Biar Gak Nyesek Beli Mobil Smart, Pikirkan 5 Hal Ini

Mobil Smart (content.icarcdn.com)

Mobil Smart Fortwo memang terlihat efisien. Selain bentuknya yang kecil, mobil ini juga cuma muat dua orang. Mobil ini berada di bawah naungan Mercedes-Benz yang notabene-nya produsen mobil mewah. Tentu bergengsi dong jika punya mobil ini.

Harga bekas mobil roadster kecil yang lincah ini juga gak mahal-mahal banget. MoneySmart telah melakukan penelusuran di situs jual beli online di Indonesia. Nyatanya, Smart produksi 2013 dibanderol di Rp 200 jutaan saja.

Sebagai mobil kecil, Smart juga terbilang sangat irit bahan bakar. Dengan dimensinya yang benar-benar mungil, otomatis para pengendara Smart gak perlu kerepotan ketika harus parkir.

Tapi, di balik keunggulan-keunggulan tersebut, tentu ada berbagai hal yang harus kamu ketahui terlebih dulu sebelum membawa pulang mobil ini.Tujuannya ya tentu saja untuk menghindari kerugian yang mungkin muncul di kemudian hari.

So, buat kamu yang udah ngebet beli mobil Smart Fortwo, baca ini dulu ya:

Kapasitasnya cuma muat dua orang

Berkapasitas dua orang

Mungkin saja, kamu berpikir ngapain beli mobil gede-gede? Wong setiap hari juga nyetir pulang pergi kantor sendiri, kalau pun ada teman mau nebeng paling juga satu orang.

Bisa jadi hal itu ada benarnya untuk membeli Smart Fortwo. Namun, apakah gak pernah terpikir olehmu ada masa di mana kamu berkeluarga atau punya hobi maupun profesi baru yang harus beli mobil muat banyak orang? Atau setidaknya dengan yang bagasinya lebih besar?

Ketika kamu membeli mobil Smart, tentu saja mobil ini gak tepat guna bagimu. Ujung-ujungnya, di kemudian hari ketika kebutuhanmu berubah, kamu sendiri yang harus menjual mobil ini.

Ingat lho, harga mobil itu mengalami depresiasi cukup besar. Apalagi, Smart bukan mobil Jepang.

Sepi peminat

Mobil Smart Fortwo

Bukan rahasia lagi, mobil ini sempat dibanting harganya pada tahun 2015 lalu. Meski begitu, hal tersebut gak berdampak signifikan pada penjualan Smart. Mobil ini dikabarkan tetap sepi peminat lho!

Kalau judulnya saja sepi peminat, artinya mobil ini memang sulit dijual. Coba bayangin jika kamu tiba-tiba membeli mobil ini dengan harga Rp 200 juta. Lantas, setahun kemudian kamu pindah kerja ke pekerjaan baru di luar kota, dan kamu disediakan mess.

Apa gak mubazir tuh udah terlanjur beli mobil Smart malah gak kepakai di rumah. Ujung-ujungnya pasti bakal dijual kan kalau gak terpakai? Dan ketika dijual, apakah mobil ini cepat laku? Tentunya tidak.

Apalagi, mobil ini juga sudah gak diproduksi lagi. Ketika kamu ingin menjualnya, tentu hanya bisa ke orang-orang yang memang menggemari mobil ini.

Perawatan gak seperti mobil Jepang

Smart Fortwo

Karena Smart bukan mobil Jepang, apalagi keluaran Mercedes-Benz, maka perawatan mobil ini tentu berbeda dengan mobil Jepang. Dan bisa jadi, gak semua montir paham bagaimana memperbaiki mobil Smart.

Ujung-ujungnya, ya kamu harus pergi ke bengkel resminya. Sudah tahu dong kalau biaya servis di bengkel resmi lebih mahal ketimbang bengkel umum?

Mau nekat ke bengkel umum? Ya silakan saja. Tapi kalau ada masalah lain, kamu harus menanggung risikonya sendiri.

Harus pakai Pertamax Turbo

SPBU

Mobil ini memang cuma 999 cc. Tapi, mobil ini dikabarkan hanya boleh menenggak Pertamax Turbo. Tentu saja, pengeluaranmu untuk bensin sedikit lebih besar, bukan?

Pertamax Plus merupakan bahan bakar RON 95, dan bahan bakar termahalnya Pertamina. Jika di SPBU lain, kamu mungkin bisa memilih Shell V-Power atau Performance 95 milik Total.

Coba kalau bisa pakai Pertalite atau Pertamax, tentu lebih hemat BBM-nya

Beli Smart atau motor?

ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Jika alasanmu ingin beli Smart karena desainnya yang kecil, dan gampang selap-selip di saat macet, jelas itu salah besar. Mending beli motor aja sekalian biar gak kena macet.

Mau gimana juga, Smart tetaplah sebuah mobil yang harus ngantri dan bergerak start-stop ketika kondisi lalu lintas lagi padat. Beda sama motor bukan? Dengan motor, kamu jelas bisa bergerak dengan lebih lincah.

So, pastikan dulu deh alasanmu untuk beli mobil Smart ini. Intinya, jangan sampai kamu membeli mobil yang memang gak sesuai dengan kebutuhan.

Ingat lho, setiap mobil pasti ada keunggulannya. Mobil kecil memang terlihat kompak, irit BBM, dan enak buat mobilisasi di kota, tapi gak muat banyak dan gak enak dibuat angkut-angkut barang.

Mobil SUV tentu ukurannya lebih besar, tapi tahan banjir dan siap dipakai mudik kapan saja. Akan tetapi kadang konsumsi BBMnya boros apalagi kalau yang sudah 2.000 cc.

Jadi, apakah Smart Fortwo mobil yang memenuhi kebutuhanmu saat ini?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →