Pound. Dan nilai mata uang ini juga termasuk yang terkuat di dunia. Nilai 1 Pound Gibraltar sama dengan Rp19 ribuan.

Wajar saja negara yang dekat dengan Afrika ini menggunakan Pound. Sebab Gibraltar termasuk negara persemakmuran Inggris.

7. Dolar Kepulauan Cayman

Negara persemakmuran Inggris berikutnya yang memiliki mata uang terkuat adalah Negara Kepulauan Cayman. 1 Dolar sana sama dengan Rp17 ribuan.

Perekonomian yang stabil menjadi alasan di balik kuatnya Dolar Kepulauan Cayman.

8. Euro

Di urutan kedelapan ada mata uang Uni Eropa, Euro. Uang ini digunakan 26 negara anggota Uni Eropa.

1 Euro setara dengan Rp16 ribuan. Harganya bisa demikian tinggi karena mata uang ini paling banyak diperdagangkan di dunia.

9. Franc Swiss

Selanjutnya ada mata uang Swiss, yaitu Franc Swiss. 1 Franc Swiss setara Rp14 ribuan.

Banyaknya investor yang mengamankan dananya di Swiss mendorong menguatnya Franc Swiss. Makanya mata uang ini bisa menjadi mata uang yang terkuat.

10. Manx Pound

Mata uang ini adalah paritas dari Poundsterling di Inggris. Isle of Man juga dikenal dengan nama Mann adalah sebuah wilayah dependensi Kerajaan Inggris yang terletak di Laut Irlandia. Nilainya sebenarnya sama dengan Poundsterling. 

Namun, karena memiliki nama yang berbeda, maka mata uang negara Isle of Man dicatat sebagai salah satu yang terkuat di dunia. 

Jadi, sudah tahu kan sekarang apa saja mata uang yang bisa bikin kaya kalau ditukar ke Rupiah? Dan uang-uang ini bakal berlipat ganda kalau kamu menginvestasikannya ke forex.

Sayangnya nih, namanya investasi dalam bentuk mata uang butuh modal yang gak sedikit. Soalnya untung baru terasa kalau modalnya emang benar-benar besar.

Jadi, buat kamu yang kepengin main investasi mata uang, siapkan modal yang besar sedari awal. Biar nanti waktu ditukarkan, kamu dapat untung berlimpah. Semoga informasi tadi bermanfaat! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →