Bukan Punya Zumi Zola, Ini 5 Action Figure Termahal di Dunia

G.I. Joe Minimals Vortex figure (hisstank.com)

Beberapa waktu yang lalu Zumi Zola ditetapkan sebagai tersangka di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) buat yang kedua kalinya. Ia diduga menerima gratifikasi sebesar sekitar Rp 44 miliar. Hebohnya nih, sebagian uang gratifikasi itu ia gunakan buat beli action figure.

Seperti yang diberitakan Detik, Zumi Zola menghabiskan Rp 52 juta buat mengoleksi action figure. Bukan sembarang merek, miniatur karakter yang dibelinya itu keluaran merek terkenal, seperti Hot Toys Limited dan XM Studios. Wajar aja kalau harganya sangat mahal.

Rupanya action figure yang dikoleksi Zumi Zola bukannya yang paling mahal lho. Masih banyak  action figure yang harganya jauh lebih mahal. Malahan, deretan action figure itu termasuk deretan termahal di dunia. Apa aja sih? Dikutip dari destinationluxury, berikut ini daftarnya.

1. G.I. Joe Toys Soldier Prototype – Rp 2,92 miliar

Gi Joe. (Thoughtco)
Gi Joe. (Thoughtco)

Action figure ini dijual dengan harga US$ 200 ribu atau Rp 2,92 miliar pada tahun 2003. Miniatur bertemakan militer ini dibikin tahun 1963 oleh Don Levine, seorang Business Executive di perusahaan mainan Hasbro.

Bisa dibilang G.I. Joe Toys Soldier Prototype merupakan generasi pertama yang diproduksi Hasbro saat itu. Miniatur ini memiliki ukuran sekitar 29,21 centimeter dan 21 bagian yang bisa digerakkan.

2. G.I. Joe Minimals Vortex figure – Rp 292 juta

Gi Joe Minimal Vortex. (egloos.com)
Gi Joe Minimal Vortex. (egloos.com)

Selain karakter militer, action figure yang satu ini juga mengundang minat banyak orang. G.I. Joe Minimals Vortex Figure harganya mencapai US$ 20 ribu atau Rp 292 juta.

Produksinya sendiri sebenarnya sudah dihentikan pada tahun 1995. Uniknya, miniatur ini belum sempat beredar luas di pasaran. Sampai akhirnya ada yang menjual seharga US$ 20 ribu di eBay.

3. McFarlane Toys Babe Ruth figure – Rp 198 juta

Babe Ruth. (Mwctoys)
Babe Ruth. (Mwctoys)

Babe Ruth dikenal sebagai pemain baseball profesional asal Amerika Serikat. Action figure-nya dijual dengan harga US$ 13.600 atau Rp 198 jutaan.

Asal tahu aja nih. Pabrikan mainan McFarlane memproduksi miniatur ini cuma lima buah. Dari lima miniatur itu, cuma tiga yang beredar di pasaran, sedangkan dua lainnya menjadi koleksi McFarlane.

4. 1978 Telescopic Lightsaber Darth Vader – Rp 87 jutaan

Telescopic lightsaber Darth Vader. (Pinimg.com)
Telescopic lightsaber Darth Vader. (Pinimg.com)

Kalau karakter yang ini, pasti kamu gak asing deh. 1978 Telescopic Lightsaber Darth Vader merupakan action figure dari karakter Star Wars. Miniatur ini dijual dengan harga US$ 6 ribu atau Rp 87 jutaan.

Produksinya sendiri dihentikan karena lightsaber yang digunakan Darth Vader mendapat kritikan.

5. Rocket Firing Boba Fett Star Wars figure – Rp 73 jutaan

Boba Fett. (Rachfalenterprises.com)
Boba Fett. (Rachfalenterprises.com)

Satu lagi action figure Star Wars yang dijual mahal, yaitu Rocket Firing Boba Fett. Miniatur ini dijual dengan harga US$ 5 ribu atau Rp 73 jutaan.

Miniatur ini sendiri mulai diperkenalkan di pasaran sejak tahun 1980 oleh perusahaan mainan Kenner Products. Mainan yang satu ini menarik karena ada dua versi yang beredar.

Satu versi memiliki rudal di punggungnya dan satu lagi yang tanpa rudal. Versi pertama-lah yang paling dicari.

Ternyata, terlepas dari fakta bahwa action figure itu adalah mainan, beberapa diantaranya punya harga yang fantastis. Besar kecilnya harga tergantung dari banyak faktor. Bisa karena kelangkaan di pasaran, bisa juga karena keunikannya.

Malahan nih ada yang nilainya mencapai miliaran rupiah. Wah, seharga rumah tuh! Kalau kamu sendiri, gimana? Tertarik gak buat mengoleksi salah satunya?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →