Bakal Jadi CEO Termahal, Ini 5 Fakta Tim Cook yang Jarang Diketahui

Tim Cook

CEO Apple, Tim Cook dikabarkan akan segera menerima gaji Rp 1,7 triliun karena meroketnya saham Apple di bursa saham, akhir Agustus lalu. Wow, gede banget ya!

Sebenarnya, perbincangan mengenai kenaikan gaji orang nomor satu di Apple ini sudah dibahas sejak 2013. Lebih tepatnya saat Tim Cook menjabat sebagai CEO selama dua tahun.

Sekarang, saham Apple justru dikabarkan meningkat 31 persen selama 12 bulan terakhir. Dan saham Apple itu juga jadi satu-satunya perusahaan yang valuasi sahamnya mencapai US$ 1 triliun. Kalau seperti ini kenyataannya, bisa-bisa dia jadi salah satu karyawan terkaya di dunia nih.

Pria asal Alabama ini punya fakta-fakta menarik yang inspiratif lho. Penasaran? Yuk, simak lebih lanjut di sini!

1. Ayahnya hanya buruh pelabuhan

 

 

Tim Cook yang dulu menduduki jabatan Chief Operating Officer (COO) Apple bukan berasal dari keluarga kaya. Ayahnya bekerja di sebuah pelabuhan, sementara sang ibu bekerja di sebuah perusahaan farmasi.

Cook lahir di kota kecil bernama Robertsdale di Alabama, Amerika Serikat. Dari latar belakang keluarganya itu saja dia bukan seseorang yang kaya sejak lahir.

Tim Cook memang merintis kariernya dari nol, hingga bisa jadi orang sukses seperti saat ini. Hebat ya!

Uniknya nih, Cook dan keluarganya sampai sekarang masih tinggal bersama di rumah lama yang mereka tempati. Dia gak pernah keberatan tinggal di rumah sederhananya, meski mengemban jabatan tinggi.

2. “Kerajinan”

 

 

Selain cerdas dan punya performa kerja luar biasa, pria bernama asli Timothy Donald Cook ini ternyata sangatlah rajin. Dia sering bangun pagi dan membalas email-emailnya pukul 04.30 pagi.

Meski seorang CEO, Cook jadi orang pertama yang sampai di kantor. Juara banget deh, jangan-jangan OB kantor juga belum datang!

Kebiasaan Cook lainnya, menggelar meeting lewat telefon pada Minggu malam untuk membicarakan hal-hal seputar rencana di pekan depan. Duh, kayak apa ya rasanya ditelefon bos saat Weekend, besoknya Senin pula.

3. Bergaya hidup sehat

 

 

Kesehatan itu investasi yang sangat berharga. Karena itu, wajib hukumnya buat seorang bos Apple menjaga kesehatan.

Cook terbilang cukup rajin dalam urusan ngegym. Dia juga sering naik sepeda, serta mengunyah protein bars.

4. Memulai kariernya di IBM

 

 

Setelah lulus dari Universitas Auburn, Tim Cook bergabung dengan IBM tahun 1982. Dia pun merintis karier di sana dalam jangka waktu lama.

Di perusahaan komputer ini, Cook akhirnya berhasil menduduki jabatan direktur. Hingga akhirnya tepat pada 1994 dia meninggalkan IBM dan pindah ke Intelligent Electronic sebagai COO.

Namun, tiga tahun kemudian dia pindah ke Compaq dan menduduki jabatan Vice President Corporate Materials. Hingga akhirnya berlabuh di Apple pada 1998.

Keputusan Cook pindah ke Apple tampaknya dipengaruhi Steve Jobs. Jabatan pertama yang diemban Cook di Apple adalah Senior Vice President of Worldwide Operation.

Kariernya di Apple pun sangat mulus, hingga akhirnya berhasil duduk di jajaran direksi Apple.

5. Belum jadi CEO termahal di dunia

 

 

Sayangnya, Tim Cook belum pernah masuk di jajaran CEO termahal di dunia. Namun, kalau dia benar-benar akan menerima gaji Rp 1,7 triliun tahun ini, maka dipastikan akan masuk dan menduduki posisi pertama.

CEO dengan gaji terbesar adalah Hock Tan dari Broadcom. Gaji Hock Tan di tahun 2017 adalah US$ 103,2 juta atau setara dengan Rp 1,5 triliun. Sedangkan Cook di tahun 2017 cuma US$ 10,3 juta atau Rp 150 miliar.

Itulah lima fakta Tim Cook, calon salah satu CEO termahal di dunia yang hidupnya sederhana.

Kisah Cook mengajari kita tentang sebuah kesuksesan yang bisa diraih tanpa harus jadi pengusaha sekali pun. Kesederhanaan dan pola hidup sehat Cook juga patut ditiru oleh generasi millenial yang memang ingin sukses di masa depan.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →