Ingin Mapan di Usia Senja? Miliki Aset-Aset Ini Saat Masih 30 Tahun

4 aset wajib dimiliki

Seseorang bisa disebut mapan bila memiliki beberapa jenis aset dengan valuasi atau nilai baik. Tentu aja aset itu gak cuma berupa uang, tapi juga bisa bentuk lain.

Banyak orang berada di puncak masa produktif saat menginjak usia 30 tahun. Di usia ini, seseorang udah harus tahu tujuan finansialnya dalam beberapa tahun ke depan. Idealnya, seseorang harus udah punya aset senilai Rp 1 miliar pada usia nyaris 40 tahun.

Agar tercapai,  kamu harus punya lima aset ini di usia 30 tahun. Apa apa? Simak yuk!

1. Hunian

Hunian (Pixabay)

Terlepas dari beli tunai atau cicilan, hunian emang jadi aset yang valuasinya besar banget. Ya iyalah, harga rumah itu sendiri udah mahal.

Ketika udah mulai mencicil jenis aset ini di usia 30 tahun, maka ketika usia mendekati 40, harga aset ini pasti makin tinggi.

Bisa jadi beli Rp 300 juta, delapan tahun kemudian harganya bisa sampai Rp 800 juta atau lebih kalau lokasinya benar-benar strategis.

2. Emas

Emas (Pixabay)

Investasi yang satu ini jenis teraman, dan harus menjadi salah satu jenis aset wajib dimiliki di usia kepala tiga. Pasalnya, harga emas dari tahun ke tahun udah pasti naik biar kata cuma sedikit.

Emas merupakan produk investasi yang risikonya terbilang cukup kecil. Itu sebabnya, kamu  di masa depan bisa merasakan manfaatnya menabung emas sejak dini.

Beli aja dalam jumlah cukup besar saat harganya sedang turun. Lalu, simpan baik-baik logam mulia tersebut. Kemudian, cek lagi harganya tahun depan.

Bayangin deh, seandainya kamu menyimpan emas selama delapan tahun, kira-kira berapa ya returns yang bisa didapat?

3. Saham blue chip

Saham (Pixabay)

Meski saham tergolong sebagai salah satu investasi yang tinggi risikonya, tapi tetap aja valuasinya bisa mendatangkan returns tinggi.

Apalagi kalau yang dimiliki saham blue chip dari perusahaan-perusahaan raksasa. Saham yang satu ini tentu bisa menjadi jenis aset penting yang bikin kamu mapan di masa depan.

Beberapa saham blue chip, misalnya bank BCA atau Unilever. Emang sih harganya cukup mahal, tapi ya sebandinglah sama yang bakal didapat.

Sebagai gambaran, pada Agustus 2017 harga saham BCA masih Rp 19 ribuan per lembar, tapi di Agustus 2018 udah di angka Rp 25 ribuan.

Selain itu, keuntungan lain kalau memiliki saham adalah kita bakal dapat bonus dividen. Makin banyak lembar yang dipunya, makin besar bonus yang didapat.

4. Reksadana

Reksadana (Shutterstock)

Reksadana tentu bisa jadi alternatif buat menempatkan dana selain dari deposito. Dengan menempatkan dana di sini, return yang bisa didapat bisa di atas tujuh persen per tahun.

Tapi perlu kamu ingat, reksadana bukan instrumen investasi jangka panjang. Jadi setiap setahun, ada baiknya tarik dana dan pindahkan ke reksadana lain.

Itulah empat jenis aset yang harus kamu miliki di usia 30 biar bisa mapan di usia kepala empat, atau seenggaknya punya total aset senilai Rp 1 miliaran.

Jadi, tunggu apalagi? Selamat mencoba!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →