Mau Untung, Yuk Install 4 Aplikasi Saham Ini!

4 aplikasi saham

Teknologi semakin canggih. Sebagai investor saham, aplikasi saham apa sih yang kamu pakai?

Aplikasi saham yang dimaksud ini bukan aplikasi trading lho ya. Well, ada sih yang bisa dipakai trading, namun sebagian lainnya justru gak bisa namun tentunya bisa sangat membantumu.

Fungsi aplikasi ini gak cuma bisa memantau fluktuasi harga saham setiap hari. Melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk mencari tahu laporan keuangan, arus kas,utang, dan ekuitas sebuah emiten.

Daripada buka laporan keuangan ujung-ujungnya bikin mata siwer dan gak gagal paham, lebih baik manfaatkan saja aplikasi ini.

Aplikasi ini juga bisa memantau berita-berita terkini seputar emiten, ekonomi makro, Bursa Efek Indonesia, dan lainnya. Kamu juga bisa tahu soal berapa nilai market cap, Price Earning Ratio (PER), Price Book Value (PBV), sebuah emiten di aplikasi ini.

Biar gak kudet dalam dunia investasi saham, yuk kenalan sama beberapa aplikasi yang bisa membantumu menambah cuan. Kalau ada yang menarik hati, silakan install saja di smartphone.

1. RTI Business

RTI Business

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi saham yang layak di-install. RTI Business menyajikan fitur-fitur lengkap. 

Mulai dari indeks harga saham (IHSG), charts, data keuangan, berita emiten, kurs, hingga harga logam mulia. Pastinya informasi yang tersedia disajikan terkini.

Misalnya, fitur Market. Di fitur ini kamu bisa tahu gimana pergerakan IHSG hari ini, kemarin, atau 10 tahun yang lalu. Gak cuma itu, kamu juga bisa melihat pergerakan saham di negara-negara lain.

Kemudian ada fitur Watchlist. Dengan fitur ini, kamu bisa memantau saham-saham yang jadi incaran kamu. Mau dikelompokkan secara kategori atau susun otomatis, kamu bebas mengaturnya.

Untuk pengguna Android, kamu bisa menemukan aplikasi ini dengan mengetikkan RTI Business di Google Play Store. Aplikasi ini juga tersedia buat kamu yang menggunakan iPhone.

Bisa dibilang RTI Business adalah aplikasi yang super mudah.Pas buat menganalisa laporan keuangan dan ROI sebuah saham.

2. RTI Analytics

RTI Analytics

Untuk mereka yang sudah khatam dengan RTI Business, RTI Analytics juga wajib kamu cobain. Apa sih yang membedakan dua aplikasi ini? 

Sebenarnya mirip-mirip sih. Bahkan, jika dilihat sekilas tampilannya gak ada bedanya. Tapi, para pakar saham di  YouTube seringkali mengatakan aplikasi saham ini adalah versi supernya RTI Business.

Fitur-fitur di RTI Analytics disinyalir lebih lengkap. Salah satunya, fitur chart yang kerap digunakan para trader untuk memantau grafik saham.

Di fitur chart ini kamu bisa membuat garis-garis guna mengetahui support dan resistance saham tersebut.

Di sini kamu juga bisa melakukan perbandingan saham secara laporan keuangan dan lainnya. Komplit kan? Sudah dirangkumkan sama aplikasi! 

3. Investing.com

Aplikasi saham yang satu ini juga recommended banget untuk di-install. Dari aplikasi ini kamu bisa menerima informasi seputar saham secara real time.

Kamu juga bisa memantau peristiwa-peristiwa ekonomi terbaru dari aplikasi Investing.com. Bahkan, aplikasi ini memuat opini dan analisis seputar saham.

Apalagi buat kamu yang membeli saham dengan cara melakukan analisis teknikal terlebih dahulu, Investing.com menyajikan chart dalam tampilan layar penuh. Jadi, dijamin kamu bakal puas deh pantau pergerakan saham dari waktu ke waktu.

Aplikasi Investing.com bisa kamu dapatkan dengan mengunduhnya di Google Play Store atau App Store.

Gak cuma saham, pergerakan harga komoditas emas, batu bara, nikel, dan lainnya juga bisa terpantau dengan mudah di sini. Menguntungkan banget dong buat para investor pemegang saham batu bara.

Tampilan dari aplikasi ini juga cukup menarik kok!

4. Poems Id

Poems Id

Aplikasi saham satu ini selain digunakan buat pantau pergerakan saham, juga dipakai buat trading

Gak cuma trading saham, kamu bisa melakukan jual beli reksa dana di sini. Selain itu, aplikasi ini terbilang populer di kalangan investor. Maklum saja, aplikasi ini disediakan Phillip Sekuritas Indonesia.

Sekadar diketahui, Phillip Sekuritas Indonesia adalah salah satu perusahaan yang menjadi anggota bursa efek yang menjadi perantara dalam pembelian saham.

Sebelum menggunakan aplikasi ini, kamu harus login. Jadi, sebelum install aplikasi ini, pastikan diri kamu sudah terdaftar sebagai nasabah Phillip Sekuritas Indonesia. Aplikasi saham ini sudah tersedia di Google Play Store ataupun App Store.

5. Stockbit

Stockbit

Berbeda dari aplikasi saham lainnya, aplikasi ini mengklaim dirinya sebagai investasi buat para milenial. 

Sekilas aplikasi ini emang punya tampilan yang simpel. Lewat aplikasi ini kamu bisa turut berdiskusi soal saham yang kamu miliki.

Intinya, Stockbit bisa jadi sebuah forum para investor untuk berdiskusi seputar saham. Kalau kamu bingung soal saham A, tanya saja di sana. Pasti banyak pakar saham yang siap membantumu.

Nah, Stockbit ini juga satu-satunya aplikasi yang bisa digunakan untuk trading. Buat kamu yang belum punya rekening dana investor,bisa buka di aplikasi ini.

Umumnya, para investor saham kerap menggunakan Telegram atau aplikasi WhatsApp untuk berdiskusi. Namun jangan salah, diskusi itu ramai juga di Stockbit.

Pokoknyai Stockbit ada beberapa fitur  unggulan. Mulai dari fitur Social yang berguna sebagai sarana bagi para pengguna buat berbagai hasil analisis dan berdiskusi. 

Kemudian, ada fitur Analytics yang ditampilkan dalam bentuk chart, Stock Screener, dan Chartbit.

Satu lagi nih, khusus yang belum berani mencoba investasi saham, Stockbit punya fitur demo trade. Kamu bakal dikasih uang Rp 100 juta (virtual) dan menjajal aplikasi ini untuk trading. Seru kan!

Aplikasi saham bikin investasi makin lancar

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja aplikasi saham yang bisa kamu pakai buat update info-info terkini seputar saham? 

Pokoknya, aplikasi ini ada untuk mempermudah hidupmu dalam hal analisa saham. Mulai dari analisa fundamental maupun teknikal. So, tunggu apalagi!

Kamu tinggal pilih saja mana aplikasi yang cocok buatmu. Selamat berinvestasi! (Editor: Chaerunnisa)