Daftar Aplikasi Saham Online Terbaik dan Cara Memilihnya

Aplikasi saham

Aplikasi saham online menjadi salah satu teknologi tercanggih di dunia investasi saham. Aplikasi yang dimaksud bukan aplikasi trading, lho ya!

Aplikasi investasi saham ini berfungsi memantau fluktuasi harga saham setiap hari, hingga mencari tahu laporan keuangan, arus kas,utang, dan ekuitas sebuah emiten.

Daripada buka laporan keuangan ujung-ujungnya bikin mata siwer dan gak gagal paham, lebih baik manfaatkan saja aplikasi investasi saham.

Aplikasi ini juga bisa memantau berita-berita terkini seputar emiten, ekonomi makro, Bursa Efek Indonesia, dan lainnya. Kamu juga bisa tahu soal berapa nilai market cap, Price Earning Ratio (PER), Price Book Value (PBV), sebuah emiten di aplikasi jual beli saham tersebut.

Selain itu kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi beli saham hari ini hingga melihat live index saham IHSG. Lengkap banget dan tentunya memudahkan investor.

Biar gak kudet dalam dunia investasi saham, yuk kenalan sama beberapa aplikasi jual beli saham berikut ini. Kalau ada yang menarik hati, silakan install saja di smartphone.

  1. IPOT, IndoPremier Sekuritas
  2. MOST, Mandiri Sekuritas
  3. RTI Business
  4. Stockbit
  5. HOTS, Mirae Asset
  6. POEMS
  7. BIONS, BNI Sekuritas
  8. MNC Trade New
  9. RTI Analytics
  10. Investing.com

Berikut ulasan lengkap aplikasi investasi saham terbaik!

IPOT, IndoPremier Sekuritas

Aplikasi saham IpotUltima adalah platform yang disediakan salah satu perusahaan sekuritas paling populer, yaitu IndoPremier.

Saking populernya, kamu bisa menemukan rekomendasi tentang IndoPremier di mana-mana, mulai dari forum dan grup hingga media online.

Hal itu tak mengherankan karena IndoPremier punya banyak keunggulan yang disukai trader saham, salah satunya punya minimum biaya deposit yang terjangkau, bahkan tidak ada batas minimal angka.

Dengan begitu, investor bisa membuka rekening trading selama jumlah modal yang dimilikinya sama dengan investasi yang dibeli.

Nah, aplikasi Ipot ini bisa kamu gunakan untuk trading tanpa ribet karena sudah bisa diunduh lewat Google Play (Android) ataupun App Store (iOS).

Aplikasi ini bisa kamu unduh jika sudah masuk menu Ipotstock.

MOST, Mandiri Sekuritas

Jika kamu ingin berinvestasi di perusahaan sekuritas plat merah, Mandiri Sekuritas cocok untuk dipilih.

Apalagi Mandiri Sekuritas juga sudah mempunyai aplikasi saham sendiri bernama Most yang bisa kamu gunakan jika sudah terdaftar sebagai nasabah.

Daftar Aplikasi Saham Online Terbaik dan Cara Memilihnya
Daftar Aplikasi Saham Online Terbaik dan Cara Memilihnya

Jika sudah terdaftar, kamu tinggal buka laman www.most.co.id, klik menu “Most Help” lalu pilih “Most Download”, sangat mudah dilakukan. Transaksi saham pun bisa kamu mulai.

Selain mudah, Most juga sudah terbukti sebagai salah satu aplikasi saham terbaik dan meraih banyak penghargaan, di antaranya kualitas layanan, jumlah nasabah, dan jumlah transaksi. Jadi, tidak ragu lagi tentang kualitas dan keamanan dari aplikasi ini, kan?

RTI Business

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi saham yang layak di-install. RTI Business menyajikan fitur-fitur lengkap. 

Mulai dari indeks harga saham (IHSG), charts, data keuangan, berita emiten, kurs, hingga harga logam mulia. Pastinya informasi yang tersedia disajikan terkini.

Misalnya, fitur Market. Di fitur ini kamu bisa tahu gimana pergerakan IHSG hari ini, kemarin, atau 10 tahun yang lalu. Gak cuma itu, kamu juga bisa melihat pergerakan saham di negara-negara lain.

Kemudian ada fitur Watchlist. Dengan fitur ini, kamu bisa memantau saham-saham yang jadi incaran kamu. Mau dikelompokkan secara kategori atau susun otomatis, kamu bebas mengaturnya.

Untuk pengguna Android, kamu bisa menemukan aplikasi ini dengan mengetikkan RTI Business di Google Play Store. Aplikasi ini juga tersedia buat kamu yang menggunakan iPhone.

Bisa dibilang RTI Business adalah aplikasi yang super mudah. Pas buat menganalisa laporan keuangan dan ROI sebuah saham.

Stockbit

Berbeda dari aplikasi saham lainnya, aplikasi ini mengklaim dirinya sebagai investasi buat para milenial. 

Sekilas aplikasi ini emang punya tampilan yang simpel. Lewat aplikasi ini kamu bisa turut berdiskusi soal saham yang kamu miliki.

Intinya, Stockbit bisa jadi sebuah forum para investor untuk berdiskusi seputar saham. Kalau kamu bingung soal saham A, tanya saja di sana. Pasti banyak pakar saham yang siap membantumu.

Nah, Stockbit ini juga satu-satunya aplikasi yang bisa digunakan untuk trading. Buat kamu yang belum punya rekening dana investor,bisa buka di aplikasi ini.

Umumnya, para investor saham kerap menggunakan Telegram atau aplikasi WhatsApp untuk berdiskusi. Namun jangan salah, diskusi itu ramai juga di Stockbit.

Pokoknyai Stockbit ada beberapa fitur unggulan. Mulai dari fitur Social yang berguna sebagai sarana bagi para pengguna buat berbagai hasil analisis dan berdiskusi. 

Daftar Aplikasi Saham Online Terbaik dan Cara Memilihnya
Daftar Aplikasi Saham Online Terbaik dan Cara Memilihnya

Kemudian, ada fitur Analytics yang ditampilkan dalam bentuk chart, Stock Screener, dan Chartbit.

Satu lagi nih, khusus yang belum berani mencoba investasi saham, Stockbit punya fitur demo trade. Kamu bakal dikasih uang Rp 100 juta (virtual) dan menjajal aplikasi ini untuk trading. Seru kan!

HOTS, Mirae Asset

Perusahaan sekuritas Mirae Asset juga tak mau ketinggalan. Mereka kini punya aplikasi bernama HOST Mobile.

Agar bisa melakukan trading saham melalui aplikasi ini, kamu harus terdaftar sebagai nasabah ya. Setelah itu, klik menu “Product & Service” dan pilih “Download MTS”.

Jika sudah install HOTS Mobile di Android, iPhone, atau iPad, kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur trading yang jadi keunggulan aplikasi saham ini.

Kamu bisa melihat rekap laporan data keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan adanya rekap tersebut, kamu tentu akan lebih mudah menganalisis peluang agar mendapatkan hasil yang maksimal.

POEMS, Philip Sekuritas

Aplikasi saham satu ini selain digunakan buat pantau pergerakan saham, juga dipakai buat trading

Gak cuma trading saham, kamu bisa melakukan jual beli reksa dana di sini. Selain itu, aplikasi ini terbilang populer di kalangan investor. Maklum saja, aplikasi ini disediakan Phillip Sekuritas Indonesia.

Sekadar diketahui, Phillip Sekuritas Indonesia adalah salah satu perusahaan yang menjadi anggota bursa efek yang menjadi perantara dalam pembelian saham.

Sebelum menggunakan aplikasi ini, kamu harus login. Jadi, sebelum install aplikasi ini, pastikan diri kamu sudah terdaftar sebagai nasabah Phillip Sekuritas Indonesia. Aplikasi saham ini sudah tersedia di Google Play Store ataupun App Store.

eSmart, BNI Sekuritas

Satu lagi perusahaan sekuritas plat merah yang punya terobosan untuk memudahkan trading saham, yaitu BNI Sekuritas lewat aplikasi bernama eSmart.

Selain punya fasilitas trading saham, aplikasi ini juga punya fitur berita terbaru seputar saham. Jadi, kamu bisa tahu indeks pasar saham terkenal dari berbagai negara dan nilai besaran transaksi.

Tak hanya itu, eSmart juga dilengkapi dengan pergerakan saham dari daftar tertentu, misalnya daftar saham syariah ISSI dan lain-lain.

MNC Trade New

Aplikasi MNC Trade New ini terus diperbaharui untuk menghadirkan layanan terbaik untuk investor.

Daftar Aplikasi Saham Online Terbaik dan Cara Memilihnya
Daftar Aplikasi Saham Online Terbaik dan Cara Memilihnya

Jika kamu punya dua akun sebagai nasabah reguler dan syariah, kini kamu bisa mengintegrasikan keduanya dalam satu aplikasi saja.

Aplikasi ini juga akan memberikan rekomendasi jual dan beli saham-saham unggulan yang dianalisis lewat pergerakan grafiknya.

Kamu juga bisa melakukan analisis sendiri karena terdapat grafik candlestick yang bisa kamu lihat langsung di aplikasi.

Itu dia 10 aplikasi saham dengan keunggulannya masing-masing. Namun, sebelum memilih salah satu di antaranya, kamu juga perlu tahu aplikasi saham punya bermacam-macam jenisnya. Tiap jenis punya keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

RTI Analytics

Untuk mereka yang sudah khatam dengan RTI Business, RTI Analytics juga wajib kamu cobain. Apa sih yang membedakan dua aplikasi ini? 

Sebenarnya mirip-mirip sih. Bahkan, jika dilihat sekilas tampilannya gak ada bedanya. Tapi, para pakar saham di  YouTube seringkali mengatakan aplikasi saham ini adalah versi supernya RTI Business.

Fitur-fitur di RTI Analytics disinyalir lebih lengkap. Salah satunya, fitur chart yang kerap digunakan para trader untuk memantau grafik saham.

Di fitur chart ini kamu bisa membuat garis-garis guna mengetahui support dan resistance saham tersebut.

Di sini kamu juga bisa melakukan perbandingan saham secara laporan keuangan dan lainnya. Komplit kan? Sudah dirangkumkan sama aplikasi! 

Investing.com

Aplikasi saham yang satu ini juga recommended banget untuk di-install. Dari aplikasi ini kamu bisa menerima informasi seputar saham secara real time.

Kamu juga bisa memantau peristiwa-peristiwa ekonomi terbaru dari aplikasi Investing.com. Bahkan, aplikasi ini memuat opini dan analisis seputar saham.

Apalagi buat kamu yang membeli saham dengan cara melakukan analisis teknikal terlebih dahulu, Investing.com menyajikan chart dalam tampilan layar penuh. Jadi, dijamin kamu bakal puas deh pantau pergerakan saham dari waktu ke waktu.

Aplikasi Investing.com bisa kamu dapatkan dengan mengunduhnya di Google Play Store atau App Store.

Gak cuma saham, pergerakan harga komoditas emas, batu bara, nikel, dan lainnya juga bisa terpantau dengan mudah di sini. Menguntungkan banget dong buat para investor pemegang saham batu bara.

Tampilan dari aplikasi ini juga cukup menarik kok!

Tips memilih aplikasi saham terbaik

Selain memilih aplikasi saham online di atas, kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut dalam memilih aplikasi saham.

Berikut ini tips cara memulih aplikasi saham terbaik.

  • Pilih aplikasi saham yang memudahkan kamu dalam membuka akun online.
  • Pertimbangkan aplikasi saham yang tidak menetapkan minimum deposit alias nol rupiah.
  • Pilih aplikasi online yang menyediakan informasi update, serta data dan chart yang berguna bagi kamu untuk memilih saham terbaik.
  • Aplikasi saham online terbaik tentu menyediakan customer service yang mudah dihubungi. Pastikan perusahaan memiliki hal ini.
  • Pilih aplikasi trading yang terintegrasi dengan instrumen investasi lain seperti reksa dana. Ini membantu kamu melakukan diversifikasi karena saham juga menjadi salah satu portofolio reksa dana.
  • Fitur trading auto yang sesuai bagi kamu yang sibuk memantau pergerakan pasar setiap saat.

Jenis-jenis aplikasi saham

Selain aplikasi-aplikasi saham di atas, ada beberapa jenis aplikasi saham yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Aplikasi saham dan simulasi
  • Aplikasi saham perusahaan sekuritas
  • Aplikasi saham dan berita pasar
  • Aplikasi saham komunitas online
  • Aplikasi saham mobile banking

1. Aplikasi saham dan simulasi

Investor pemula sebaiknya memilih jenis aplikasi saham ini karena di dalamnya terdapat panduan cara jual-beli saham dan menganalisis fundamental perusahaan.

Aplikasi ini ibarat panduan buat investor pemula!

Investor pemula akan terbantu dengan adanya penjelasan tentang tahap-tahap transaksi dan informasi daftar pergerakan saham dalam negeri ataupun luar negeri secara secara real time.

Salah satu aplikasi saham jenis ini adalah Stock Market Simulator yang tersedia di App Store.

2. Aplikasi saham perusahaan sekuritas

Kini sudah banyak perusahaan sekuritas yang punya aplikasi untuk jual beli saham dengan lebih murah. Dengan adanya aplikasi tersebut, kamu tidak perlu menggunakan jasa pialang sebagai perwakilan dari perusahaan sekuritas. Jual beli saham semudah bermain medsos karena semua sudah tersedia dalam genggaman.

Beberapa aplikasi saham jenis ini, antara lain:

  • Simas Equity Mobile dari PT Sinarmas Sekuritas
  • POEMS ID dari PT Phillip Sekuritas Indonesia
  • MOST Mobile Mandiri dari Mandiri Sekuritas
  • BIONS Mobile dari BNI Sekuritas, dan lain-lain.

3. Aplikasi saham dan berita pasar

Membaca informasi dan berita pasar saham sangat penting dilakukan investor untuk menganalisis kondisi fundamental perusahaan dan menganalisis situasi pasar modal terkini.

Nah, hal itu bisa kamu lakukan dengan memiliki aplikasi saham dan berita pasar seperti Bisnis.com, Bloomberg, Kontan, dan lain sebagainya.

4. Aplikasi saham komunitas online

Sebagai investor pemula, kamu tentu ingin sharing dengan sesama investor lain untuk belajar mengatur strategi. Kamu bisa melakukannya lewat aplikasi saham komunitas online, seperti Stockbit yang tersedia di App Store ataupun Play Store.

Jika sudah mengunduhnya, kamu bisa bertanya dan berdiskusi dengan ribuan pengguna lain tentang berbagai hal terkait saham.

Misalnya, diskusi tentang situasi pasar saham saat ini, memberi tahu tentang kenaikan atau penurunan saham suatu perusahaan, dan lain-lain.

5. Aplikasi saham mobile banking

Tak hanya bisa digunakan untuk mengecek rekening dan transfer antarbank, layanan mobile banking tempatmu menabung rekening dana (RDN) juga bisa dimanfaatkan untuk membayar tagihan transaksi pembelian saham.

Namun, mobile banking belum bisa kamu pakai untuk mengecek nilai saham atau hal lain terkait industri pasar modal.

Bagi kamu yang pengin tahu lebih lanjut tentang saham atau punya pertanyaan seputar investasi, kamu bisa kunjungi lamannya para ahli di Tanya Lifepal!

Investasi saham sudah tepat belum?

Banyak instrumen investasi, tapi tidak semua orang cocok berinvestasi di satu instrumen investasi yang sama. Sebagai contoh saham, tidak semua orang pas berinvestasi saham.

Kenapa? Sebab cuma berpatokan pada keuntungan semata tanpa peduli dengan risikonya itu pertanda seseorang tidak siap berinvestasi saham.

Bisa saja orang yang seperti itu sebenarnya tidak cocok untuk berinvestasi saham. Karena itu, penting mengecek Profil Risiko Investasi untuk mengetahui instrumen investasi seperti apa yang pas.

Bagaimana cara mengetahuinya? Isi Kuis Profil Risiko Investasi yang disediakan cuma-cuma dari Lifepal di bawah ini.

Pertanyaan seputar aplikasi saham online

Apa itu aplikasi saham online?

Aplikasi saham online adalah aplikasi dari perusahaan sekuritas yang tidak hanya membantu trading, melainkan memantau fluktuasi saham hingga melihat laporan keuangan perusahaan atau emiten.

Bagaimana cara membeli saham secara online?

Cara membeli saham online bisa kamu lakukan dengan mengikuti aturan perusahaan sekuritas. Berikut langkah-langkah beli saham online:

  • Registrasi rekening saham atau rekening efek
  • Daftarkan rekening saham dan Rekening Dana Nasabah secara online
  • Install aplikasi online trading
  • Setor dana deposit awal
  • Lakukan transaksi beli dan jual saham.

Di mana membeli saham online?

Membeli saham online bisa dilakukan di aplikasi online dari berbagai perusahaan sekuritas anggota bursa. Kamu perlu memastikan legalitas aplikasi tersebut di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau daftar anggota bursa di Bursa Efek Indonesia (BEI).