Sukses Turunkan 7 Kg dalam Seminggu, Begini Cara Hemat Menu Diet GM

Diet GM

Diet GM

Cara diet GM mewajibkan pelakunya mengonsumsi makanan yang diatur dalam diet, sehingga termasuk cara diet yang mahal. Pasalnya, menu-menu wajib dalam meal plan metode diet tersebut dinilai cukup mewah di Indonesia.

Buat yang belum tahu apa itu diet GM, diet tersebut berasal dari akronim General Motors. Diet ini sebenarnya gak dilakukan terus-menerus. Kamu cukup mengikuti aturan makan dari diet GM selama tujuh hari, berat badanmu bisa turun tujuh kilogram dalam waktu tersebut.

Nah, dalam waktu tujuh hari tersebut, kamu diharuskan mengonsumsi makanan yang berkalori seminim mungkin.

Misalnya, meal plan dalam diet GM, antara lain:

  • Hari pertama, kamu diharuskan cuma makan buah aja, kecuali buah pisang.
  • Hari kedua, kamu konsumsi sayuran masak atau mentah.
  • Hari ketiga, makanan kamu adalah kombinasi buah dan sayuran. Kecuali kentang dan pisang.
  • Hari keempat, kamu dianjurkan buat makan pisang dan susu rendah lemak.
  • Hari kelima, makanan udah bisa ditingkatkan jadi daging tanpa lemak boleh ayam atau ikan dipadu dengan tomat.
  • Hari keenam, kamu dianjurkan makan ayam atau ikan dan sayuran. Kecuali kentang dan tomat.
  • Hari ketujuh atau terakhir, kamu makan nasi merah, sayuran, dan jus buah.

Melihat menu-menu yang ada, perlu diakui bahwa bahan makanan tersebut cukup mahal. Pasalnya, harga beras satu kilogram lebih murah daripada buah-buah satu kilogram.

Padahal, pas diet GM, kamu mesti banyak makan buah. Sebab, kamu gak ada sumber energi lain dan buah emang cukup cepat bikin lapar.

Nah, buat menyiasati hal tersebut, yuk coba cara diet GM yang hemat berikut ini. Kamu bisa siasati dengan cara-cara berikut:

Baca juga: Mengurangi Lemak dengan Cepat, Begini Cara Diet yang Tepat Saat Berpuasa

1. Belanja buah, sayur, dan ikan di pasar tradisional

cara diet gm
Belanja di pasar tradisional aja. (Pixabay)

Udah bukan rahasia lagi kalau harga di supermarket jauh lebih mahal daripada pasar tradisional. Karena itu, kamu lebih baik belanja buah, sayur, dan ikan di pasar tradisional aja.

Asal tahu aja, sayur, buah, dan ikan tentu jauh lebih segar bila dibeli di pasar tradisional.

Baca juga: Biar Cepat Kurus, Coba Menu Diet Keto yang Harganya di Bawah Rp 100 Ribu!

2. Jangan beli buah impor

Jangan beli buah impor
Jangan beli buah impor

Ini dia yang bakal bikin pengeluaran kamu boros banget saat diet GM. Kamu perlu makan banyak buah, tapi gak harus buah impor, kan?

Contoh, kiwi tentu jauh lebih mahal daripada buah mangga. Dua biji kiwi bisa dibanderol sampai Rp 20 ribuan, bahkan lebih.

Sementara itu, buah mangga bisa kamu beli dengan harga Rp 15 ribu aja sekilo. Sekilo mangga bisa dapat sampai tiga atau empat buah.

Kamu pun bisa membeli buah-buahan murah kayak pepaya, semangka, melon, dan sebagainya. Asal tahu aja, buah-buah tersebut mengandung karbohidrat yang tentu jadi sumber tenaga buat kamu beraktivitas.

Baca juga: Pengin Langsing dan Sehat? Ini Diet ala Adele yang Bisa Kamu Ikuti

3. Cara diet GM hemat, beli daging di supermarket

Daging Sapi
Daging Sapi

Dalam meal plan terdapat menu ayam. Nah, ternyata beli daging ayam buat ide diet ini jauh lebih murah di supermarket.

Pasalnya, yang kamu butuhkan buat diet GM tersebut cuma sedikit aja kan? Plus, yang kamu makan cuma dada ayam aja.

Jadi, beli sesuai dengan porsi yang kamu butuhkan bakal lebih hemat daripada buang daging yang gak kamu butuhkan. Selain itu, biasanya kamu lebih mudah temukan dada ayam tanpa tulang di supermarket.

4. Olah sendiri

Memasak sendiri
Memasak sendiri (istockphoto)

Biar rencana diet GM kamu kali ini lebih hemat, tentu aja kamu harus masak sendiri. Selain bisa memastikan menu yang dikonsumsi sesuai rencana, kamu pun gak perlu bayar jasa masak.

Kamu bisa dengan mudah temukan jasa penyedia katering diet di laman media sosial. Namun, perlu diakui harganya cukup mahal. Jadi, lebih bijaksana buat belanja, dan olah sendiri aja.

5. Cara diet GM hemat, bawa botol minum ke mana-mana

Bawa minum sendiri
Bawa minum sendiri

Saat diet GM, biasanya kamu lebih cepat lapar. Namun, bisa jadi perasaan tersebut cuma “lapar palsu” alias sebenarnya kurang minum. Jadi, bawalah botol minum ke manapun berada saat kamu lagi diet GM.

Lagipula, saat melakukan diet GM, kamu bakal dianjurkan buat minum mulai dari delapan gelas air putih. Jadi, daripada kamu beli air mineral botol di minimarket setiap kali haus, ada baiknya bawa botol minum ke mana-mana.

Lumayan kan hemat Rp 4 ribu sampai Rp 8 ribu buat air mineral botol setiap hari.

Gimana, udah siap menjalankan cara diet GM hemat dalam tujuh hari ke depan? (Editor: Chaerunnisa)